15 Tempat Wisata di Trawas Mojokerto Terbaru & Terhits Dikunjungi

ulinulin.com – Jawa Timur termasuk daerah yang memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Anda bisa menjadikan Mojokerto sebagai tujuan, terutama di kawasan Trawas. Ada banyak wisata alam yang siap membuat liburan anda tak terlupakan. Jika anda penasaran, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Trawas Mojokerto berikut.

Mojokerto sendiri berada 60 km dari Surabaya dan membutuhkan jarak 45 km jika dari Malang. Pemandangan yang dimiliki oleh Trawas sangat indah dengan udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih terjaga. Berada di lereng gunung Arjuno – Welirang, udaranya cenderung dingin. Anda bisa berkunjung dengan keluarga atau teman teman agar makin berkesan.

1. Poetoek Soeko

Pesona alam yang dimiliki Trawas menjadi daya tarik tersendiri, dan hal ini juga membuat wisatawan banyak yang singgah. Semakin bervariasi, anda bisa menjadikan Poetoek Soeko sebagai tujuan. Bisa dikatakan jika destinasi wisata terbaru Trawas yang sayang untuk dilewatkan. Daya tarik utamanya adalah kebun bunga matahari yang cocok untuk berfoto.

Kebun bunga matahari ini juga dikelilingi gunung Penanggungan dan Gunung Welirang yang megah. Sebenarnya anda tidak hanya bisa menemukan bunga matahari saja, ada banyak bunga warna warni yang mempercantik taman indah ini. Beberapa spot foto sengaja dihadirkan untuk tempat berpose. Selain berfoto anda juga bisa mencoba ATV ataupun berkuda.

2. Rustic Market Trawas

Tempat wisata di Mojokerto ini sangat cocok dikunjungi bersama rombongan, baik keluarga atau teman teman. Rustic Market Trawas sendiri adalah sebuah cafe estetik yang belakangan ini hits. Cafe ini memiliki suasana layaknya sedang ada di luar negeri. Karena mengusung gaya rustic ala Eropa yang terlihat dari desain bangunan hingga interiornya.

Dikelilingi dengan bentang alam yang menawan, menjadikan Rustic Market Trawas banyak dijadikan tempat nongkrong juga liburan. Pengunjung bisa mengambil foto foto cantik untuk diunggah di media sosial. Tidak ketinggalan, juga ada menu menu favorit yang bisa dicoba nantinya. Menunya kebanyakan western dengan harga yang masih terbilang ramah kantong.

3. Air Terjun Dlundung

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Trawas memiliki bentang alam yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menemukan air terjun kondang yakni Air Terjun Dlundung. Keberadaan wisata alam cantik ini bukanlah tempat baru, tetapi sudah ada sejak lama tetapi tetap kondang dan hits. Air yang jatuh dari ketinggian 50 meter ini terbilang jernih.

Arusnya terbilang aman dengan kolam alami yang terbentuk di bawahnya tidak terlalu dalam. Pengunjung tentu bisa mengambil foto sekaligus bermain air atau berenang. Suasananya yang asri membuat siapapun ingin berlama lama di kawasan air terjun menawan ini. Jika ingin lebih lama, pengunjung juga bisa menginap dengan berkemah.

4. The Soemo Hills

Objek wisata yang unik dan juga kekinian adalah The Soemo Hills. Menawarkan aktivitas glamping dengan pemandangan sekitar yang asri dan indah. Memadukan tempat menginap dan juga cafe, pengunjung juga masih bisa menemukan suasana alamnya yang kental. Berbagai fasilitas yang dihadirkan juga akan membuat anda nyaman.

Baru di buka di akhir bulan Agustus 2021 lalu, tempatnya terbilang luas. Anda bisa menemukan halaman luas dengan cafe juga penginapan. Spot spot instagramable juga banyak tersedia, anda yang doyan foto bisa sekalian berburu foto cantik. Tempat menginapnya berbentuk iglo yang juga cocok untuk mengambil foto kekinian.

