25 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Terhits Dikunjungi

ulinulin.com – Ingin Liburan Menarik? Periksa Daftar Tempat Wisata Favorit di Nganjuk, Jawa Timur. Objek Wisata Kekinian, Terbaru & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Tahukah Anda bahwa Nganjuk disebut sebagai Kota Angin? Wilayah ini dulunya terkenal juga dengan nama Anjuk Ladang. Nganjuk juga memiliki tempat-tempat wisata yang tidak lagi hanya sekadar indah tetapi juga mempesona. Terutama jika Anda berlibur dan mengunjungi Nganjuk, sayang rasanya apabila tak mengenal bagaimana kekayaan alam yang dimiliki oleh Nganjuk. Baik itu wisata alam ataupun buatan, Nganjuk cukup terkenal karena beberapa spot kekinian.

Sebagai bagian Jawa Timur, Nganjuk seolah memberi andil tempat-tempat wisata yang menarik perhatian. Tidak hanya untuk pengunjung setempat tetapi juga dari warga luar kota lainnya. Berikut ini merupakan referensi tempat wisata di Nganjuk yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke daerah ini.

1. Air Terjun Sedudo

Tempat wisata yang pertama adalah air terjun sedudo. Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1438 mdpl. Anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang begitu sejuk dan asri. Lokasiny juga sering digunakan untuk ritual tahunan tiap kali bulan Suro. Kabarnya tempat wisata ini juga sudah mengalami penataan.

Ada pagar di sekeliling air terjun sehingga pengunjung tidak bisa berendam langsung di bawah air terjun. Ada juga spot foto kekinian dengan view yang indah. Lokasinya berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

2. Air Terjun Sumber Manik

Masih dengan destinasi wisata air terjun namanya adalah air terjun sumber manik. Anda bisa dimanjakan dengan panorama alam yang mempesona dan juga hawa sejuk pegunungan yang segar. Konon, air terjun ni merupakan salah satu tempat pertapaan dari Damarwulan di masa kerajaan Majapahit. Letaknya memang tersembunyi dan memberi tantangan tersendiri bagi para pengunjung.

Lokasinya ada di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos. Tinggi air terjun sekitar 35 meter dan terlihat begitu eksotis dengan nuansa putih yang lembut. ada warna kontras dengan pepohonan di sekitarnya yang hijau asri.

3. Air Terjun Watu Lumbung

Air Terjun Watu Lumbung. Wisata satu ini kerap kali disebut sebagai air terjun tetes embun. Disini, Anda akan bisa melihat indahnya air terjun yang mengalir dari ketinggian. Air yang ada disini pun sangatlah jernih sekaligus menyegarkan.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin berwisata di tempat ini membutuhkan perjuangan yang ekstra untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata satu ini memiliki akses jalan yang masih belum mulus. Untuk itu, apabila Anda mengunjunginya perlu berhati hati terutama di musim penghujan.

4. Sendang Putri Wilis

Spot wisata yang tak boleh terlewatkan juga datang dari Sendang Putri Wilis. Tempat ini memiliki aliran air yang jernih dengan panorama alam yang masih sangat asri. Tempat wisata yang membuat betah dan Anda bisa menjelajahi setiap sudut keindahan dari Sendang Putri Wilis. Anda bisa mengabadikan momen spesial bersama orang tersyang dengan suasana Sendang yang menyejukkan.

Sendang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Untuk menemukan lokasi wisata tersebut tidaklah sulit. Ada petunjuk dan warga sekitar juga mengenal betul keberadaan sendang.

5. Bukit Batu Songgong

Bukit Batu Songgong menawarkan pemandangan bukit yang eksotis. Ada susunan bebatuan yang tertata rapi dan terlihat begitu asri dan unik. Lokasinya memang berada di lereng gunung wilis yang menyajikan keindahan alam mempesona. Landscape perbukitan hijau dan menyejukkan mata bisa Anda dapatkan.

Mereka yang suka fotografi pasti tak akan melewatkan tempat ini karena banyak spot foto kekinian. Namun karena memang lokasinya ada di ketinggian pastikan bahwa kendaraan yang Anda bawa aman untuk digunakan. Tepatnya berada di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan.

