15 Universitas Negeri Maupun Swasta di Banjarmasin Yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Menimba Ilmu

ulinulin.com – Banjarmasin adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan Selatan. Tidak hanya menjadi ibukota saja, Banjarmasin juga merupakan kota yang paling padat di provinsi ini.

Oleh karena itu, tidak heran apabila Kota Banjarmasin cukup maju dari segi infrastruktur, terlebih fasilitas pendidikannya jika dibandingkan dengan kota lain.

Jumlah universitas di kota ini pun juga cukup banyak. Nah, penasaran apa saja universitas di Banjarmasin yang bisa kamu jadikan tempat untuk menimba ilmu? Berikut ini merupakan daftarnya!

1. Universitas Islam Negeri Pangeran Antasari

Akreditasi: BAlamat: Jalan A. Yani No. Km.4,5, RW.5, Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3252829Website: www.uin-antasari.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 2.500.000 per semester

Universitas Islam Negeri Pangeran Antasari adalah salah satu kampus Islam negeri yang ada di Banjarmasin. Kampus ini telah dibangun sejak 20 November 1964 dan dulu dikenal dengan nama IAIN Antasari.

Sejak tahun 2017, namanya berubah menjadi Universitas Islam Negeri Pangeran Antasari. Tentunya, kampus ini menanamkan nilai-nilai serta ajaran Islam pada semua mahasiswanya.

Jadi, tidak heran apabila fakultas dan jurusan di kampus ini berhubungan erat dengan agama Islam. Beberapa fakultas di kampus ini meliputi tarbiyah dan ilmu keguruan, syariah, ushuluddin dan humaniora, dakwah dan komunikasi, serta ekonomi dan bisnis Islam.

Tidak hanya bisa menempuh studi sarjana saja, kamu juga bisa kok ambil gelar pascasarjana di kampus ini. Beberapa jurusan yang tersedia antara lain ilmu agama Islam, ilmu hukum, ekonomi syariah, sastra Arab, serta keguruan dan pendidikan.

2. Universitas Lambung Mangkurat

Akreditasi: AAlamat: Jl. Brigjen Jl. Brigjend Hasan Basri, Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3306671Website: www.ulm.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 6.000.000 per semester

Universitas Lambung Mangkurat adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Usia kampus ini sudah cukup tua karena telah berdiri sejak tanggal 21 September 1958. Meski begitu, kampus ini baru diresmikan sejak tanggal 1 November 1960.

Ada banyak fakultas di kampus ini yang meliputi hukum, ilmu sosial dan ilmu politik, kedokteran, keguruan dan ilmu pendidikan, kehutanan, perikanan dan kelautan, pertanian, teknik, matematika dan ilmu pengetahuan alam, kedokteran gigi, serta ekonomi dan bisnis.

Selain program sarjana, kamu juga bisa kok ambil studi pascasarjana di kampus ini. Beberapa jurusan yang tersedia antara lain ilmu hukum, teknik sipil, teknik kimia, ilmu ekonomi, keguruan dan pendidikan, administrasi negara, dan sebagainya.

3. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Akreditasi: BAlamat: Jl. Adhyaksa, Jl. Kayu Tangi 1 Jalur 2 No. 2, Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3304352Website: www.uniska-bjm.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 1.300.000 per semester

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari adalah perguruan tinggi swasta yang paling tua dan besar di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi teknologi informasi, teknik, keguruan dan ilmu pendidikan, ekonomi, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian, studi Islam, kesehatan masyarakat, serta hukum.

4. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Akreditasi: Baik SekaliAlamat: Jalan S. Parman. Kompleks RS Islam, Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3363002Website: https://umbjm.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 1.100.000 per semester

Universitas Muhammadiyah adalah sebuah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia. Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan juga punya lho!

Kampus ini memiliki banyak fakultas yang meliputi keperawatan dan ilmu kesehatan, farmasi, teknik, keguruan dan ilmu pendidikan, psikologi, serta agama Islam.

Selain S1, Universitas Muhammadiyah juga menawarkan program D3 dan S2 untuk beberapa jurusan. Beberapa jurusan D3 antara lain farmasi, kebidanan, serta keperawatan.

Sementara itu, jurusan untuk program pascasarjana atau S2 yang tersedia adalah magister ilmu keperawatan.

5. Universitas Achmad Yani

Akreditasi: BAlamat: Jl. Jend. Achmad Yani Km. 5,5, Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3253850Website: http://uvayabjm.ac.id/

Sesuai dengan namanya, Universitas Achmad Yani merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Jalan Achmad Yani.

Usia kampus ini sudah tua lho karena telah berdiri sejak tanggal 1 Mei 1983 di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Fakultas yang tersedia pun cukup banyak.

Beberapa fakultas yang tersedia di kampus ini antara lain pertanian, ekonomi, keguruan dan ilmu pendidikan, ilmu administrasi, hukum, serta teknik.

6. Politeknik Negeri Banjarmasin

Akreditasi: BAlamat: Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3305052Website: https://poliban.ac.id/

Politeknik Negeri Banjarmasin atau yang biasa disingkat sebagai POLIBAN adalah sebuah politeknik di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Dulunya, kampus ini merupakan bagian dari Universitas Lambung Mangkurat dan baru berpisah sejak tanggal 28 April 1997. Ada jurusan D3 dan D4 yang bisa kamu ambil di kampus ini.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, akuntansi, serta administrasi bisnis.

