10 Merk Shampo untuk Rambut Keriting yang Bagus di 2022

ulinulin.com – Sampo adalah perawatan rambut paling penting dan paling sering dilakukan. Sampo hadir dalam berbagai macam varian, mengikuti kebutuhan setiap orang. Baik pria maupun wanita dengan rambut keriting, Anda harus pakai merk sampo untuk rambut keriting.

Soalnya, rambut keriting punya masalah tersendiri seperti rambut kusut, kering, dan sulit diatur. Apalagi jika ditambah dengan masalah rambut lainnya seperti rambut pecah-pecah dan berketombe. Untuk itu, Anda membutuhkan sampo khusus untuk rambut keriting untuk menjaga rambut Anda tetap ternutrisi, lembut, dan bouncy. Berikut adalah 10 merk sampo untuk rambut keriting yang bagus versi Kamini.

Cara Menggunakan Sampo yang Benar

Sebelum kita memasuki ke pembahasan inti, Anda juga bisa membaca ulasan berikut yang membahas tentang cara menggunakan shampo atau keramas dengan benar agar rambut tetap sehat.

1. Rapikan Rambut dengan Menggunakan Sisir

Sebelum mulai mencuci rambut Anda, sebaiknya rapikan rambut terlebih dulu dengan cara menyisirnya dengan sisir bergigi renggang, agar tidak menyulitkan Anda untuk membersihkan rambut saat proses keramas. Kalau tidak, Anda bisa menyisir rambut keriting dengan menggunakan jari tangan saja.

2. Tuang Sampo dan Aplikasikan

Khusus untuk pemilik rambut keriting, sebelum membsahi rambut dengan air dan memulai proses keramas, sebaiknya gunakanlah samponya terlebih dulu pada rambut yang masih kering. Hal ini dilakukan agar rambut tidak mudah kusut.

Tuangkanlah sampo secukupnya ke telapak tangan Anda, lalu aplikasikan dengan benar pada rambut. Keramaslah dengan menggunakan teknik memijat secara perlahan untuk membantu memperlancar peredaran darah dan membuat Anda menjadi lebih rileks.

3. Basahi Rambut Anda

Setelah selesai merapikan rambut, Anda bisa mulai membasahi rambut dengan menggunakan air dingin bila rambut Anda dalam kondisi kering. Nah, jika rambut Anda berminyak, gunakanlah air hangat agar pori-pori kulit kepala terbuka dan minyak bisa dibersihkan secara optimal.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar menggunakan sampo untuk keramas dengan baik dan benar, simak artikel Cara Memakai Sampo dari Kamini ini.

10 Merk Sampo untuk Rambut Keriting di Bawah 150K

Nah, Kamini akan memberikan rekomendasi merk sampo untuk rambut keriting dengan harga di bawah Rp. 150.000,-. Sampo apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. OGX Coconut Curls Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

OGX Coconut Curls Shampoo dikemas dalam botol yang cukup besar, yaitu 385 ml, yang bisa awet hingga sekitar 3 bulan lamanya. Aromanya sangat segar dengan hint coconut. Sampo bebas sulfat ini juga tidak terlalu mengeringkan rambut seperti shampo kebanyakan.

Rambut keriting Anda akan semakin indah, tebal, dan tidak mudah kusut. Tekstur samponya begitu creamy, membuat rambut terasa lembab dan lembut. Jika Anda tinggal di tempat yang suhu dan kelembabannya ekstrem (seperti banyak kota di Indonesia), kandungan madu dan propylene glycol pada sampo ini akan membantu menjaga keseimbangan kelembaban rambut dan kulit kepala.

2. Sunsilk Smooth & Manageable Shampoo

Katakan selamat tinggal pada rambut kering dan kasar. Sunsilk Smooth & Manageable Shampoo dibuat dengan formula eksklusif dengan Keratin Yoghurt Nutri Complex, Moisture-Lock Technology dan 5 Natural Oils (Almond, Argan, Coconut, Jojoba & Olive Oil). Shampo ini secara mulus mengunci tekstur rambut Anda dan melembabkannya. Sehingga rambut terlihat sehat, elastis, dan lembut untuk disentuh.

