16 Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Anda Bawa Pulang

ulinulin.com – Liburan terasa tidak lengkap tanpa membawa pulang Oleh-Oleh Khas Solo, Jawa Tengah yang kekinian.

Solo menjadi kota besar yang juga populer setelah Jogjakarta dan juga Semarang. Beberapa destinasi seperti keraton dan tempat yang lainnya selalu mengundang untuk dijelajah. Namun ketika mengunjungi sebuah kota tidak lengkap rasanya jika pulang tak membawa buah tangan. Di Solo selain membawa makanan, kamu juga bisa membawa barang lain yang akan membuat kerabat kamu senang. Yuk simak oleh oleh khas Solo yang harus kamu bawa pulang berikut.

1. Kue Mandarijn Solo

Jika kamu ingin membawa makanan berupa roti, maka roti Mandarijn ini bisa menjadi pilihan. Bukan hanya rasanya yang khas, namun juga legendaris karena telah ada sejak tahun 1930. Tak hanya memiliki satu rasa, kini Kue Mandarijn ini juga hadir dengan beberapa varian. Setiap rasa memiliki harga yang berbeda, serta makanan ini bisa tahan hingga 1 minggu. Apabila tertarik kamu bisa langsung ke Toko Orion di Solo.

2. Brem Khas Solo

Makanan tradisional ini juga bisa kamu jadikan buah tangan ketika kamu mengunjungi kota Surakarta. Brem ini sangat unik dan berbeda dengan brem yang kamu temui terutama soal rasa yang terbilang menjadi brem yang paling enak. Brem ini berbentuk bulat dan padat dengan warna putih. Kamu bisa menemukan brem ini di beberapa toko oleh oleh, atau kamu juga bisa mengunjungi Pasar Gede yang juga menjual panganan satu ini.

3. Solo Pluffy

Kue artis kini memang marak dan di Solo juga ada salah satu kue artis yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Kue miliki dari Jesicca Mila ini memiliki tekstur yang lembut ketika masuk ke dalam mulut. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kue ini juga terbilang tahan lama apalagi jika disimpan di lemari pendingin. Kamu bisa langsung ke gerainya di Jl. Ronggowarsito atau ke mall terdekat untuk mendapatkannya.

4. Serbat Jahe

Minuman yang bisa menghangatkan tubuh ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh. Minuman yang dibuat dari rempah rempah dan jahe pilihan ini dikemas menjadi bulatan bulatan yang lucu. Saking terkenalnya, minuman ini juga bisa kamu jumpai di beberapa pasar di beberapa kota di Indonesia lho. Kamu juga bisa dengan mendapatkannya di beberapa tempat oleh oleh di daerah pasar klewer, PGS atau di pasar Gede.

5. Baju Batik Khas Solo

Tak hanya Jogja yang punya batik, Solo juga punya batik yang bisa kamu jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Batik khas Solo memiliki banyak motif salah satunya Kawung. Kamu juga bisa mendapatkan di beberapa tempat seperti yang merk terkenal layaknya Dhanar Hadi atau berburu di pasar klewer maupun PGS. Tentunya kamu harus memilih sesuai dengan budget yang kamu miliki.

6. Roti Ganep Solo

Roti Ganep sendiri merupakan nama salah satu toko oleh oleh di Solo yang memang selalu dituju. Toko ini memiliki produk yang membuatnya melejit yakni roti kecik atau roti kering yang ukurannya sebesar jari dan bentuknya lonjong. Roti ini dibuat tanpa pengawet dan bisa dikatakan sebagai roti yang rendah kolesterol. Kamu bisa langsung mengunjungi Jl. Sutan Syahrir No. 176 Tambaksegaran.

7. Abon Mesran Solo

Kalau oleh oleh satu ini sangat cocok untuk teman makan bersama nasi hangat yang pulen. Abon Mesran Solo tersedia dari daging ayam dan juga sapi yang memiliki rasa manis dan juga pedas. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera kamu. Untuk harganya dibandrol mulai dari Rp. 35 ribuan tergantung jenis dagingnya. Kamu juga bisa mendapatkan di beberapa tempat oleh oleh di kota Solo.

8. intip Solo

Intip Solo juga menjadi camilan yang tak boleh dilewatkan untuk oleh oleh. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan camilan berbentuk bulat lebar ini. Karena banyak sekali penjual intip solo dengan berbagai tempat seperti pasar Singosaren hingga Pasar klewer. Harganyapun cukup murah yakni mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp.20 ribu satu plastiknya. Pastikan kamu menyimpannya dengan baik karena Intip mudah untuk remuk.

