25 Tempat Penitipan Anak atau Daycare di Jakarta, Intip Fasilitas hingga Review

ulinulin.com – Bunda dan ayah termasuk orang tua yang bekerja? Setelah memiliki anak, Bunda pasti langsung memikirkan bagaimana pola pengasuhan yang tepat saat ditinggal bekerja ya.

Tempat penitipan anak atau daycare, menjadi solusi yang banyak dipertimbangkan orang tua untuk menjaga anak-anaknya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, banyak yang berpendapat bahwa daycare bebas ‘drama’ dalam mencari caregiver untuk anak.

Mengenal daycare dan manfaatnya

Daycare sendiri merupakan salah satu sarana penitipan anak atau pengasuhan yang biasanya dibuka pada saat jam kerja, Bunda. Di Jakarta, umumnya daycare menyediakan layanan mulai pukul 06.00-17.00. Sama halnya seperti jam kantoran kebanyakan ya.

Selanjutnya, beberapa daycare menerapkan aturan sistem overtime bagi orang tua yang baru bisa menjemput anaknya di atas jam kerja. Namun, daycare biasanya menawarkan keuntungan yang lebih lengkap untuk para anggotanya.

Daycare memiliki sistem pola asuh yang lebih terencana, sehingga orang tua tidak perlu khawatir mengenai monitoring perkembangan Si Kecil. Biasanya, akan ada catatan harian terkait berapa kali anak makan, buang air besar, tidur, hingga berbagai aktivitas lainnya.

Manfaat lain yang bisa didapatkan anak-anak yang dititipkan di daycare akan mencapat pemeriksaan seputar tumbuh kembang dari dokter spesialis anak dan psikolog. Bahkan, ada juga yang menyediakan layanan keagamaan seperti belajar salat dan mengaji.

Namun, tak menampik ya perasaan bersalah dan cemas pasti selalu datang ketika menitipkan anak di daycare. Ini adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang tua pekerja.

Tak hanya Bunda, anak juga mungkin akan merasa sedih ketika harus berpisah dengan kedua orang tuanya. Saat mereka mulai menangis, Bunda dan ayah harus yakinkan mereka bahwa Bunda akan kembali dan menjemputnya.

Mengutip dari laman In The Known, para ahli menyarankan agar Bunda memberitahu mereka tentang berapa lama Bunda dan Si Kecil akan berpisah. Hal ini akan memberikan harapan dan membangun kepercayaan antara Bunda dan dirinya.

Pemilihan daycare untuk Si Kecil juga sebaiknya tidak sembarangan, ya. Bunda tetap harus perhatikan review serta fasilitas yang diberikan.

Di wilayah Jakarta, ada banyak daycare yang tersebar, nih. Penasaran dengan deretannya? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

Daycare di Jakarta Utara

1. Blessed Child Day Care & Star Kids

Untuk Bunda yang berada di wilayah Jakarta Utara, Blessed Child Day Care & Star Kids mungkin salah satu daycare terdekat dari rumah, nih. Daycare ini pun mendapatkan rating baik di internet yakni 5.0.

Banyak orang tua yang mempercayakan anak mereka pada Blessed Child Day Care & Star Kids, Bunda. Mereka mengatakan daycare ini menjadi sahabat para orang tua bekerja dan sangat aman untuk anak.

Alamat:

Komplek Gading Bukit Indah Blok Q No. 23, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240. Telp. 0815-1806-339.

2. NurtureOne Childcare/Daycate

NatureOne selalu melihat keterampilan dan minat unik anak-anak, Bunda. Daycare satu ini akan membuat anak yang dititipkan bereksplorasi, belajar, dan bermain dalam lingkungan yang menarik.

Tim NatureOne berkomitmen dan bersemangat untuk memastikan anak yang mereka asuh tetap aman dan dirawat setiap harinya. Daycare ini mendapatkan rating baik dengan penilaian 5 dan para orang tua menyatakan mereka puas dengan pelayanannya.

Alamat:

Jalan Pluit karang molek IX b2, selatan No.8, RT.8/RW.2, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450. Telp 0812-1113-0246.