3. LOreal Paris Elvive Extraordinary Oil Curls Shampoo

Cek Harga di Lazada

L’Oréal Paris Elvive Extraordinary Oil Curls Shampoo adalah shampo untuk rambut kering dan keriting. Memberi nutrisi baru, mendefinisikan ulang rambut ikal dalam 1 kali keramas. Mengisi kembali nutrisi dan elastisitas untuk rambut ikal yang berkilau, terdefinisi, dan berkilau. Shampo 130 ribuan ini bisa Anda beli di toko online.

4. Kerastase Discipline Cleansing Conditioner Curl Ideal

* sumber: www.gemmaetc.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kérastase Discipline Cleansing Conditioner Curl Idéal didesain sebagai lowpoo alias sampo yang tidak mengandung sulfat atau pun silikon. Very healthy! Pembersih rambut 2-in-1 yaitu sampo sekaligus kondisioner ini akan mengontrol rambut keriting sekaligus membersihkannya secara lembut dengan satu aplikasi saja.

Formula krim unik ini dengan murah hati melapisi serat rambut untuk mencegah rambut kusut saat dicuci dan setelah dicuci (seperti saat dikeringkan pakai handuk/hair dryer dan ketika disisir). Sampo ini juga akan menginfuskan nutrisi yang dalam dari akar hingga ke ujung rambut. Beli Kérastase Discipline Cleansing Conditioner Curl Idéal dijual dengan harga mulai dari Rp 130 ribuan.

5. Petal Fresh Pure Anti-Frizz Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Petal Fresh Pure Lavender Shampoo (Anti-Frizz) adalah sebuah sampo yang mampu melawan rambut keriting yang sulit diatur. Campuran lavender organik bersertifikatnya dan 8 ekstrak premium botanical-nya lah yang mampu menjinakkan rambut frizzy. Menawarkan kelembaban yang mendalam dan memberantas tekstur rambut keriting yang tidak enak dipandang.

6. Herbal Essences Totally Twisted Curl Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin sampo yang dibuat dari bahan-bahan alami? Cobalah Herbal Essences Totally Twisted Curl Shampoo. Produk ini dibuat dari perpaduan sari buah berry liar dalam formula yang kaya kelembaban, sehingga dapat melindungi dan menjaga kelembaban rambut Anda hingga 20 jam lamanya.

Sampo ini tidak mengandung paraben, gluten, maupun minyak mineral. Selain itu, sampo dari Herbal Essences ini lembut untuk penggunaan setiap hari, tidak akan melunturkan warna alami rambut, serta memiliki formula pH-balanced. Karena aromanya sangat enak, sampo ini bagaikan parfum yang dapat membuat rambut Anda wangi seharian.

Beli Herbal Essences Totally Twisted Curl Shampoo di toko online. Harga merk sampo untuk rambut keriting ini adalah sekitar Rp 96 ribuan.

7. Makarizo t1 Pure Cleanse Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Makarizo t1 Pure Cleanse Shampoo adalah shampoo dengan kandungan marine glycogen yang dapat menstimulasi pertumbuhan folikel rambut yang lebih sehat dan kuat. Shampo ini akan menjaga rambut Anda tetap sehat, kuat, dan indah berkilau. Dengan kemasan 250 ml yang praktis dan mudah dibawa kemana saja. Yuk, beli shampo ini sekarang juga.

8. Herbal Essences Hello Hydration Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Varian sampo untuk rambut kering dan rusak sangat cocok buat rambut keriting, karena biasanya rambut keriting sering mengalami dua masalah tersebut. Herbal Essences Hello Hydration Shampoo diperkaya dengan moisturizer yang akan membantu dalam melembutkan dan menghaluskan rambut. Rasakan rambut yang lebih mudah disisir dan ditata dengan Herbal Essences Hello Hydration Shampoo. Produk ini dijual dengan harga Rp 25 ribuan.

