14 Pertanyaan Interview Product Manager yang Wajib Dipelajari

ulinulin.com – Mendapat undangan wawancara untuk posisi product manager tentu menyenangkan. Sebelum interview, sebaiknya kamu harus memahami beberapa pertanyaan yang sering diajukan untuk posisi product manager.

Persiapan yang matang membuat peluangmu diterima di posisi tersebut lebih tinggi. Salah satu persiapannya adalah dengan mempelajari beberapa pertanyaan interview.

Kira-kira seperti apa ya pertanyaan yang akan diajukan dari perekrut? Tenang, Glints telah merangkum sembilan pertanyaannya untukmu.

Daftar Isi Sembunyikan

1. Menurutmu, mengapa product manager itu penting? / “Why do you think that a product manager is important?”

© Freepik.com

Bisa dikatakan ini adalah pertanyaan dasar yang akan diajukan oleh recruiter kepadamu saat wawancara. Meskipun ini pertanyaan dasar, kamu harus menjawabnya dengan tegas.

Dilansir dari Product Board, perusahaan ingin tahu seberapa besar kamu mengetahui tentang product manager.

Jika kamu kesulitan dalam menjawab pertanyaan ini, kemungkinan besar perusahaan akan meragukan kualitasmu.

Kamu bisa menjawabnya dengan mengatakan bahwa product manager sangat penting karena mengawasi perkembangan produk dari awal hingga akhir proses.

Selain itu, kamu bisa cari terlebih dahulu definisi dari product manager. Ingat, dalam pertanyaan ini tidak ada jawaban yang benar dan salah.

Bahasa Indonesia

Product manager begitu penting karena ia bertanggung jawab untuk mengawasi proses perkembangan produk dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu, product manager juga memastikan produk yang dibuat bisa dinikmati oleh user.

Bahasa Inggris

A product manager is important because he/she is responsible to supervise the product development process from start to finish. Moreover, a product manager ensures the product can be enjoyed by the user.

2. Kira-kira apa saja tugas product manager? / “What are some duties of a product manager?”

© Freepik.com

Sebagai kandidat product manager di suatu perusahaan, kamu harus mengetahui apa saja tugas yang dilakukan oleh posisi ini.

Recruiter tentu ingin tahu wawasanmu lebih dalam mengenai posisi yang satu ini

Kamu bisa menjawabnya dengan mengatakan tugas dari product manager adalah mengembangkan ide-ide produk, memantau prosesnya, serta menganalisis perkembangan produk ke depannya.

Selain itu, kamu bisa belajar terlebih dahulu lewat internet terkait tugas-tugasnya.

Bahasa Indonesia

Beberapa tugas dari seorang product manager di antaranya seperti mengembangkan ide produk, memantau dan menganalisis pengembangan produk, serta membuat perkiraan dan analisis penjualan produk.

Bahasa Inggris

Some of the tasks of a product manager include developing product ideas, supervising and analyzing the product’s development, and making forecasts and analyses of product sales.

3. Bagaimana kamu mengelola peluncuran produk baru? / “How do you manage a product launch?”

© Freepik.com

Perusahaan ingin tahu apa yang ada di pikiranmu mengenai taktik dan strategi yang digunakan saat melakukan peluncuran produk baru.

Seorang product manager dituntut harus mempunyai pemikiran strategis serta kemampuan analisis yang baik.

Dilansir dari Indeed, kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan terkait timeline produk dan bagaimana kamu memantau perkembangan produk.

Sebagai contoh, kamu mengembangkan peluncuran produk baru berdasarkan masukan dari tim seperti dukungan, pengujian, serta manajemen produk.

Selain itu, kamu mencari tanggal yang tepat untuk peluncuran dengan mengadakan meeting secara intens saat mendekati tanggal peluncuran.

Bahasa Indonesia

Saya mengembangkan rencana peluncuran produk berdasarkan masukan dari berbagai tim yang terlibat dalam pengembangannya. Saya juga meminta masukan dari stakeholder untuk menentukan timeline proyek yang berisi tanggal penting serta hasil yang harus dicapai. Ketika tanggal peluncuran semakin dekat, saya melakukan rapat mingguan untuk memastikan proyek berjalan sesuai arah. Tidak hanya itu, saya juga memastikan proyek berjalan lancar dengan memasarkan produk ke audiens yang tepat.