3. Defana Daycare

Defana Daycara memiliki ruangan yang memadai untuk anak-anak, Bunda. Anak-anak yang dititipkan di Defana Daycare biasanya diberi berbagai kegiatan sehingga dapat merangsang stimulus hingga kreativitasnya.

Dalam ulasan Google, Defana Daycare mendapatkan rating sempurna, yakni 5.0, Bunda. Banyak orang tua yang berkomentar bahwa anaknya menjadi lebih aktif dan cerdas.

Alamat:

Apart.Gading Nias Residence RT.13/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250. Telepon 0817-4147-361.

4. Leader Castle Childcare

Leader Castle Childcare mendapatkan rating 4.7 dalam review Google, Bunda. Lokasinya pun sangat strategis dan memiliki fasilitas lengkap.

Banyak orang tua mengucapkan terima kasih kepada Leader Castle Childcare karena bisa meninggalkan anak-anak mereka dengan tenang selama bekerja. Tak hanya itu, tim dan guru-guru yang bertugas pun sangat berkualitas.

Alamat:

Jl. Sunter STS Blk. G No.24, RT.4/RW.18, Sunter Agung, Kec. Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350. Telpon (021) 6402324.

5. Kinderster Day Care

Kinderster Day Care didirikan sejak tahun 2013 silam, Bunda. Daycare dengan rating 5.0 di review Google ini selalu berusaha untuk menanamkan nilai moral dan pembentukan karakter pada anak-anak.

Alamat:

Jl. Agung Jaya 4 No.36, RT.16/RW.10, Sunter Agung, Kec. Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350. Telp. 0858-1315-7139.

Daycare di Jakarta Selatan

1. My Tootsie Bear

My Tootsie Bear memiliki 3 cabang di Jakarta, di Bellagio Residences dan Gandaria, Jakarta Selatan. Satu lagi di Slipi, Jakarta Barat.

Mengutip laman resminya, daycare ini mendapatkan rating 4.6 pada review Google, 15 dari 16 orang memberikan bintang 5 untuk ulasannya. Sedangkan fasilitas yang ditawarkan mulai dari CCTV, loker anak, field trip, ruang isolasi dan katering sehat.

Alamat:

Bellagio Residence, Tower B Ground Floor Unit OG-20, Area Mega Kuningan Barat Kav E4.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Jl. Gandaria Tengah III No.5, RT.1/RW.3, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

2. Casa Dinda Daycare

Mengutip laman resminya, Casa Dinda menawarkan program penitipan anak mulai dari usia 3 bulan hingga 4 tahun, dan program prasekolah untuk 1 hingga 4 tahun. Setiap program akan memberikan pengalaman, materi, dan aktivitas pembelajaran sesuai usia.

Casa Dinda Daycare mendapatkan rating 4.9 dengan jumlah 19 review pada laman Google, Bunda. Salam satu komentarnya berbunyi bahwa daydare satu ini memiliki staf yang profesional dan guru yang sangat perhatian pada anak-anaknya.

Alamat:

Jl. Cisanggiri III No.1, RT.9/RW.4, Petogogan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170.

3. Littlebee Montessori School & Daycare

Daycare ini menjadi satu dengan sekolah montessori. Terletak di daerah perkantoran yaitu di Setiabudi, Jakarta Selatan. Dalam foto-foto yang dilihat HaiBunda di laman resminya, tampak anak-anak sibuk dengan aktivitas yang menyenangkan di daycare yang memiliki rating 4.9 pada laman Google ini.

Alamat:

Jl. Bromo No.19, RT.4/RW.2, Guntur, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12980.

4. Daycare Paradise Baby

Daycare yang satu ini letaknya strategis. Menurut salah satu orang tua, selain letak strategis, daycare ini nyaman untuk edukasi anak, Bunda.

“Sangat strategis, fasilitasnya lengkap, pengasihnya mengasuh pakai hati seperti anak sendiri,” tutur salah seorang orang tua.

Alamat:

Jl. Gatot Subroto, RT.3/RW.2, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prapatan., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710.

5. Little Elephant Daycare

Daycare yang terletak di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan ini memiliki program untuk anak usia 2 hingga 4. Beberapa aktivitas yang dilakukan adalah story telling, menyanyi, menari, seni, EPL (sains).

