11 Manfaat Teh Tawar bagi Kesehatan yang Menakjubkan, Selamat untuk Tim Teh Tanpa Gula!

ulinulin.com

    6SHARES

Ilustrasi Minum Teh Tawar. (Shutterstock.com)

Dream – Sebagai minuman yang sangat populer di dunia, teh memunculkan kubu bagi para penikmatnya. Kedua kubu dibedakan menjadi tim teh manis dan teh tawar. Jika Sahabat Dream memilih bergabung dengan tim teh tawar, maka selamat karena kamu akan mendapat banyak manfaat menakjubkan.

Selain air putih, teh merupakan minuman yang banyak diminati masyarakat. Manfaat teh tawar bagi kesehatan membawa kabar gembira bagi masyarakat pecinta teh.

Minuman yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin. Katekin terdiri dari senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Meskipun manfaatnya luar biasa, namun jika teh dikonsumsi dengan tambahan pemanis akan meningkatkan jumlah kalori di dalamnya. Tambahan gula dan susu kental manis juga bisa memicu penyakit diabetes.

Maka dari itu, disarankan untuk menikmati teh tawar tanpa tambahan pemanis apapun. Minum teh tawar tak hanya menyehatkan, melainkan juga membuatmu merasakan cita rasa asli dari teh tersebut.

Dilansir berbagai sumber, yuk simak manfaat teh tawar bagi kesehatan berikut ini. Selamat buat tim teh tanpa gula!

Manfaat Minum Teh Tawar bagi Kesehatan

Teh memiliki beragam jenis, rasa dan aroma. Minum teh tawar bisa membuat kita lebih menikmati rasa khas dari teh tersebut. Selain rasanya, manfaat minum teh tawar akan membantu mengurangi stres dan terhindar dari diabetes.

Berikut manfaat minum teh tawar bagi kesehatan yang perlu diperhatikan:

1. Cegah Gangguan Saraf

Manfaat teh tawar bagi kesehatan bisa membantu mencegah gangguan saraf. Salah satu jenis teh tawar yang bisa mengatasi masalah tersebut adalah teh hijau. Teh hijau dipercaya bisa mengatasi stres. Rutin mengonsumsi teh tanpa tambahan pemanis apapun bisa mencegah seseorang terkena gangguan saraf penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.

2. Bantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat teh tawar bagi kesehatan yang berikutnya ialah bantu menurunkan kolesterol, khususnya kadar lemak jahat (LDL) dan trigliserida.

Perlu diingat, kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh bisa menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke.

© Unsplash.com

3. Mencegah Diabetes

Manfaat teh tawar juga bisa mencegah penyakit diabetes karena bebas dari asupan gula tambahan. Bukan hanya karena tanpa gula, teh mengandung polifenol yang berperan membantu produksi insulin dalam tubuh. Hormon insulin berfungsi menjaga kadar gula darah. Jika kadar gula darahmu terjaga, maka tubuhmu akan terjaga dari diabetes.

4. Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat teh tawar bagi kesehatan yang lainnya dipercaya bisa menurunkan risiko stroke. Salah satu teh yang bisa mengatasi masalah kesehatan ini adalah teh hitam atau black tea.

Teh ini mengandung kafein dan tinggi dan flavonoid. Minum teh hitam dengan cukup akan membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan risiko stroke.

Penelitian menunjukkan, orang yang minum empat cangkir teh sehari memiliki risiko yang lebih kecil 32 persen untuk terserang penyakit stroke.

Bahkan teh hitam tawar akan menjaga kesehata paru-paru akibat asap rokok dan menurunkan risiko kanker kulit, payudara dan prostat.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat teh tawar berperan penting dalam menstabilkan tekanan darah. Menikmati teh tawar akan memberikan efek nyaman dan menenangkan. Cara ini cocok untuk mengontrol stres dan relaksasi tubuh.

Teh tawar boleh diminum oleh penderita hipertensi, karena dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Minum teh tawar juga akan memberikan efek pada meningkatkatnya fokus dan konsentrasi. Kandungan kafein di dalam teh tawar akan memberikan kewaspadaan dalam mengerjakan sesuatu.

Efek kafein di dalam teh terbilang lebih stabil daripada minuman berkafein lainnya.

Manfaat Minum Teh Tawar

© Unsplash.com

7. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang menjalani program diet, minum teh tawar bisa menjadi pilihan tepat sebagai pengganti minuman manis.

Teh tawar akan membantu menurunkan berat badan. Kalori teh tawar sangat rendah, yaitu 2 kalori dalam satu cangkirnya.

Tidak menambahkan pemanis apapun pada teh tawar akan membantu membakar lemak lemak perut secara alami dan meningkatkan metabolisme. Kamu bisa mencoba rose hip tea untuk membantu menjaga berat badan.

8. Bantu Atasi Diare

Manfaat teh tawar dikenal efektif dapat mengatasi diare. Kandungan zat tanin dalam teh tawar dapat memberikan efek astringen. Efek ini berperan untuk mengurangi kandungan air pada feses sehingga bisa menurunkan frekuensi buang air besar saat diare.

9. Menjaga Tubuh Awet Muda

Tak hanya bagi kesehatan, manfaat teh tawar juga bisa membuat tubu awet muda. Secangkir teh tawar akan bantu meningkatkan mood dan kinerja mental. Minum teh akan membuat kadar stres dalam tubuh juga bisa berkurang dan otak berpikir lebih tenang serta menjaga daya ingat.

Minum teh tawar setidaknya dua kali sehari akan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dalam sel tubuh. Alhasil minum teh tawar akan mencegah penuaan, seperti kehilangan elastisitas kulit seiring bertambahnya usia.

10. Cegah Kanker

Kandungan utama pada teh tawar yaitu polifenol dan antioksidan. Penelitian menunjukkan kedua kandungan ini bermanfaat menurunkan risiko munculnya kanker. Polifenol dan antioksidan adalah dua zat yang mampu mencegah efek radikal bebas pemicu kanker. Perlu diketahui, radikal bebas disebut sebagai pemicu kerusakan sel tubuh yang memancing munculnya sel abnormal dan berkembang menjadi sel kanker.

11. Jaga Kesehatan Mulut

Manfaat teh tawar bagi kesehatan yang terakhir ialah menjaga kesehatan mulut. Katekin pada teh tawar diyakini bisa menjaga kesehatan mulut. Sebab katekin akan menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga risiko infeksi pada mulut bisa diminimalisir.

Hasil studi menunjukkan, katekin di dalam teh (terutama teh hijau) dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut di laboratorium. Akan tetapi belum ada bukti dari manusia bahwa mengonsumsi teh hijau dapat memberikan efek yang sama.

Yang jelas, minum teh hijau bisa mencegah seseorang dari masalah bau mulut yang tak sedap.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”