9. Pantene Curl Perfection Shampoo

Cek Harga di Lazada

Pantene Curl Perfection Shampoo akan memberikan definisi dan kelembaban selama 24 jam. Rasakan pembersihan yang terbaik dan nutrisi lembut yang dibutuhkan rambut ikal alami dengan Pantene Pro-V Curl Perfection Shampoo. Shampo pelembab ini dibuat untuk rambut keriting. Dilengkapi pula dengan Frizz Calming Complex yang membantu menghaluskan tepi kutikula rambut untuk mengontrol rambut keriting.

10. Rejoice Frizz Repair Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rejoice Frizz Repair Shampoo akan melindungi rambut indah Anda dari polusi dan juga debu yang merupakan faktor penyebab kerusakan rambut. Diformulasikan khusus dengan komposisi creamy rich yang mampu memberikan rambut nutrisi dan kelembaban di setiap helainya. Menjadikan rambut lebih mudah diatur dalam waktu lama.

Rekomendasi Shampo Rambut Keriting Lainnya

Di atas tadi sudah Kamini beri tahu daftar merk shampo yang paling bagus untuk rambut keriting dengan harga di bawah 150 ribu. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa mendapatkan shampo dengan kualitas yang lebih baik. Berikut adalah beberapa merk shampo yang kami rekomendasikan.

1. Davines Love Smoothing Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cintai rambut Anda dengan menggunakan love shampoo keluaran Davines. Jika Anda pakai Davines Love Smoothing Shampoo, siap-siap katakan selamat tinggal pada rambut ikal yang sulit diatur. Saking hebatnya sampo ini, Allure Best of Beauty Award pun disabetnya dua kali berturut-turut.

Bahkan, para penata rambut dan ahli kecantikan rambut menyukai sampo ini karena dapat membersihkan rambut dengan baik tanpa membuat kulit kepala maupun rambut menjadi kering. Justru sampo ini akan menyuntikkan hidrasi yang cukup, sehingga rambut Anda tidak hanya cantik tapi juga sehat.

Davines Love Smoothing Shampoo dibuat dari bahan aktif alami yang berkualitas tinggi seperti ekstrak ara India, olive amphoacetate, minyak zaitun peg-7 ester, dan protein beras. Semua kandungan ini berpadu untuk melindungi, menjinakkan, melembutkan, dan mengilapkan rambut. Bahkan, sampo ini ada kandungan anti aging-nya juga supaya tidak cepat ubanan.

2. Matrix Total Results Haircare Curl Please Shampoo

Rambut ikal sering mengalami masalah seperti kekeringan dan mengembang, hingga sulit diatur. Nah, shampo profesional anti-keriting dengan formula salon ini akan melembabkan rambut keriting secara intens tanpa menambah berat pada body rambut. Shampo ini juga akan membuat rambut berkilau cemerlang.

Matrix Total Results Haircare Curl Please Shampoo begitu melembabkan rambut bergelombang dan keriting untuk membantu mengontrol keriting, membentuk struktur rambut keriting, dan menambah kekuatan pada setiap helai ikal. Shampo ini juga dilengkapi dengan formula tahan kelembaban dan minyak jojoba untuk menyuburkan rambut sambil memberikan ikal bentuk yang lebih lively.

3. Amore Skin Curl Enhancing Shampoo

Pembersihan yang lembut adalah langkah pertama dalam mendapatkan rambut keriting yang bergelombang romantis. Curl enhancing shampoo ini akan memberi body dan struktur pada rambut keriting dan bergelombang. Tekstur shamponya yang seperti susu akan menghidrasi dan melembutkan rambut, menjadikan rambut ikal sempurna dan bebas frizz. Yuk, coba Amore Skin Curl Enhancing Shampoo for Curly Treated sekarang juga.

4. Dancoly Rose Elastic Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di posisi ke-6 merk sampo untuk rambut keriting ada Dancoly Rose Elastic Shampoo. Produk ini diperkaya dengan pelembab dan nutrisi yang dapat secara efektif memperbaiki struktur rambut setelah proses kimia, seperti pengeritingan, pewarnaan, dan proses styling lainnya.

Seperti tertera pada namanya, Elastic Shampoo, produk ini dapat mengembalikan elastisitas rambut dan membuat rambut keriting Anda terlihat natural dan berkilau serta jadi lebih kuat. Cara menggunakannya sama seperti cara keramas yang benar pada umumnya.