“Rumah kedua untuk bayi. Sangat bersih dan nyaman. Dan yang paling terpenting adalah mereka memiliki pengasuh yang sangat ramah,” tulis salah seorang pengguna jasa Little Elephant Daycare.

Little Elephant Daycare memiliki CCTV, makanan dan camilan sehat, Bunda. Tak hanya itu, ada pula kunjungan rutin dokter dan psikolog, field trip, tempat olahraga, tempat berjemur.

Alamat:

Jl. Salak No.34, RT.7/RW.2, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12980

Daycare di Jakarta Pusat

1. Daycare Indonesia Ceria

Menurut salah satu Bunda yang memberikan review, kegiatan Daycare Indonesia Ceria seru dan berbobot untuk si kecil. Kegiatannya bikin betah bermain bersama Bunda dan teman-temannya.

Selain itu, gurunya ramah dan sabar banget untuk hadapi anak-anak. Daycare ini telah mendapatkan rating 4,6 pada laman review Google.

Alamat:

Jl.Rawasari Barat Blok E Nomor 271 B, (Jalan Masuk Gerbang Depan Bank Mandiri, Rumah Ke 11), Rawasari, Cempaka Putih, RT.2/RW.1, Cempaka Putih Tim., Kec. Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510.

2. I-LEaD Family Childcare

Daycare yang terakhir ini cukup premium, karena letaknya di dalam gedung The Energy SCBD. Dengan motto, daycare yang berorientasi keluarga, daycare menawarkan pelayanan caregiver ramah dan membuat anak berasa di rumah.

Alamat:

The Energy, Mezzanine level, Jl.Jend.Sudirman Kav 52-53,SCBD Lot.11A, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, South Jakarta City, Jakarta 12190. Telepon: (021) 2506638.

3. Bintang Waktu Daycare

Bintang Waktu Daycare merupakan daycare islami. Daycare ini mengembangkan karakter dan mental anak melalui metode montessori dan pengenalan Agama Islam.

Bintang Waktu Daycare memiliki fasilitas pengasuhan 1:1 artinya satu pengasuh memegang satu anak, kelas lintas usia, makan dan minum sehat, area playground, dan aktivitas menarik untuk melatih kemampuan motorik, sensorik, dan kognitif.

Alamat:

Jl. Cempaka Putih Tengah 27 No.42, RT.7/RW.7, Cempaka Putih Timur, Kec. Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510. Telepon : (021) 4241586 / 082246481588.

4. Tweede Daycare Jakarta

Daycare ini bisa jadi pilihan bila tempat Bunda bekerja di area Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Tweede Daycare bukan sekadar tempat penitipan anak, daycare dengan rating Google 5.0 ini menyediakan berbagai fasilitas yang jarang ditemukan di daycare lain.

“Daycare dengan pengurus yang ramah dan menyediakan berbagai fasilitas seperti kunjungan dokter dan pijat rutin untuk anak,” tulis Amanda Kistilensa, salah satu Bunda yang me-review.

Alamat:

Blok Kabin Jl. Danau Limboto No.4, RT.16/RW.4, Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210. Telepon: 08568452777.

5. High Reach Premium Daycare

High Reach Premium Daycare ini untuk anak usia 3 bulan hingga 6 tahun, Bunda. Terdapat fasilitas berupa pemeriksaan rutin, seperti berat badan, tinggi, suhu tubuh, pemeriksaan gigi. Kerennya, di sana juga menyediakan fasilitas pelatihan toilet training, pijat bayi, laporan untuk orang tua yang diberikan tiap hari dan triwulan.

Alamat:

Sudirman Park, Tower B, Jl. K.H. Mas Mansyur, RT.12/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220. Telepon: (021) 57942800.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat daftar tempat penitipan anak di Jakarta yang lainnya ya, Bunda!

    Kata Dokter soal Risiko Anak Membawa Tas Berat ke Sekolah, Perhatikan Ini Bun

    30 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat Sampai Besar

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video persiapan MPASI efektif untuk Bunda bekerja berikut ini:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”