11 Vitamin Ibu Hamil yang Bagus sebagai Penambah Nutrisi

ulinulin.com – Ibu hamil perlu menjaga asupan makanan dan minuman selama sembilan bulan masa kehamilan. Meningkatkan pola makan sehat dan mengurangi makanan instan pun perlu dilakukan agar perkembangan janin optimal.

Tak hanya itu, komponen nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan bisa didapat dari suplemen atau multivitamin. Vitamin dapat menjadi pendukung sekaligus penambah nutrisi di luar asupan makanan sehari-hari.

Ada baiknya konsumsi vitamin ibu hamil yang bagus dengan kandungan nutrisi cukup lengkap. Nah, berikut telah merangkum beberapa merek suplemen ibu hamil.

Simak rekomendasinya, yuk!

1. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Kondisi ibu hamil di awal kehamilan masih rentan. Apalagi, bila ibu hamil kelelahan, pendarahan bisa saja terjadi. Untuk itu, ibu hamil perlu menjaga kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit.

Selain makan asupan bergizi, lengkapi kebutuhan tubuh dengan vitamin ibu hamil, seperti Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat membantu kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Asam folat juga dapat meningkatkan kecerdasan janin.

Harga Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sekitar Rp155.000 – Rp165.000.

2. Elkana

Trimester pertama termasuk fase kehamilan yang penting. Pada masa ini, ibu hamil harus ekstra menjaga diri dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Sehingga, janin tumbuh secara optimal.

Agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, ada baiknya lengkapi asupan dengan vitamin ibu hamil. Salah satunya adalah Elkana.

Suplemen ini mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3 dan mineral. Elkana tidak hanya menjadi suplemen penambah nafsu makan, tapi juga dapat membantu pertumbuhan otot dan tulang janin.

Elkana bisa dikonsumsi sehabis makan agar perut tidak mengalami iritasi. Hindari juga makanan yang pedas, asam, dan berlemak selama mengonsumsi suplemen ini agar tidak memicu gangguan kesehatan janin di dalam kandungan.

Harga Elkana sekitar Rp10.000 – Rp20.000.

3. Esfolat

Esfolat termasuk vitamin ibu hamil yang bernutrisi. Suplemen ini mengandung multivitamin, mineral, dan asam folat. Suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil. Namun, jangan lupa utamakan asupan bergizi sehari-hari, ya.

Kandungan asam folat dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin. Sehingga, suplemen ini dapat meningkatkan kecerdasan calon bayi.

Harga Esfolat sekitar Rp 350.000.

4. Folamil Genio

Folamil Genio diklaim sebagai vitamin ibu hamil terbaik. Suplemen ini mengandung multivitamin, mineral, dan asam folat.

Kandungan beta karoten dapat mencegah bayi cacat lahir. Ada baiknya, konsumsi beta karoten tidak melebihi 10.000 IU untuk ibu hamil.

Selain aman untuk ibu hamil, Folamil Genio juga dapat dikonsumsi ibu menyusui.

Harga Folamil Genio sekitar Rp160.000.

Editors’ Picks

5. Natavit

Suplemen vitamin ibu hamil berikutnya, yaitu Natavit. Suplemen berbentuk tablet ini mengandung asam folat, vitamin B kompleks, DHA. Kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan dan kecerdasan otak janin.

Natavit juga mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh. Sehingga, vitamin ini dapat mencegah cacat lahir pada bayi. Harga Natavit dibanderol sekitar Rp90.000 – Rp120.000.

6. Natures Plus Prenatal

Apakah kamu mencari vitamin ibu hamil yang dapat meningkatkan kesehatan tulang? Natures Plus Prenatal bisa jadi pilihan tepat nih.

Suplemen ini mengandung kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut dapat memperkuat tulang.

Manfaat lainnya, suplemen ini dapat menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, Natures Plus Prenatal dapat mengoptimalkan kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Harga Natures Plus Prenatal sekitar Rp530.000.

7. Nutrimax Mother

Nutrimax Mother adalah vitamin ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah kelahiran prematur, mengurangi risiko kelahiran cacat, sampai mencegah kerusakan sel saraf otak janin.

Suplemen ini ternyata juga dapat meningkatkan perkembangan fisik janin. Selain melengkapi kebutuhan ibu hamil, Nutrimax Mother berguna untuk pertumbuhan calon bayi.

Harga Nutrimax Mother sekitar Rp225.000.

8. Osfit DHA

Osfit DHA adalah salah satu vitamin ibu hamil muda. Suplemen ini mengandung vitamin D3, kalsium, dan minyak ikan tuna.

Osfit DHA memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan DHA dan EPA dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Meskipun tergolong aman, ada baiknya konsultasikan penggunaan suplemen ini dengan dokter terlebih dulu.

Harga vitamin ibu hamil ini berkisar Rp140.000 – Rp150.000.

9. Prolacta DHA for Mother

Prolacta DHA for Mother termasuk vitamin ibu hamil dengan kandungan DHA, EPA, kalsium, dan vitamin E.

Selain mampu menambah energi yang dapat disalurkan ke seluruh bagian tubuh, DHA dapat membantu perkembangan otak janin. Di sisi lain, DHA juga dapat meningkatkan kinerja sistem saraf pusat dan mata.

Sebelum dikonsumsi di trimester pertama, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan. Supaya kesehatan janin di dalam kandungan tetap terjaga.

Prolacta DHA for Mother bisa dibeli dengan harga Rp60.000 – Rp65.000.

10. Promavit

Di trimester pertama kehamilan, umumnya ibu hamil mengalami anemia. Jika dibiarkan, anemia dapat menimbulkan komplikasi terhadap kehamilan hingga mengalami keguguran.

Promavit bisa menjadi salah satu asupan suplemen vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungannya cukup lengkap, seperti DHA, EPA, asam folat, omega 3, dan mineral. Dengan semua kandungan tersebut, Promavit dapat meningkatkan pertumbuhan janin.

Tak hanya itu, Promavit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sakit gigi dan tulang keropos pada ibu hamil

Harga Promavit dibanderol sekitar Rp35.000 – Rp45.000.

11. Vitabiotics Pregnacare Plus

Satu lagi vitamin ibu hamil, yakni Vitabiotics Pregnacare Plus. Suplemen ini mengandung 18 nutrisi, mulai dari vitamin, mineral, sampai folic acid. Beberapa kandungan Vitabiotics Pregnacare Plus:

Selain dapat memenuhi nutrisi tubuh ibu hamil, vitamin ini dapat meningkatkan perkembangan otak dan mata janin.

Harga Vitabiotics Pregnacare Plus sekitar Rp145.000.

Nah, itulah 11 vitamin ibu hamil.

Demi keamanan dan kesehatan, ada baiknya konsumsi vitamin-vitamin tersebut sesuai saran dokter. Selain itu, utamakan asupan makanan sehari-hari yang bergizi, ya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”