16 Rumah Makan Sunda di Bandung yang Paling Recommended

ulinulin.com – Ketika sudah penat dengan rutinitas yang ada, tempat yang memberikan suasana relaksasi akan sangat dibutuhkan. Apalagi jika dipadukan dengan menikmati kudapan yang bercita rasa lezat. Ketika mengunjungi Bandung, anda akan mudah untuk menemukan tempat yang asri dengan makanan yang endeus. Menu yang ditawarkan kebanyakan adalah menu Sunda yang kaya akan rasa. Nah, berikut rumah makan sunda di Bandung yang memberikan nuansa asri untuk refrensi anda.

1.Rumah Makan Imah Seniman

Tak hanya menyajikan makanan khas Sunda yang menggoda selera, Imah Seniman juga menawarkan nuansa yang membuat anda betah. Selain terkenal dengan resotnya, Imah Seniman juga memiliki restauran yang harus anda coba. Suasana pedesaan akan langsung menyapa anda begitu menginjakkan kaki di Imah Seniman. Untuk menunya anda bisa menikmai nasi timbel untuk dimakan bersama. Letak rumah makan ini di Jl. Kolonel Matsuri No 8 Cikahuripan, Lembang.

2. The Bale Restaurant, The Lodge

Untuk rumah makan satu ini selain menawarkan menu khas Sunda, anda juga menyantap makanan sehat karena semua bahannya adalah organik. Karena sayurnya dipetik langsung di kebun yang mereka kelola begitu juga dengan ayam kampungnya. Menu unggulan yang bisa anda coba yaitu Nasi Goreng Kecombrang atau Mulberry Beef Steak. Selain menu nuansa pedesaannya juga khas dan membuat anda ingin tinggal lebih lama. Tempat ini terletak di Jl. Maribaya Timur, Cibodas Lembang.

3. Oemah Andrawina

Rumah makan Sunda selanjutnya yang bisa anda jajal adalah Oemah Andrawina. Nuansa yang akan dimanjakan dengan dekor adat Jogja yang khas. Untuk menunya anda bisa memilih banyak menu khas masakan Sunda yang pastinya enak. Menariknya anda juga bisa menyewa baju adat jawa untuk digunakan berfoto. Nuansa antik dan kuno pasti akan langsung menyapa ketika anda berkunjung ke Oemah Andrawina di Cihanjuang Rahayu ini.

4. Sapulidi Cafe

Makan siang di tengah sawah tak hanya akan membuat nafsu makan meningkat namun juga menyejukkan mata. Untuk mendapatkan nuansa tersebut anda bisa mendatangi Sapulidi Cafe Resort and Gallery. Anda bisa menikmati makanan di saung saung yang tersedia dengan lesehan. Menu makanannya sangat beragam mulai dari Hayam Kahaseupan hingga Nasi timbel. Sapulidi Cafe berada di Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri Lembang.

5. Purbasari, Dusun Bambu

Dusun Bambu terkenal sebagai objek wisata yang tak bisa dilewatkan begitu saja ketika liburan tiba. Namun tempat ini juga memiliki restoran yang bernama Purbasari yang menyajikan sensasi bersantap di tepi danau. Rumah kayu berjejer rapi yang membuatnya semakin cantik. Rumah makan ini menyajikan menu yang beragam mulai dari aneka pepes, nasi liwet hingga aneka lauk yang menggoda.

6. Saung Gawir

Tempat makan yang direkomdasikan berikutnya yakni Saung Gawir, karena selain bisa menikmati makanan lezat anda juga bisa berkebun. Makan di saung yang langsung menghadap kebun akan membuat anda semakin merasa nyaman. Makanan yang bisa dipilih merupakan makanan tradisional seperti nasi liwet dengan lauk pauk seperti karedok, ayam bakar dll yang bisa disantap hingga 5 orang. Setelah itu anda bisa memetik stroberi atau sayuran sendiri.

7. Maka Gallery café

Nuansa antik akan sangat terasa ketika makan di Maka gallery cafe. Sehingga selain untuk makan banyak yang mengabadikan momen di cafe ini. Pemandangan kota Bandung akan terpahat sempurna di rumah makan sunda yang satu ini. Selain menyajikan pemandangan dan desain yang epik anda juga bisa menikmati banyak menu makanan. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan westren seperti pizza. Maka Gallery terletak di Jl. Dago Giri No.168 Mekarwangi.

8. Sangkuriang Resto

Sangkuriang Resto berada dekat dengan rumah Mode sehingga bisa jadi pilihan setelah anda berbelanja. Tak hanya menyediakan saung anda juga bisa duduk pada kursi pada umumnya. Sangkuriang Resto ini banyak menyediakan menu ikan dan memang paling direkomendasikan. Ikan Nila bakar dan Sup Ikan Gurame sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya tempatnya yang bagus, tempat ini berada di Jl. Karsangsari No, 5 Pasteur, Bandung.

