10 Pilihan Serum Alpha Arbutin Terbaik yang Mencerahkan

ulinulin.com – Alpha Arbutin mungkin enggak se-hype niacinamide, tapi fungsi dan manfaatnya enggak kalah sama niacinamide. Kandungan ini bahkan digadang-gadang menjadi kandungan yang aman untuk semua jenis kulit. Kok bisa? Yuk, kita ungkap!

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

Terbuat dari tanaman Bearberry, Alpha Arbutin sering juga dibandingkan sama kandungan pencerah alami lainnya seperi Licorice (berasal dari mulberry) dan Kojic Acid (berasal dari jamur).

Alpha arbutin dapat menghambat pembentukan tyrosinase, yang merupakan enzim yang mengkatalisasi melanin pada kulit. Karena itu, menggunakan Alpha Arbutin dapat mencerahkan kulit. Selain itu ada manfaat lain dari Alpha Arbutin, yakni:

1. Mengurangi Kusam di Wajah

Alpha Arbutin disebut-sebut memiliki kemampuan pencerah yang sama dengan hidrokuinon. Bedanya, hidrokuinon dilarang digunakan di negara kita, sedangkan Alpha Arbutin lebih aman digunakan untuk semua jenis kulit. Dengan penggunaan yang tepat dan secara rutin, Alpha Arbutin dapat mengurangi kekusaman setelah kulit terpapar sinar matahari.

2. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Dark Spots

Sudah dibahas sebelumnya bahwa salah satu enzim yang berperan dalam pembentukan melanin adalah tirosinase. Enzim ini banyak ditemukan pada pigmen kulit.

Noda hitam bisa semakin tampak nyata jika bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Penggunaan Alpha Arbutin dapat membantu mengurangi pigmen karena cara kerjanya menghambat produksi tirosinase.

Rekomendasi Serum Alpha Arbutin Lokal

Penggunaan alpha arbutin bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kabar baiknya, kandungan ini aman digunakan pagi ataupun malam. Kamu bisa gunakan alpha arbutin dalam bentuk serum di salah satu slot skincare kamu. Tertarik mencoba? Kamini sudah pilihkan 10 serum alpha arbutin lokal terbaik yang bisa kamu coba. Berikut pilihannya:

1. Nutrishe Intensive Bright and Glow Serum

Serum ini jadi salah satu serum alpha arbutin kesukaan banyak orang, lho! Memiliki beberapa kandungan pencerah seperti alpha arbutin dan licorice extract, tentu serum ini bisa jadi andalan untuk mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu ada brown algae, kandungan yang belum umum digunakan tapi punya kemampuan sebagai antioksidan dan pelembab.

Penggunaan serum yang tepat dan secara rutin bisa bikin kulitmu lebih cerah, enggak kusam. Adanya kandungan brown algae juga bisa bikin kulit lebih kenyal dan sehat.

2. Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed Serum

Rangkaian Avoskin Your Skin Bae punya sederet serum dan toner yang menyasar beberapa permasalahan kulit berbeda. Salah satu yang paling laris dan sering sold out adalah varian Alpha Arbutin 3% + Grapeseed Serum. Serum yang botolnya berwarna ungu ini punya tekstur yang kental dan sangat melembabkan.

Meskipun begitu, serum ini tetap terasa ringan dan cepat meresap, lho! Tambahan kandungan Grapeseed juga bikin serum ini bisa membantu merawat kulit yang rentan jerawatan.

3. Elsheskin Radiant Skin Serum

Elsheskin Radiant Skin Serum ini mengkombinasikan niacinamide dengan alpha arbutin, yakni dua kandungan yang super mantap untuk mencerahkan wajah. Niacinamide enggak cuma bisa mencerahkan, tapi juga bisa mengontrol minyak pada wajah. Jadi, perpaduan dua kandungan ini cocok banget untuk kamu yang punya kulit berminyak dan kusam.

Tekstur serumnya sangat ringan dan mudah meresap. Kamu bisa menggunakan serum ini sebelum menggunakan pelembab favoritmu. Kalau kamu belum mencoba menggunakan niacinamide dan alpha arbutin berbarengan sebelumnya, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu di area rahangmu ya!

4. Maharis Sublime Serum

Brand High End Indonesia ini punya serum alpha arbutin yang layak untuk dicoba. Menggunakan bahan-bahan premium, serum ini memiliki kandungan alpha arbutin, tranexamic acid, grapefruit oil, dan pine extract.

Adanya tranexamic acid memaksimalkan fungsi pencerah kulit pada serum ini karena kandungan aktif ini dapat meratakan warna kulit, menyamarkan dark spots dan juga memperbaiki tekstur kulit.

Serum ini hadir dengan botol pump dengan isi yang cukup banyak yaitu 30 ml. Jadi, meskipun harganya di atas rata-rata, serum ini tergolong awet dan hasilnya bikin worth to try banget! Teksturnya yang ringan juga bisa membuat experience pemakaian menjadi lebih nyaman. Tertarik mencoba?

5. Haum Alpha MF 2% Alpha Arbutin

Banyak orang mengira Haum ini adalah brand luar, tapi ternyata Haum asli buatan Indonesia lho! Produk-produk mereka juga punya nama yang to the point menjelaskan isi kandungannya salah satunya Haum Alpha MF 2% Alpha Arbutin.

Serum dengan botol pump ini punya kemampuan mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam, melembutkan tekstur kulit, serta memberikan kelembaban pada kulit. By the way, produk mereka biasa digunakan oleh cowok juga, lho!

6. The Aubree Brightening Serum Concentrate

Hadir dengan kemasan yang clean dan elegan, The Aubree punya serum pencerah yang worth to try. Harga serum ini tergolong affordable tapi kandungannya enggak main-main, lho. Serum ini mengkombinasikan 3 bahan aktif. Ketiga bahan aktif ini bisa memberi hasil maksimal jika digunakan dengan benar dan rutin.

Tiga bahan aktif yang digunakan yakni alpha arbutin yang dapat mencerahkan wajah dan lactic acid yang dapat mengeksfoliasi dan melembabkan, serta niacinamide yang terkenal dapat mengontrol sebum atau minyak. Jangan lupa untuk gunakan pelembab setelahnya, ya!