Bahasa Inggris

I develop the product launching plan based on the inputs from the teams involved in the product’s development. I also seek advice from stakeholders to decide on the project timeline including key dates and deliverables. When the launch date is approaching, I held weekly meetings to ensure the project stays on track. I also make sure the project stays on the right track by marketing the product to the right audience.

4. Bagaimana kamu menentukan keinginan dan kebutuhan user? / “How do you decide the wants and needs of the user?”

© Freepik.com

Product manager memang akan selalu berkaitan dengan user. Dengan begitu, perusahaan ingin tahu caramu dalam menentukan keinginan dan kebutuhan mereka.

Dilansir dari Product Plan, perusahaan ingin tahu bagaimana cara konkretmu dalam mengumpulkan feedback dari pelanggan atau user.

Pasalnya, peran dari user sangat penting bagi product manager saat melakukan pengembangan produk.

Jika kamu menjawab pertanyaan interview product manager ini dengan kurang meyakinkan, dipastikan perusahaan akan meragukan kualitasmu.

Dalam pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya misalnya dengan cara melakukan survei online, berkomunikasi langsung dengan pelanggan, dan lain-lain.

Bahasa Indonesia

Saya biasanya menggunakan survei online atau berkomunikasi langsung dengan user untuk mengetahui apa saja keinginan serta kebutuhan mereka.

Bahasa Inggris

I usually use online surveys or communicate directly with the user to know their wants and needs.

5. Bagaimana kamu tahu bahwa suatu produk dirancang dengan baik? / “How do you know that a product is well-designed?”

© Freepik.com

Perusahaan ingin tahu seberapa jauh kamu mengenal suatu produk dengan baik. Seperti halnya pertanyaan interview pada umumnya, dalam jawaban pertanyaan ini tidak ada yang benar dan salah.

Hanya saja, kamu harus menjawab dengan detail dan logis supaya perusahaan yakin kepadamu.

Sebagai contoh, kamu bisa menjawab bahwa produk yang baik adalah produk yang didesain secara simpel dan menjanjikan sesuatu kepada pelanggan.

Bahasa Indonesia

Sebuah produk yang terancang baik adalah produk yang didesain secara simpel dan memberikan apa yang dijanjikannya ke user.

Bahasa Inggris

A product is well-designed if it’s simple and gives what it promises to the user.

6. Apa yang ingin kamu kembangkan dari produk kami? / “What do you want to improve from our product?”

© Freepik.com

Ini merupakan pertanyaan untuk menguji seberapa besar kamu meneliti dan mengetahui perusahaan. Jika kamu tidak mengetahuinya secara detail, bisa jadi ini menjadi sebuah bumerang bagimu.

Oleh karena itu, pahami perusahaan dengan baik, terutama produknya, karena kamu melamar sebagai product manager.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui jawaban yang tepat.

Misalnya, kamu ingin mengembangkan produk dari sisi desain setelah melihat bahwa ada kekurangan dari perusahaan dalam bidang tersebut.

Bahasa Indonesia

Saya menyukai kreativitas perusahaan ketika mengeksekusi produk ini. Namun, satu hal yang ingin saya kembangkan adalah dengan mengerucutkan target audiens dari produk ini. Karena, tidak ada ketentuan yang jelas apakah produk ini dibuat untuk orang dewasa atau remaja.

Bahasa Inggris

I love the company’s creativity when executing this product. However, one thing I want to improve is to narrow the target audience of this product. This is because there is no provision that explains whether this product is made for adults or teenagers.

7. Apa kegagalan terbesarmu saat menjadi product manager? / “What is your biggest failure as a product manager?”

© Freepik.com

Pertanyaan ini jelas membuatmu harus mengevaluasi kinerjamu ke belakang.

Dengan begitu, perusahaan akan tahu ketika kamu mengalami kegagalan dan berusaha untuk bangkit dari kegagalan tersebut.

Ceritakan yang sebenarnya terjadi, jangan dilebih-lebihkan atau bahkan sampai berbohong.

Bahasa Indonesia

Pada satu waktu, saya dan tim terpaksa menunda peluncuran produk karena terdapat bug yang dapat merusak pengalaman user. Bug tersebut sayangnya tidak terdeteksi ketika sedang proses QC karena kami masih menggunakan software lama. Akhirnya, saya dan tim memutuskan untuk meng-upgrade software dan memberi pengumuman tanggal peluncuran produk yang baru beserta permintaan maaf ke audiens di media sosial.

