16 Bahan Alami untuk Mendapatkan Rambut Tebal

ulinulin.com – Jakarta Rambut adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia. Karena rambut adalah cerminan kepribadian seseorang, kebanyakan wanita mengalami Stress ketika mereka memiliki rambut yang rusak. Tekstur rambut tergantung pada berbagai faktor seperti genetika, iklim, lingkungan, makanan dan obat-obatan. Rambut rontok adalah salah satu masalah utama yang dihadapi wanita saat ini. Rambut yang tipis dapat mempengaruhi gaya kamu.

Memiliki rambut tebal masih menjadi idaman semua orang, terutama perempuan. Berbagai cara dilakukan mulai dengan cara menggunakan bahan alami atau tradisional sampai perawatan rambut ke salon dengan harga yang tidak sedikit.

Dilansir dari lordhair.com, ada banyak cara untuk menebalkan rambut tetapi menggunakan bahan alami di rumah adalah salah satu cara termudah untuk mencegah rambut rontok serta dapat membantu untuk menumbuhkan kembali rambut kamu dan membuat rambut tebal, halus, dan berkilau.

Bahan Alami untuk Menebalkan Rambut

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dianggap sebagai salah satu bahan alami rumahan yang paling terkenal untuk merawat rambut tipis. Minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan rambut dan juga mengkondisikan rambut Anda serta mengatasi kulit kepala kering karena ketombe, yang juga merupakan penyebab utama kerontokan rambut. Menggunakan minyak kelapa secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

2. Aloe Vera

Aloe Vera dikenal dengan manfaatnya yang dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut. Kandungan dalam aloe vera dapat digunakan untuk memperkuat rambut dan membuat kulit kepala lebih sehat. Dengan memakai aloe vera, kamu bisa mendapatkan rambut yang halus, berkilau dan tebal.

3. Telur

Telur dapat membuat rambut berkilau dan memicu pertumbuhan rambut. Kuning telur yang tersuspensi dalam putih telur terdiri dari nutrisi dan protein seperti biotin, foliate, vitamin A dan vitamin D. Mengoleskan kuning telur pada kulit kepala akan menyehatkan akar rambut, membuat rambut lebih kuat. Gunakan telur mentah sebagai masker rambut selama dua kali sebulan agar dapat membuat rambut tebal dan halus

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun membantu membuat akar dan ujung rambut kuat serta menghilangkan masalah ketombe, yang merupakan salah satu alasan utama di balik rambut rontok. Zaitun juga bisa langsung dioleskan di area kulit kepala yang kering. Pijat lembut kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel untuk menumbuhkan rambut yang lebih tebal.

5. Pola makan dan tidur yang sehat

Kebiasaan makan, minum, dan tidur kita memiliki dampak besar pada kesehatan rambut dan pertumbuhan rambut. Makan sayuran segar, buah-buahan, daging tanpa lemak, dan produk kaya protein membantu membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

6. Gooseberry India

Gooseberry adalah bahan alami yang penting untuk penebalan rambut. Secara tradisional, gooseberry digunakan oleh wanita untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengurangi rambut rontok dan uban.

7. Fish oil atau minyak ikan

Minyak ikan membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dari dalam dengan meningkatkan kekuatan secara alami. Minyak ikan kaya akan nutrisi dan protein yang membantu membuat rambut lebih kuat dan berkilau. Minta dokter untuk menambahkan kapsul minyak ikan ke suplemen dan ikuti dosis yang direkomendasikan oleh mereka

8. Cuka apel

Sangat sedikit orang yang tahu bahwa cuka adalah obat rumah yang luar biasa untuk membersihkan kulit kepala dan rambut secara alami. Menggunakan cuka apel akan membuat rambut lebih kuat, lebih berkilau, dan lebih tebal. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Alpukat

Menggunakan alpukat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih tebal. Kaya akan kandungan lemak, antioksidan, mineral dan sifat anti-inflamasi, alpukat dapat melembabkan, memperbaiki dan memperkuat rambut.

10. Lemon

Lemon sangat populer digunakan untuk menghindari rambut rontok dan membuat rambut lebih tebal. Kaya akan vitamin C, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Rambut beruban juga dapat dicegah dengan lemon.

11. Pumpkin seed oil

Pumpkin seed oil bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan ketebalan rambut. Mengandung asam sehat, antioksidan, vitamin dan lemak amino yang membantu menjaga struktur sel normal dan mempertahankan kelembapan di kulit kepala serta rambut. Minyak menahan produksi DHT, testosteron, dan kadar androgen yang membantu mengendalikan kerontokan rambut. Pumpkin seed oil dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk suplemen.

12. Teh hijau

Minum teh hijau setiap hari tidak hanya meningkatkan kesehatan Anda tetapi juga menghentikan kerontokan rambut sampai batas tertentu. Kaya akan catechins, membantu menghilangkan masalah DHT atau dihidrotestosteron yang merupakan penyebab utama kerontokan rambut. Kulit kepala gatal dan ketombe adalah salah satunya penyebab rambut rontok. Sifat anti-inflamasi teh hijau membantu menghilangkan masalah ini.

13. Madu

Madu bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut, dengan kandungan antioksidan yang kaya bisa mencegah kerusakan rambut dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Madu juga mampu melembutkan dan merawat rambut.

14. Jus bawang bombay

Jus bawang bombay digunakan untuk mengembalikan kilau dan kilau rambut di seluruh dunia. Terlepas dari baunya yang kuat, bahan ini dapat digunakan untuk mencegah rambut beruban dini dan menghilangkan masalah ketombe. Dengan kandungan belerangnya yang kaya, dapat membantu menutrisi folikel rambut yang penting untuk regenerasi rambut.

15. Jahe

Jahe jelas merupakan salah satu bahan alami rumahan terbaik untuk pertumbuhan rambut. ahe juga mengandung asam lemak yang diketahui bermanfaat untuk rambut tipis. Buat masker jahe dengan menggiling akar jahe dalam mangkuk kecil dan menambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Gunakan masker ini empat kali sebulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Kopi

Menggunakan kopi pada rambut dan kulit kepala dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika kamu memiliki rambut kusam, rapuh, atau kering, membilas rambut dengan campuran kopi dingin akan membantu karena mengandung flavonoid (antioksidan) yang merangsang pembentukan rambut.

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen