10 Produk Skincare dengan Kandungan Mugwort yang Menenangkan

ulinulin.com – Beberapa tahun belakangan, industri kecantikan khususnya di bidang skincare lagi ramai dengan kandungan Mugwort nih, Kaminers! Tanaman yang sering dibanding-bandingin sama Centella asiatica ini nyatanya memang punya kemampuan yang mirip dengan Cica alias Centella Asiatica. Salah satunya adalah kemampuan menenangkan kulit yang lagi iritasi.

Di Korea, tanaman yang punya nama lain Artemesia princeps ini juga dianggap sebagai ‘healing herb’ karena kemampuannya yang dapat menyembuhkan permasalahan kesehatan. Mugwort dipercaya dapat meredakan keram perut untuk wanita yang sedang PMS.

Dalam ranah kosmetik atau perawatan kulit, Mugwort berfungsi sebagai anti-bacterial dan anti-fungal, sehingga kandungan ini sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat.

Untungnya, kita nggak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mendapatkan manfaat dari Mugwort. Produk-produk lokal di bawah ini sudah menggunakan Mugwort sebagai bahan utamanya. Kebanyakan produk ini adalah masker wajah, tapi ada juga toner, serum, dan pelembab wajah yang mengandung Mugwort. Penasaran apa saja? Simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

Saat pertama kali muncul, masker ini digadang-gadang menjadi dupe dari masker best seller asal Korea. Meskipun sama-sama menggunakan Mugwort, tapi clay mask ini punya perbedaan terutama dari segi harga. Whitelab Mugwort Clarifying Mask mengandung beberapa bahan yang bermanfaat untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat.

Masker ini mengandung niacinamide yang punya kemampuan mengontrol sebum atau minyak di wajah. Selain itu, ada kandungan green tea yang dipercaya sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Untuk menyeimbangkan kandungan-kandungan tersebut, nggak lupa ada Centella Asiatica yang dapat menenangkan kulit. Jadi meskipun judulnya clay mask, masker wajah ini nggak akan bikin kulit kamu kering.

2. Somethinc Mugwortella Charcoal Wash Off Mask

Kalau kamu nggak punya banyak waktu tapi pengen tetap self-pampering, masker ini bisa jadi pilihan. Nggak butuh waktu lama, cukup 10 menit saja, kamu bisa maskeran dan mendapat manfaat dari masker ini. Dari namanya saja, sudah bisa ditebak kalau masker ini mengandung Mugwort dan Centella, dua tanaman powerful yang bagus banget untuk mengatasi jerawat.

Somethinc Mugwortella Charcoal ini punya sederet kandungan vegan lainnya yang dapat membantu membersihkan kulit. Diantaranya adalah bamboo charcoal, dead sea mud, serta 7 jenis tanaman dan biji strawberry. Masker ini cukup dioleskan ke wajah dan didiamkan selama 10 menit. Jangan lebih! Karena kalau terlalu lama, bukan mendapat manfaat, kulitmu malah bisa jadi kering. Kamu mau mencobanya?

3. Studio Tropik Herbitus Skin Tonic

Satu lagi produk dari Studio Tropik yang sering banget sold out. Saking seringnya habis, toner ini sampai langka banget di pasaran. Gimana nggak, toner yang berukuran 100 ml ini memberikan manfaat toner dan essence dalam satu botol sekaligus. Teksturnya yang kental namun tetap ringan juga jadi salah satu kelebihan dari toner ini, sehingga produk tetap nyaman dipakai.

Kandungan utama Studio Tropik Herbitus Tonic ini adalah Mugwort, Centella Asiatica, dan black cumin seed. Dengan kandungan-kandungan tersebut, toner ini bermanfaat untuk meredakan kemerahan, anti-inflamasi, membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat, serta dapat mencegah tumbuhnya bakteri jerawat.

4. Avoskin Your Skin Bae Skin Barrier Superhero Serum

Varian Avoskin Your Skin Bae memang bikin pengen kita koleksi semua ya! Tapi kalau cuma boleh pilih satu, kamu bisa pilih varian Skin Barrier Superhero ini. Pasalnya, serum ini punya kandungan-kandungan yang super aman buat segala jenis kulit seperti panthenol, Mugwort, dan cica alias Centella Asiatica. Semua kandungan ini bagus banget untuk menenangkan dan melembabkan kulit.

Teksturnya gel kental yang memang tidak langsung meresap, tapi, kamu bisa merasakan daya lembab yang cukup tahan lama dari serum ini. Dengan kandungan-kandungan yang dimilikinya, Avoskin Your Skin Bae Skin Barrier Superhero ini bisa jadi salah satu holygrail untuk serum sehari-hari kamu. Gimana? Tertarik mencobanya?

5. Everwhite Essence Soothing Toner

Sukses dengan rangkaian serumnya, Everwhite juga meluncurkan berbagai varian toner salah satunya adalah Everwhite Soothing Essence Toner. Produk ini punya tekstur yang cair namun melembabkan. Manfaatnya adalah untuk menenangkan kulit dan menyegarkan kulit.

Karena kandungan utamanya Mugwort dan hyaluronate, toner ini bisa kamu gunakan sehari-hari. Hal ini karena Mugwort dapat berperan sebagai ‘penenang’ dan hyaluronate mampu menghidrasi kulit, jadi nggak ada kandungan aktif yang berpotensi mengiritasi kulitmu.

6. True To Skin Mugwort Tripeptide Gel Cream

Meskipun terbilang baru, namun True To Skin berhasil membuktikan eksistensinya di industri kecantikan Indonesia. Setelah hype dengan serum-serum mereka, True To Skin juga mengeluarkan pelembab yang mengandung Mugwort di dalamnya. Dengan kandungan tersebut, tentu saja pelembab ini bisa membuat kulit lebih tenang dan tidak mudah berjerawat.

Selain itu, ada juga kandungan sodium hyaluronate yang dapat menghidrasi kulit. Seakan nggak cukup hanya dengan manfaat menghidrasi dan menenangkan kulit, pelembab ini juga bisa menyamarkan garis-garis halus dengan kandungan peptide di dalamnya. Cukup lengkap juga, ya!