Bahasa Inggris

At one time, my team and I delayed a product launch because of a bug that could ruin the user experience. The bug was not detected during the QC process because we were still using the old software. Finally, my team and I decided to upgrade the software and announced the new product launch date along with apologies to the audience on social media.

8. Ceritakan bagaimana kamu membangun dan memotivasi tim / “Tell us how do you build and motivate the team“

© Freepik.com

Product manager akan bekerja dalam ruang lingkup yang luas. Ia bisa dibilang menjadi pemimpin sebuah tim dalam melakukan pengembangan produk.

Perusahaan ingin tahu bagaimana caramu membangun dan memotivasi tim.

Sebab, selain pengetahuan, perusahaan juga ingin menguji skill leadership-mu sebagai product manager.

Bahasa Indonesia

Metode terbaik untuk membangun dan memotivasi tim adalah memimpin dengan memberi contoh. Sebagai seorang product manager, penting bagi saya untuk menunjukkan dedikasi dan keahlian saya dalam pekerjaan ini. Dengan begitu, tim saya akan termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya.

Bahasa Inggris

The best method for building and motivating a team is to lead by example. As a product manager, it is important for me to demonstrate my dedication and expertise in this job. That way, my team will be motivated to give their best in their work.

9. Apa keterampilan dari product manager yang sangat kamu kuasai? / “What product manager skills that you master?”

© Freepik.com

Perusahaan ingin tahu keterampilan yang kamu sangat kuasai ketika menjadi seorang product manager.

Dalam hal ini, kamu bisa menjawab salah satu keterampilan yang sudah kamu kuasai dan berada di luar kepala.

Sebagai contoh, kamu ahli dalam melakukan analisis pasar, membuat strategi, dan lain-lain.

Bahasa Indonesia

Beberapa kemampuan yang dapat membantu saya untuk sukses di posisi ini di antaranya seperti menganalisis pasar, berpikir strategis, dan public speaking yang baik.

Bahasa Inggris

Some of the skills that can help me succeed in this position include market analysis, strategic thinking, and good public speaking.

9. Apa aspek product management yang bukan favoritmu? / “What is your least favorite aspect of product management?”

© Pexels.com

Pertanyaan ini membuat perusahaan tahu apakah nilai yang kamu pegang sejalan dengan mereka atau tidak.

Pastikan kamu melakukan riset perusahaan supaya bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik.

Tidak hanya itu, hindari pernyataan klise seperti “saya menyukai setiap aspek dari pekerjaan ini.”

Bahasa Indonesia

Proses dokumentasi yang panjang adalah suatu hal yang saya pribadi coba untuk hindari. Saya menyadari bahwa dokumentasi merupakan aspek penting dalam manajemen produk dan butuh perhatian lebih. Namun, saya sangat menyukai bekerja dengan user dan developer sambil memenuhi deadline.

Bahasa Inggris

The long documentation process is something I personally try to avoid. I realize that documentation is an important aspect of product management and needs more attention. However, I really like working with users and developers while meeting deadlines.

10. Bagaimana kamu memonitor performa dan kesuksesanmu? / “How do you monitor your performance and success?”

© Pexels.com

Pertanyaan interview ini juga sering ditanyakan ketika kamu melamar sebagai product manager.

Mengutip Toptal, perusahaan ingin tahu apakah kamu memiliki KPI yang tepat untuk memahami posisi, perkembangan, progres, dan kesuksesanmu.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Sebagai seorang product manager, saya menggunakan KPI untuk mengukur performa dan kesuksesan produk. Beberapa KPI yang biasa saya gunakan di antaranya seperti revenue, NPS, funnel, on-time delivery, dan time to execute.

Bahasa Inggris

As a product manager, I use KPIs to measure performance and success. Some KPIs that I usually use include revenue, NPS, funnel, on-time delivery, and time to execute.

11. Berdasarkan metrik apa kamu mengukur kesuksesan produk? / “Based on what metrics would you measure a product’s success?”

© Pexels.com

Pertanyaan ini hampir serupa dengan contoh sebelumnya.