7. Politeknik Hasnur

Akreditasi: CAlamat: Ray V, Jl. Brigjen H. hasan Basri, Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: 0851-0015-6666Website: https://polihasnur.ac.id/

Ada lagi nih, salah satu politeknik di kota ini yang bisa kamu jadikan tempat untuk menimba ilmu yaitu Politeknik Hasnur. Sesuai dengan namanya, kampus ini berada di bawah naungan Yayasan Hasnur Center.

Sama seperti politeknik lainnya, kampus ini menawarkan program studi vokasi yaitu jenjang D3. Beberapa program studi yang ditawarkan di kampus ini antara lain teknik otomotif, teknik informatika, serta budidaya tanaman perkebunan.

8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banjarmasin

Akreditasi: BAlamat: Jl. Brigjend Hasan Basri No. 9 – 11, Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3304652Biaya Kuliah Mulai: Rp. 3.500.000 per semester

Buat kalian yang ingin memperdalam ilmu di bidang ekonomi, tempat ini bisa menjadi pilihan yang bagus lho. Sebab, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini disebabkan karena Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banjarmasin merupakan salah satu STIE yang meraih akreditasi B. Pilihan jurusan yang tersedia adalah akuntansi dan manajemen.

9. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia

Akreditasi: CAlamat: Komplek Waringin Jl. Ahmad Yani Km. 5,5 Kuripan, Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: 0821-4977-9990Website: https://www.stiepancasetia.ac.id/

Ada lagi nih, salah satu institusi yang bisa kamu jadikan tempat belajar jika ingin memperdalam ilmu ekonomi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia.

Perguruan tinggi swasta ini sudah berdiri sejak tahun 1992. Kamu bisa ambil program studi akuntansi (S1) dan manajemen (S1 dan S2).

10. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan

Akreditasi: BAlamat: Jl. Zafri Zam Zam No. 8, Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3361654Website: http://stikessuakainsan.ac.id/profil/

Sesuai dengan namanya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan adalah salah satu institusi yang bisa kamu jadikan tempat untuk memperdalam ilmu kesehatan.

Ada beberapa program studi yang bisa kamu ambil di kampus ini yaitu profesi ners, sarjana ilmu keperawatan, sarjana fisioterapi, serta diploma 3 ilmu keperawatan.

11. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin

Akreditasi: BAlamat: Komp. H Iyus, No. 18, Jl. Sultan Adam No. 23, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniWebsite: https://www.stkipbjm.ac.id/

Nah, kalo institusi yang satu ini merupakan pilihan terbaik buat kamu yang ingin menekuni bidang pendidikan atau menjadi guru.

Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Banjarmasin telah berdiri sejak tanggal 25 November 1985 dengan beberapa program studi yang meliputi pendidikan biologi, matematika, bahasa dan sastra Indonesia, Bahasa Inggris, seni tari, teknologi informasi, serta guru sekolah dasar.

12. STMIK Indonesia Banjarmasin

Akreditasi: CAlamat: Jl. Pangeran Hidayatullah, Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 4315530Website: https://stmik.id/

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Banjarmasin adalah salah satu kampus yang bisa kamu jadikan tempat untuk memperdalam ilmu komputer.

Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1992, namun pada saat itu dikenal dengan nama AMIK Banjarmasin. Barulah sejak tahun 2004, kampus ini berubah status dan nama menjadi sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer.

Ada beberapa program studi yang bisa kamu ambil di kampus ini yaitu manajemen informatika, komputer akuntansi, sistem informasi, dan teknik informatika.

13. Universitas Sari Mulia

Akreditasi: BaikAlamat: Jl. Pramuka No. 2, Pemurus Luar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3268105Website: https://unism.ac.id/

Ada lagi nih, salah satu universitas swasta yang bisa kamu jadikan tempat menuntut ilmu di kota ini yaitu Universitas Sari Mulia.

Kampus ini memiliki tiga fakultas yang meliputi kesehatan (farmasi, kebidanan, keperawatan, dan promosi kesehatan), humaniora (hukum, manajemen, akuntansi, dan pendidikan Bahasa Inggris), serta sains dan teknologi (sistem informasi, teknologi informasi, dan teknik industri).

14. Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis

Alamat: Jl. D. I. Panjaitan No. 11, Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 3360334Website: https://stt-gke.ac.id/

Buat kamu yang ingin menekuni bidang teologi, kampus ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Ada program studi S1 dan S2 lho yang bisa kamu ambil di kampus yang telah berdiri sejak tahun 2004 ini lho.

15. Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin

Akreditasi: CAlamat: Jl. Mayjen Sutoyo S No. 126, Tlk. Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan SelatanMap: Klik DisiniNo. Telp: (0511) 4415381Website: https://akparnas.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 2.500.000 per semester

Buat kamu yang berniat untuk memperdalam ilmu di bidang pariwisata, kampus ini merupakan tempat yang tepat lho. Kampus ini sudah berdiri sejak tanggal 7 Mei 2003 dan kamu bisa mengambil jurusan perhotelan dan pariwisata di sini.

Demikianlah beberapa universitas di Banjarmasin yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Buat kamu yang butuh informasi lebih lanjut, silahkan langsung hubungi pihak yang bersangkutan ya!