12 Potret Rumah Novi Listiana Pedangdut yang Banting Setir Jadi Petani, Dapurnya Masih Pakai Tungku Kayu

ulinulin.com – Sosok penyanyi dangdut koplo Novi Listiana viral karena memutuskan untuk banting stir menjadi petani. Ia memutuskan meninggalkan dunia hiburan dan tak melanjutkan karier sebagai penyanyi dangdut.

Novi Listiana justru memilih pulang kampung dan menekuni pekerjaan barunya sebagai petani. Sekarang, Novi Listiana tinggal di sebuah rumah sederhana yang ada di Boyolali, Jawa Tengah.

Rumah Novi yang ada di daerah pegunungan menjadi sorotan publik setelah terungkap lewat konten-konten yang dibagikannya lewat sosial media. Biasa hidup glamor sebagai penyanyi, Novi tak gengsi memperlihatkan rumahnya yang sederhana dan jauh dari kemewahan.

Meski demikian, rumah yang masih berlantaikan semen ini begitu luas dan berada di area pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar. Salah satu bagian yang paling disorot dari rumahnya adalah bagian dapurnya. Sebab dapurnya ternyata masih menggunakan tungku kayu bakar. Penasaran seperti apa potret rumah Novi Listiana yang sederhana namun luas di desa? Ini dia sederet potretnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ini adalah pemandangan desa tempat Novi Listiana tinggal dilihat dari teras rumahnya yang ada di Boyolali, Jawa Tengah. Tampak bahwa rumahnya ada di bawah lereng gunung yang asri dan sejuk.

2. Bagian depan rumah Novi Listiana memiliki teras dengan banyak tiang penyangga yang dilapisi keramik warna merah. Lahan di halaman depan rumahnya dimanfaatkan untuk menanam daun bawang.

3. Masuk ke bagian dalam, terlihat jelas bahwa rumah milik Novi Listiana sangat luas. Terlihat ada banyak material yang akan digunakan untuk merenovasi rumahnya. Novi memang berencana untuk mempercantik bangunan rumah yang ia tempati itu.

4. Lewat akun TikTok miliknya, Novi sering berbagi potret rumahnya yang luas dan tanpa sekat. Terlihat pula bahwa lantai rumahnya masih berlantaikan semen, bahkan beberapa bagian rumahnya ada yang masih berlantaikan tanah.

5. Sama seperti bagian rumah yang lain, kamar Novi Listiana juga sederhana. Lantainya ditutup karpet sementara dindingnya dicat dengan nuansa hitam putih. Di salah satu bagian dinding, dimanfaatkan Novi sebagai tempat untuk menggantung baju-bajunya.

6. Tinggal di desa, ternyata dapur milik Novi Listiana sangat sederhana. Tak hanya masih berlantaikan tanah, untuk memasak makanan, Novi menggunakan tungku dan kayu bakar.

7. Di bagian belakang rumah ada gudang yang digunakan sebagai tempat menjemur pakaian. Gudang ini nantinya akan dirombak dan dijadikan sebagai dapur baru oleh Novi.

8. Di samping gudang ada kamar mandi yang terpisah dari rumah utama. Terlihat bahwa kamar mandinya dibangun dari batu bata yang sudah mulai berlumut dengan pintu kayu sederhana.

9. Bagian dalam kamar mandi tak kalah sederhana dari bagian luarnya. Sebuah bak berukuran kecil dan pendek menjadi tempat penampungan air. Sementara itu closet jongkoknya pun sudah tampak usang. Demi kenyamanannya, kamar mandinya juga akan direnovasi.

10. Kalau ini adalah potret halaman belakang rumah Novi Listiana yang luas. Dari sini pemandangan hijau dan asri dari gunung yang ada di atas rumahnya bisa dilihat dengan jelas.

11. Rumah Novi Listiana mungkin sederhana tapi bangunannya luas. Bahkan di bagian belakang masih ada bagian yang dipakai untuk kandang sapi. Novi membersihkan kandang itu sendiri sebelum hewan ternaknya datang.

12. Dan, inilah penampakan kandang sapi di bagian belakang rumah Novi Listiana yang sudah ditempati oleh seekor sapi cokelat berukuran besar.

Memilih tinggal di rumah sederhana di kampung membuat sosok Novi Listiana jadi viral usai dirinya aktif membagikan kegiatannya di medsos. Selain berbagi potret rumah, ia kerap memperlihatkan momen saat ia bekerja sebagai petani mulai dari memberi pupuk, memanen, dan membawa sendiri hasil panennya ke rumah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website matamata.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”