Namun, di sini perusahaan lebih menekankan pada aspek produk yang dikembangkan olehmu, bukan performa atau kesuksesanmu.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Saya mengukur kesuksesan produk berdasarkan 6 hal, yaitu; product awareness, product breadth, frequency of use, product depth, efisiensi, dan kepuasan konsumen.

Bahasa Inggris

I measure the product’s success based on 6 parameters; product awareness, product breadth, frequency of use, product depth, efficiency, and customer satisfaction.

12. Bagaimana kamu menentukan harga produk? / “How do you decide the price of a product?”

© Pexels.com

Kamu juga bisa mendapatkan pertanyaan ini ketika interview sebagai product manager.

Di sini, perusahaan ingin tahu apakah kamu bisa membuat strategi pricing yang efektif.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Untuk menentukan harga, saya akan meriset pasar dan target audiens. Kemudian, saya akan meriset struktur pricing dari kompetitor. Ada beberapa hal yang diriset di antaranya seperti biaya variabel, biaya tetap, dan profit margin.

Bahasa Inggris

To determine the price of product, I would assess the market and target audience. Then, I research the pricing structure of competitors. There are several things being researched including; variable cost, fixed cost, and profit margin.

13. Bagaimana kamu mengomunikasikan strategi pengembangan produk? / “How do you communicate the product development strategy?”

© Pexels.com

Dari pertanyaan ini, perusahaan bisa mengetahui bagaimana kemampuan komunikasimu dengan tim sebagai product manager.

Menurut Naukri, sebuah strategi pengembangan produk akan membahas permintaan pasar, situasi bisnis, kompetitor, hingga kapabilitas teknologi yang dimiliki.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Sebagai product manager, saya memastikan untuk mengomunikasikan beberapa hal berikut supaya strategi pengembangan produk bisa disampaikan secara efektif;

    pasar dan teknologi yang mengakomodasi konsumen

    rencana untuk memenuhi tujuan bisnis dan menghasilkan revenue

    faktor ekonomi yang memengaruhi budget konsumen

    perilaku konsumen

Bahasa Inggris

As a product manager, I make sure to communicate these things to make the product development strategy can be delivered effectively;

    market and technologies that accommodate costumers

    plan to meet business goals and generate revenue

    the economic factor that affects a customer’s budget

    customer behavior

14. Sebagai product manager, bagaimana kamu membuat komunikasi yang efektif dengan tim engineering? / “As a product manager, how do you make an effective communication with the engineering team?”

© Pexels.com

Pertanyaan interview ini juga umum ditanyakan ketika melamar sebagai product manager.

Karena, kamu akan sering berkomunikasi dengan tim engineering untuk memastikan pengembangan produk berjalan lancar.

Berikut adalah contoh jawabannya.

Bahasa Indonesia

Supaya komunikasi berjalan efektif, saya akan melakukan hal-hal berikut;

    membuat keputusan yang berdasarkan data untuk menghindari perbedaan pendapat mengenai produk

    mengomunikasikan tantangan yang dihadapi dan membiarkan tim engineering melakukan problem solving

    memastikan komunikasi berjalan secara rutin dan jelas dengan tim engineering

    membantu dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan produk sehingga tim engineering tidak merasa kewalahan

Bahasa Inggris

To make sure the communication can run effectively, I would do;

    make data-driven decision to avoid disagreement about the product

    communicate the challenges that I face and let the engineering team do the problem solving

    ensure regular and clear communication with the engineering team

    helping in solving the product-related issue to make sure the engineering team did not feel overwhelmed

Itu dia 14 pertanyaan interview yang sering kali ditanyakan dalam posisi product manager. Pelajari pertanyaan-pertanyaan di atas dengan baik supaya kamu lolos dalam proses interview.

Sudahkah kamu siap untuk melakukan interview sebagai product manager?

Nah, di Glints ada banyak sekali lowongan pekerjaan product manager dari berbagai perusahaan. Di sana, kamu bisa membuat akun untuk mulai melamar.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera buat akun profesionalmu di Glints dan dapatkan karier impianmu!

Sumber

    11 Revealing Product Manager Interview Questions

    7 Product Manager Interview Questions and Answers

    15 product manager interview questions to make hiring a breeze

    18 Essential Product Manager Interview Questions

    30+ Product Manager Interview Questions and Answers

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”