10 Resep Jus Sayur untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat

ulinulin.com – Diet sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar dan sehat seperti dengan melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, makan-makanan yang sehat dan bergizi tinggi, tidak mengkonsumsi junk food, memperbanyak minum air putih, dan juga melengkapi serat dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Serta, program diet Anda akan lebih maksimal jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi supaya diet bisa dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab, jika kita melakukan diet tanpa pengetahuan yang benar, maka dikhawatirkan kita malah akan kehilangan banyak nutrisi penting untuk tubuh.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang 10 resep jus buah untuk diet. Tetapi kita tidak hanya mengkonsumsi buah saja untuk mendapatkan atau melengkapi kebutuhan serat sehari-hari untuk tubuh. Kita juga membutuhkan serat pada sayuran supaya asupan makanan kita lebih seimbang. Nah agar lebih bervariasi, konsumsi sayur juga bisa kita buat jus loh. Berikut resep jus sayur untuk diet yang bisa Anda coba.

1. Jus wortel dan tomat

* sumber: www.healthambition.com

Wortel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Wortel sangat baik untuk kesehatan mata, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker dan mengatasi sembelit. Dalam 100 gram jus tomat, terdapat 15 mg fosfor, 0,9 mg zat besi, 230 mg kalium, dan 7 gram kalsium.

Tomat sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga untuk memperlancar proses pencernaan. Jus tomat dan wortel ini dianjurkan diminum pada jam makan malam sebagai pengganti makanan berat.

Bahan yang dibutuhkan:

    1 buah wortel, buang kulitnya

    1 buah tomat

    1 gelas air putih

    Es batu secukupnya

    Madu murni sesuai selera

Cara membuatnya:

    Cuci wortel dan tomat sampai bersih. Lalu potong-potong sesuai selera.

    Masukan potongan wortel dan tomat, air serta es batu kedalam blender. Blender sampai halus.

    Pindahkan kedalam gelas lalu tambahkan madu, aduk sampai rata. Minumlah saat jus masih segar.

2. Jus bayam dan seledri

* sumber: www.coldpressjuicers.co.uk

Didalam 100 gram bayam mengandung 91% air, 4% karbohidrat, 3% protein, 23 kalori, vitamin A, B, C, E dan K, magnesium, mangan, zat besi, folat, kalsium, potassium dan dietary fiber. Bayam dapat menyeimbangkan tingkat gula darah Anda saat diet, sedangkan didalam 100 gram seledri terdapat 93% air, dan 14 kalori.

Seledri dapat membuang racun didalam tubuh, menekan nafsu makan, memiliki efek detoks, mengontrol kadar kolesterol dan memperlancar sirkulasi darah. Jus bayam dan seledri ini sebaiknya diminum 30 menit sebelum sarapan, sehingga porsi sarapan Anda bisa lebih sedikit. Jus ini juga dapat mengenyangkan Anda lebih lama dan mengurangi keinginan Anda untuk mengemil.

Bahan yang dibutuhkan:

    1 ikat daun bayam. Cuci bersih lalu cincang sampai sebanyak 1 gelas.

    4 batang seledri, cuci bersih lalu iris tipis

    1 gelas air putih

    Batu es secukupnya

    Sedikit garam

    Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis sesuai selera

Cara membuatnya:

    Masukan bayam, seledri, air, batu es, dan garam kedalam blender.

    Blender semua bahan tersebut sampai halus.

    Tuangkan kedalam gelas saji. Tambahkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis sesuai selera. Aduk rata. Segera minum dan habiskan.

3. Jus daun selada, daun ketumbar, dan peterseli

* sumber: www.sweetadditions.net

Selada mengandung mineral, iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium. Selada dapat menjaga keseimbangan tubuh, dan juga bisa mengatasi insomnia, sedangkan peterseli mengandung zat besi, betakaroten, vitamin C, E, dan K.

Peterseli dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Lalu daun ketumbar dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan yang dibutuhkan:

    2 tangkai daun selada

    1/3 daun ketumbar

    1/3 ikat peterseli

    1 gelas air putih

    Es batu secukupnya

    Garam secukupnya

    Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis sesuai selera

Cara membuatnya:

    Cuci bersih daun selada, daun ketumbar dan peterseli. Lalu dicincang kasar.

    Masukan bahan yang sudah dicincang tadi kedalam blender.

    Tambahkan air, es batu dan garam. Lalu blender sampai halus.

    Tuangkan kedalam gelas saji. Masukan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Aduk sampai rata. Nikmati jus selagi masih rasanyamasih segar.

4. Jus asparagus

* sumber: m.doctorulzilei.ro

Asparagus mengandung vitamin B, asam amino, dietary fiber dan asam folat. Asparagus berguna dalam proses regenerasi sel kulit, merangsang ginjal membuang sisa metabolisme tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengikis lemak pada dinding pembuluh darah.

Selain itu asparagus juga bisa menghilangkan jerawat, mengatasi gangguan prostat, mengikat zat karsinogen penyebab kanker, mengatasi dan membantu menyehatkan jantung, mengatasi gangguan sembelit, meningkatkan kesuburan pria, dan membantu menurunkan berat badan secara alami.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”