9. Sindang Reret

Mengunjungi rumah makan ini akan semakin menyenangkan dengan mengajak banyak orang. Karena selain menjadi tempat makan, Sindang Reret juga bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Tempat makannya bisa berupa saung atau perahu yang langsung ke kolam ikan. Menunya sangat beragam membuat berkumpul bersama keluarga menjadi lebih berkesan. Jangan lupakan tempat ini juga menyediakan flying fox dan juga outbond.

10. Saung Si Bungsu

Menikmati makan di tengah bunga bunga, bisa anda rasakan di rumah makan sunda di Bandung satu ini. Memang tempatnya tidak luas namun tetap nyaman dan harus anda singgahi. Menu yang ditawarkan memang khas Sunda yang membuat anda seperti di rumah. Menu seperti Nasi Tutug oncom hingga jengkol goreng bisa dinikmati di Saung Si bungsu yang berada di Jl. Sersan Bnajuri No. 102 Cihideung ini. Tempat nyaman ini pasti akan membuat makan anda semakin berkesan.

11. Kampung Daun

Jika mencari tempat makan dengan nuansa yang asri maka Kampung Daun tak bisa disingkarkan begitu saja. Bangunannya didominasi dengan bangunan bambu yang nyaman. Dengan menempati saung pribadi anda bisa makan dengan tenang ditemani gemericik air. Penganan khas Sunda menjadi yang paling favorit selain tempatnya yang memang nyaman. Ada bisa langsung menuju ke Villa Triniti di Jl, Sersan Bajuri KM 4.7 No 88 Bandung.

12. Kampung Bareto

Kampung Bareto akan mengajak anda untuk bernostalgia ke zaman yang telah lalu. Perabot antik hingga tirai bambu menghiasi setiap ruangan disini. Makan bersama dengan keluarga akan semakin menyenangkan. Menariknya di sini anda bisa menikmati menu yang diolah dengan kecombrang yang menggoda. Selain menu tradisional anda juga bisa menikmati makanan western di tempat yang beralamat di Jl.Terusan Padasuka Atas KM. 3.5 No 21, Cimenyan.

13. Waroeng Cordon

Pasti anda pernah mendengar Tebing Keraton yang sedang hits, maka jangan lupa mampir untuk mengunjungi tempat makan Sunda di Bandung bernama Waroeng Cordon. Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan, Waroeng Cordon juga memiliki makanan yang juga menggoda. Rumah makan Sunda ini menyajikan makanan nusantara seperti Mie Godog Le Cordon. Alamat tempat ini berada di Baru Tunggul, Ciburial Cimenyan.

14. Lisung The Boutique Dago House

Pemandangan kota Bandung akan tersaji indah begitu anda mengunjungi Lisung The Boutique Dago Resort ini. Untuk menikmati lebih indah pemandangannya silahkan ke area lantai 14. Sajian makanannya beragam, salah satu menu yang wajib anda coba adalah Nasi panggang Koempoeni yang lezat. Alamat rumah makan ini berada di Jl. Bukit Pakar Timur No. 111 Ciburial. Selain tempat makan, anda juga bisa berswafoto pada sport yang ada.

15. Warung Daweung

Tidak banyak yang tahu tempat makan tersembunyi satu ini, letaknya berada di Bukit Moko membuat pemandangannya sangat menawan. Warung makan satu ini menyajikan nuansa pedesaan yang hijau dan asri. Selain makanan berat khas Sunda, anda juga bisa menikmati camilan seperti pisang keju yang sangat menggugah selera. Menjadi satu satunya tempat makan di Bukit Moko membuat tempat satu ini mudah untuk ditemukan jadi jangan khawatir tersesat.

16. Gubug Makan Mang Engking

Setelah berlibur ke Gunung Tangkuban Perahu anda bisa mengunjungi tempat makan satu ini untuk mengisi perut. Selain merasakan pedesaan karena saung saung dan kolam ikannya, Gubug makan Mang Engking juga memiliki sajian menu yang istimewa. Sajian makanan tradisional Sunda yang ditawarkan dalam bentuk paket bisa anda pilih. Menu karedoknya menjadi andalan ketika mengunjungi rumah makan Sunda di Bandung yang sangat luas ini.

Menikmati kudapan di tempat yang indah tentunya bisa membuat nafsu makan meningkat. Di Bandung banyak tempat makan yang sediakan masakan khas Sunda dengan panorama alam yang memukau. Sehingga selain menjadi tempat makan juga bisa menjadi tempat liburan bersama keluarga. Menariknya lagi banyak wahanan yang ditawarkan serta ramah anak dan lansia. Jadi tertarik menyantap hidangan di tempat makan yang mana?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”