9. Solo Prabu

Solo Prabu merupakan pastri yang memiliki varian rasa dan dinamakan dengan tokoh pewayangan tepatnya Pandawa lima. Oleh oleh kekinian ini merupakan pastri dengan krim dan aneka topping yang menggoda. Harganya yang terjangkau akan membuat kamu bisa membeli banyak. Jika penasaran kamu bisa kepoin media sosialnya untuk mengintip varian rasa dan harganya.

10. Serabi Solo

Jajanan tradional ini memang sangat populer untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Hanya saja makanan ini tak mempunyai daya tahan yang lama sehingga tak disarankan untuk kamu yang tujuannya cukup jauh. Serabi Solo ini bisa kamu dapatkan di Jl. M Yamin di mana Notosuman menjadi merk yang paling populer untuk serabi ini. Toppingnya kini juga bervariasi dan bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

11. Barang Antik

Apabila keluargamu merupakan orang yang menyukai barang antik kamu bisa mengunjungi pasar Triwindu. Ada banyak sekali barang antuk mulai dari keris, koin, gelas hingga pajangan pajangan antik. Dengan memberikan oleh oleh ini tentunya akan lain daripada yang lain. Bukan hanya itu saja, barangnya juga bisa dipajang dan berumur lama. Apalagi barang antik identik dengan bentuknya yang estetik dan unik.

12. Souvenir

Gantungan kunci atau pernak pernik yang penuh dengan tulisan Solo juga bisa kamu buru dan jadikan oleh oleh. Apalagi jika jumlah sahabat atau kerabat begitu banyak kamu bisa berburu souvenir yang murah. Salah satu tempat yang bisa kamu jadikan destinasi belanja adalah pasar Ngarsopuro. Biasanya souvenir ini dijual di pasar malamnya yang menjual berbagai macam barang. Atau kamu juga bisa ke Javenir yang sangat populer dan menyediakan souvenir yang lengkap.

13. Ampyang

Ampyang merupakan makanan manis yang biasanya dikenal dengan nama Gula Kacang. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh karena bisa dikonsumsi kapan saja. Di Solo jajanan ini menjadi jajanan khas yang tak bisa kamu lewatkan begitu saja. Apalagi harganya juga murah meriah yakni mulai dari Rp. 4 ribu hingga Rp. 15 ribu tergantung ukuran. Kamu bisa membelinya di pasar Gede maupun di daerah Pasar Klewer.

14. Klengkam Solo

Klengkam merupakan teman makan yang sangat nikmat yang terbuat dari kentang kering dengan bumbu rempah yang enak. Di kota Solo makanan ini sangat mudah untuk dijumpai dan setiap toko oleh oleh akan menyediakannya. Apalagi di beberapa pusat oleh oleh seperti pasar Klewer, Pasar Gede atau PGS hingga BTC. Sehingga tak perlu khawatir menemukan makanan yang biasanya ada pada soto ini.

15. Srundeng

Selain Klengkam, Serundeng juga bisa kamu jadikan oleh oleh ketika mengunjungi kota Solo. Serundeng di kota Solo tak hanya terbuat dari kelapa parut saja melainkan juga ada yang terbuat dari daging sapi. Bentuknya memang mirip dengan abon namun serundeng lebih gurih. Kamu bisa membelinya di Sentra Oleh Oleh Mesran yang berada di Ganderkan Kiwo. Kamu juga bisa menemukan kripik paru atau usus goreng yang tak kalah menarik untuk jadi oleh oleh.

16. Bakpia Balong

Menikmati bakpia tak hanya harus datang ke Jogja, Solo juga miliki bakpia yang tak kalah unik untuk jadikan oleh oleh. Bakpia balong memiliki varian rasa yang lebih tradisional sepoerti kacang hitam, ketan atau rasa paling umum cokelat. Bakpia ini ukuran juga lebih besar jika dibandingkan dengan bakpia Joogja. Teksturnya juga jauh lebih lembut yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di pusat oleh oleh seperti Pasar Gede misalnya.

Untuk mendapatkan oleh oleh khas dari Solo kamu tidak perlu bingung. Ada beberapa pusat oleh oleh yang mudah untuk di jangkau seperti Pasar Gede, Toko Orion, Mesran, Pasar Klewer dan juga PGS. Berbelanja di pasar kamu bisa mengetes kemampuan menawarmu untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk kue kekinian kamu juga bisa mendapatkannya di mall mall yang ada di Kota Solo dengan sangat mudah dan harga yang beragam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”