5. Wisata Sawah Sumber Gempong

Singgah di Trawas, anda juga bisa melajukan kendaraan menuju Desa Ketapanrame. Yang membuat tempat wisata terbaru ini hits adalah pemandangan sawahnya yang terasering. Hamparan sawah hijau ini semakin cantik saat bersanding dengan megahnya Gunung Penanggungan. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan menyejukkan.

Tampak dari jauh anda juga akan menemukan mata air sumber gempong yang begitu bersih. Tersedia juga kolam renang serta wahana naik kuda untuk mengelilingi kawasan wisata ini. Tempat wisata di Trawas Mojokerto ini juga cocok untuk anda yang ingin berburu foto cantik. Akhir pekan dengan keluarga atau teman akan semakin berkesan.

6. Obech Rafting

Ingin melakukan aktivitas liburan yang beda dari yang lain? Rafting mungkin menjadi pilihan yang tepat. Di Trawas anda bisa menemukan Obech Rafting yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Wisata alam ini dipenuhi dengan pepohonan pinus yang memberikan kesan asri, Aktivitas outdoor banyak ditawarkan, cocok bagi yang gemar berpetualang,

Menyusuri sungai dengan rafting tidak hanya akan menjadi liburan yang tidak terlupakan. Tapi juga membangun chemistry antar teman atau keluarga. Sebab dibutuhkan kerjasama yang baik untuk membawa perahu karet tetap stabil. Pengunjung juga bisa kemah jika ingin menikmati suasana sejuk lebih lama.

7. Candi Jolotundo

Selain wisata alamnya, tempat ini juga ada yang berupa situs bersejarah. Seperti Candi Jolotundo yang selalu masuk dalam tempat indah yang tidak boleh diabaikan saat di Trawas. Candi cantik ini merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit, sampai saat ini masih menjadi tujuan favorit wisatawan.

Ketika akhir pekan tiba, pengunjungnya akan semakin ramai. Selain menikmati kemegahan candinya, pengunjung juga bisa bermain air atau mandi di perairannya. Konon katanya sumber mata air ini memiliki khasiat tertentu, tak heran jika banyak yang membawanya pulang. Ketika malam datang, juga ada yang melakukan tertentu di Candi Jolotundo ini.

8. Air Terjun Watu Ondo

Melanjutkan perjalanan liburan anda di Trawas, anda bisa menjadikan Air Terjun Watu Ondo sebagai tujuan. Wisata alam hits ini akan menyuguhkan air terjun tidak hanya satu. Ada dua air terjun dengan tinggi yang berbeda, tingginya 69 meter dan 15 meter. Karena kehadiran kedua air terjun indah ini, banyak yang menyebutnya sebagai air terjun kembar.

Air yang jatuh dari ketinggian ini tampak jernih dan segar, siapapun yang datang tentu tak sabar untuk bermain di kolam alaminya. Selain menikmati suasana asri dan pemandangan indah, pengunjung juga bisa berburu foto menawan. Salah satu spot andalannya adalah latar belakang air terjun dengan tanaman yang dibentuk lambang hati yang menawan.

9. PPLH Seloliman Trawas

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman Trawas juga menjadi tempat wisata yang menarik. Tempat penelitian di bidang LH ini menawarkan wisata edukasi yang cocok dikunjungi dengan keluarga. Anda bisa mencoba outbound, menemukan area bermain, taman interaktif sampai dengan perpustakaan. Fasilitas yang dimilikinya juga begitu lengkap.

10. Jungle Camp Café

Selain mengunjungi tempat wisata, di Trawas anda juga bisa menemukan cafe kekinian. Seperti Jungle Camp Cafe yang belakangan diserbu oleh milenial. Yang membuatnya unik adalah spot mirip iglo yang dibuat transparan. Pemandangan sekitarnya sangat cantik, terutama ketika matahari mulai tenggelam membuatnya semakin estetik dan terlihat menarik.

11. Fresh Green Trawas

Apakah anda termasuk pecinta buah durian? Jika iya maka jangan sampai melewatkan Fresh Green Trawas. Wisata agrowisata hits ini memiliki kebun durian yang luas dan juga dikenal dengan wisata Mendem Duren. Pengunjung bisa menikmati lezatnya buah durian yang baru dipetik dari kebun. Dengan suasana yang asri dan udara yang sejuk anda pasti tidak ingin melewatkannya.

Tidak hanya bisa menikmati durian, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya. Seperti flying fox yang akan mengajak anda meluncur dari ketinggian. Dari atas tentu kebun durian ini akan memberikan pemandangan yang berbeda. Selain buah duriannya langsung, anda juga bisa berbelanja olahan durian lainnya.

12. Gunung Penanggungan

Ingin mendaki gunung? Tenang saja tempat ini juga memiliki gunung yang bisa anda daki. Gunung Penanggungan adalah alternatif yang menarik. Memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl, anda membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk sampai di atas puncak. Tentu saja perjuangan anda akan setara dengan pesona yang dimilikinya.

Pemandangan dari atas akan membuat siapapun betah berlama lama. Masuk menjadi situs cagar budaya, anda memang tidak akan disuguhkan dengan pesona alam saja. tetapi selama perjalanan menuju puncak, anda juga akan menemukan situs purbakala peninggalan Hindu Budha. Hal ini semakin menambah keunikan yang dimiliki Gunung Penanggungan.

13. Duyung Trawas Hill

Perjalanan anda menjelajah Trawas masih belum akan berakhir. Anda tidak bisa melewatkan Duyung Trawas Hill yang termasuk wisata hits. Karena wisata indah ini menawarkan pemandangan yang indah sekaligus berbagai aktivitas yang menyenangkan. Alam pegunungan yang mengelilinginya memberikan suasana yang asri.

Pengunjung bisa berenang di area waterboomnya, kemudian juga bisa mencoba kegiatan outbondnya. Sangat cocok untuk dikunjungi dengan keluarga, karena permainannya disediakan untuk semua kalangan. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai spot untuk berswafoto. Destinasi wisata ini sayang untuk dilewatkan.

14. Paralayang Wisata Trawas

Selain bisa mencoba rafting, anda juga bisa menantang adrenalin dengan mencoba aktivitas Paralayang. Walaupun masih belum banyak yang melirik, tetapi Pemerintah Provinsi Jatim terus mengembangkannya. Tujuannya agar bisa menjadi wisata aero sport yang menjadi favorit masyarakat ataupun wisatawan.

Tidak hanya bisa menikmati wisata dari ketinggian, wahana wisata terbaru ini juga disandingkan dengan paket petik sayur. Kegiatan ini tentu akan semakin seru, apalagi jika anda mengajak buah hati. Pemandangan sekitarnya juga cocok untuk dijadikan background mengambil foto kekinian.

15. Bukit Watu Jengger

Agar perjalanan liburan anda semakin lengkap, maka anda jangan sampai melewatkan tempat wisata di Trawas berikut. Bukit Watu Jengger menawarkan pemandangan dari atas ketinggian yang luar biasa. Bisa menjadi alternatif untuk anda yang merasa jika Gunung Penanggungan terlalu tinggi bagi pemula.

Ketinggiannya sekitar 1100 mdpl dengan medan yang tidak terlalu curam sehingga cocok bagi pemula. Untuk sampai puncaknya membutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Pepohonan di sepanjang jalur begitu lebat, memberikan suasana yang asri. Semua lelah anda akan terbayar begitu kaki anda menginjakkan di bagian puncak.

Deretan wisata yang telah disebutkan bisa anda jadikan sebagai referensi saat anda sedang ada di Trawas. Masing masingnya akan menawarkan aktivitas dan pemandangan yang berbeda. Pastikan anda menggali informasi lebih lanjut jika anda berencana untuk datang. Terutama bagi anda yang berasal dari luar kota, akomodasi dan persiapan lainnya harus matang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”