10 Skincare yang Mengandung Ceramide Untuk Skin Barrier Sehat

ulinulin.com – Kulit kalian mengelupas secara tiba-tiba? Atau terlihat sangat berminyak, tapi terasa kering dari dalam? Bisa jadi, hal tersebut merupakan sinyal yang menandakan bahwa skin barrier kalian terkikis. Teruntuk yang belum familiar, skin barrier adalah lapisan pelindung kulit terluar yang memiliki peran dalam melindungi kulit dari agresor eksternal dan menjaga kelembapan alami kulit.

Namun, apabila tidak dijaga, tentu skin barrier akan rusak. Penyebab dari kerusakannya bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang intens tanpa perlindungan sunscreen, sabun pembersih dengan kandungan deterjen, penggunaan kosmetik dengan bahan yang keras, dan masih banyak lagi.

Jika sudah rusak, ada beberapa kandungan skincare yang bisa digunakan untuk membantu memperbaiki dan memperkuat fungsi dari skin barrier, salah satu di antaranya adalah ceramide. Pada kulit, ceramide mengisi 50% komposisi dari lipid yang berfungsi untuk merekatkan sel kulit. Jika sudah terikat menjadi satu, skin barrier bisa berfungsi dengan optimal sebagai pelindung.

1. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Referensi skincare yang mengandung ceramide pertama hadir dalam bentuk pelembap dari brand lokal, Somethinc. Pelembap dengan tekstur gel-krim yang didesain untuk melembapkan, menguatkan, dan menyehatkan kulit. Untuk bisa mengantarkan manfaat tersebut, Somethinc memanfaatkan beberapa kandungan terbaik seperti marine collagen, peptide, vitamin B3, dan tentunya ceramide.

Dengan adanya kandungan tersebut, Ceramic Skin Saviour diklaim mampu menjaga kelembapan kulit hingga 18 jam. Lalu, terdapat juga kandungan anti-aging yang membuat pelembap ini mampu menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan dini dan meningkatkan elastisitas kulit. Menariknya lagi, pelembap Somethinc ini juga mampu membantu kulit tampak cerah bersinar.

2. Dear Me Beauty 5% Inoceramide + Pomegranate Extract Serum

Belum lama ini, Dear Me Beauty merilis sebelas varian serum dan satu di antaranya diperkaya dengan kandungan utama ceramide. Jenis ceramide yang digunakan pada serum ini adalah inoceramide. Dear Me mengklaim bahwa inoceramide dapat memberikan hasil yang signifikan dalam perbaikan skin barrier dan mampu meningkatkan kelembapan kulit hingga 21% selama 4 minggu pemakaian.

Tidak hanya ceramide, di dalamnya juga terdapat antioksidan dari ekstrak buah delima, yang akan memberikan perlindungan terhadap radikal bebas. Dia juga mampu membantu meningkatkan elastisitas dan memperbaiki tekstur dengan mendorong produksi kolagen dan juga elastin.

Kedua kandungan utama tersebut disempurnakan dengan teknologi enkapsulasi dan nano liposome. Teknologi tersebut membuat bahan aktif serum mampu melakukan penetrasi lebih dalam. Namun, ia akan dirilis dengan perlahan sehingga terasa lebih gentle di kulit. Dear Me Beauty 5% Inoceramide + Pomegranate Extract Serum tersedia dalam kemasan 12 ml dan 32 ml.

3. The Aubree Ceramide Soft Cream

Rekomendasi skincare ceramide selanjutnya hadir dari brand lokal anyar, The Aubree. Produk krim pelembap ini selain diperkaya dengan ceramide, di dalamnya juga terdapat kandungan serba bisa dari vitamin B3. Tidak hanya bagus dalam mengatasi kulit kusam, vitamin B3 juga dapat membantu proses perbaikan skin barrier.

Di samping itu, moisturizer The Aubree ini juga ditemani dengan beberapa jenis humektan seperti sodium PCA, sodium hyaluronate, dan gliserin. Mereka bertugas untuk menarik air dari udara guna menawarkan hidrasi pada kulit sekaligus mencegah air mudah berevaporasi. Hasilnya, permukaan kulit akan menjadi lebih halus, lembut, dan kenyal.

Menariknya lagi, harga yang dipatok untuk satu jar The Aubree Ceramide Soft Cream ini masih dalam kategori terjangkau, yakni sekitar 99.000 dengan isi 30ml.

4. Skin Game Skin Barricade Serum

Sesuai dengan namanya, serum dari Skin Game ini diformulasikan khusus untuk memulihkan skin barrier. Supaya bisa dengan maksimal memberikan manfaat tersebut, setiap kemasan serum ini tentu dilengkapi dengan ceramide, lalu dibantu dengan squalane, rosehip oil, dan kolesterol.

Kolesterol bersama dengan ceramide dan asam lemak yang berasal dari rosehip oil, akan membantu menjaga kelembapan, meningkatkan elastisitas, menghaluskan permukaan kulit, serta mengoptimalkan fungsi skin barrier.

Guna memberikan perlindungan dari radikal bebas, serum ini dipenuhi dengan antioksidan yang berasal dari rosehip oil dan squalane. Selain melindungi, keduanya juga akan memenuhi kebutuhan kelembapan kulit sekaligus memberikan manfaat anti-aging pada kulit. Melihat bahan-bahan yang digunakan, jelas serum ini merupakan pilihan sempurna bagi yang ingin memperbaiki skin barrier.

5. The Face Shop Rice & Ceramide Moisturizing Toner

Selain ceramide, toner milik The Face Shop ini juga mengandalkan kandungan utama yang berasal dari ekstrak beras. Kandungan tersebut sudah dipercaya sejak lama dapat memberikan beragam manfaat untuk kulit, seperti membantu kompleksi menjadi tampak lebih cerah berseri dan memudarkan noda-noda hitam pada kulit.