Kelebihan lainnya dari Dancoly Rose Elastic Shampoo adalah tidak mengandung sulfat, minyak mineral, propilen glikol, dan paraben. Sampo ini juga tidak melalui animal testing, telah lulus sertifikasi GMP (Cara Produksi Makanan yang Baik), FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) dan BPOM. Beli sampo seharga Rp 300 ribuan ini di toko online.

5. LOreal Professionnel Curl Contour Shampoo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Baik Anda mengikal rambut Anda dengan alat penata gaya, atau Anda secara alami diberkati dengan gelombang acak-acakan atau ikal yang indah, atau Anda baru saja mengeriting rambut permanen di salon, gunakanlah L’Oréal Professionnel Curl Contour Shampoo.

Sampo berteknologi tinggi inilah yang Anda butuhkan untuk menyiapkan rambut sebelum ditata, mempercantik, dan juga mendefinisikannya.

Jenis-Jenis Rambut Keriting

Ternyata, rambut keriting tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, lho. Ada beberapa jenis rambut keriting yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Simak ulasan berikut untuk mengetahui berbagai macam jenis rambut keriting.

1. Tipe 3A

Yang pertama, ada rambut keriting tipe 3A. Rambut keriting tipe ini memiliki diameter rambut yang paling besar. Rambut keriting Tipe 3A membutuhkan usaha yang lebih banyak agar bisa diatur, lho. Pemilik rambut keriting tipe ini biasanya disarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang basah.

2. Tipe 3B

Rambut keriting tipe 3B adalah rambut keriting dengan diameter yang lebih kecil. Jenis rambutnya sendiri beragam, lho. Ada yang tampak menggumpal di bagian atas dan ada pula yang jatuh sampai ke bahu pemiliknya.

3. Tipe 3C

Rambut keriting tipe 3C memiliki tingkat kekeritingan yang paling kecil. Diameternya pun berukuran selebar pensil. Pemilik rambut keriting tipe ini akan tampak memiliki rambut yang tebal. Namun sebenarnya, hal tersebut disebabkan karena rambutnya yang mengembang.

Cara Merawat Rambut Keriting

Selain membahas tentang cara menggunakan sampo yang benar, merk sampo untuk rambut keriting hingga jenis-jenis rambutnya, Kamini juga akan mengulas mengenai cara merawat rambut keriting. Khususnya untuk rambut keriting pada anak, Anda bisa juga mengaplikasikannya mengingat belum ada shampo anak yang khusus diperuntukkan untuk rambut keriting.

Ingin tahu metode apa saja yang bisa digunakan agar rambut keriting Anda tetap sehat? Simak langsung saja pembahasan berikut ini.

1. Keramas Tanpa Sampo

Sebenarnya, pemilik rambut keriting boleh mencuci rambutnya tanpa sampo, lho. Ya, Anda bisa gunakan produk conditioner untuk rambut keriting saja untuk membersihkan rambut. Mengapa? Karena rambut ikal serta keriting tidak membutuhkan durasi keramas yang sering seperti pada rambut lurus. Malah, jika terlampau sering mencuci rambut keriting, rambutnya akan mudah rapuh dan renggang.

2. Pakai Bahan Alami

Tahukah Anda, untuk merawat rambut yang keriting agar tetap sehat dan tampil sempurna, Anda dapat menggunakan beberapa bahan-bahan alami, lho. Salah satunya adalah cuka apel. Cuka apel mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala, sehingga rambut yang keriting menjadi mudah diatur dan tampak lebih rapi.

3. Sisir dengan Jari

Jika Anda tidak menggunakan sisir yang tepat, rambut ikal bisa menjadi patah, rontok dan terpisah tak karuan. Kalau Anda malas menggunakan sisir bergerigi sekalipun untuk merapikan rambut, Anda bisa menggunakan jari tangan.

Itulah pembahasan mengenai merk sampo untuk rambut keriting, beserta jenis-jenis rambut keriting dan cara merawatnya versi Kamini. Kalau Anda tahu merk sampo lainnya yang bagus dan recommended buat rambut keriting, bisa share di kolom komentar, ya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”