6. Air Terjun Singokromo

Apabila Anda belum puas mengunjungi Air Terjun Watu Lumbung, maka perjalanan selanjutnya Anda bisa datang ke Air Terjun Singokromo yang sama sama berada di Nganjuk. Memiliki jarak yang dekat dengan pusat kota Nganjuk maka Anda hanya perlu untuk membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai.

Kemudian, Anda pun bisa berjalan kaki dari tempat parkir menuju ke air terjun ini. sepanjang perjalanan, maka Anda akan disuguhkan dengan suasana alam yang sangat indah. Sesampainya di air terjun, maka Anda akan melihat air deras yang mengalir dari ketinggian, akan membuat Anda terpesona akan megahnya curug satu ini.

7. Waduk Putukrejo

Menikmati momen santai dan travelling ke Waduk Putukrejo ternyata bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Waduknya begitu luas dengan aliran air yang cukup tenang serta mengajak Anda untuk terbebas dari berbagai macam kesibukan. Ada beberapa wahana dan juga fasilitas yang membuat acara santai jadi makin maksimal.

Waduk Putukrejo berada di Desa Putukrejo, Kecamatan Loceret. Bagi yang sekadar ingin lepas dari rasa penat, Anda bisa menikmati suasana sejuk di tempat ini.

8. Goa Ndalem

Meski terkenal dengan aura mistis, tetapi pesona dari Goa Ndalem ini tetap menarik. Apalagi mengetahui bahwa lokasinya berada di lereng Gunung Wilis yang memberi pesona alam pegunungan yang menyejukkan. Cocok untuk mereka yang butuh ketenangan.

Goa Ndalem berada di Desa Kebon Agung, Kecamatan Sawahan. Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi fisik yang fit dan bawalah bekal selama perjalanan.

9. Jurang Gatuk

Di Nganjuk sendiri, Anda akan menemukan banyak sekali air terjun. Salah satunya adalah Jurang Gatuk yang menghadirkan keindahan tersendiri bagi wisatawan. Disini, Anda akan disuguhkan dengan air terjun cukup tinggi. Ditambah lagi dengan airnya yang sangat bersih, jernih dan juga segar.

Tentu saja akan membuat siapa saja yang datang ke lokasi ini menjadi terpukau dibuatnya. Pemandangan yang ada disini tentu saja masih sangat asri. Hal ini dikarenakan letaknya berada tempat di pegunungan maka suasana alam yang alami dan sejuk akan menjadi hal yang Anda dapatkan ketika berada disini.

10. Bukit Salju Ngetos

Tempat wisata alam kekinian berikutnya adalah Bukit Salju Ngetos yang akan memanjakan Anda dengan beberapa spot foto keren. Ada dekorasi payung yang berwarna-warni dan dilengkapi rumah pohon yang membuat foto makin menarik. Juga dengan adanya deretan pohon pinus yang rindang memberi kesejukan tersendiri.

Bukit Salju Ngetos ini ada di Blongko, Kecamatan Ngetos. Para pengunjung yang datang seringkali dengan tujuan untuk hunting fotografi karena banyaknya spot foto keren di sini.

11. Bukit Watu Lawang

Dengan lokasinya yang ada di ketinggian, Bukit Lawang ini cocok untuk refreshing dan mendinginkan kepala. Ada pemandangan alam yang eksotis serta keberadaan batu lawang ini menjadi ikon bukit tersebut. Anda bisa mendapat view air terjun yang mengalir di pegunungan.

Nikmati waktu untuk berkemah atau mencoba jalur downhills bike dengan jauh sekitar 2 km agar bisa memicu adrenalin anda. Lokasinya ada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

12. Air Terjun Ngebleng

Ingin melihat air terjun yang berbeda saat berada di Nganjuk? Maka Anda pun bisa menyempatkan untuk datang ke Air Terjun Ngebleng yang ada di kota ini. Pasalnya, Anda akan disuguhkan dengan curug yang memiliki tiga tingkat. Tentu saja, Anda pun bisa mengabadikan foto di lokasi satu ini.

Selain bagus menjadi spot untuk hunting foto, banyak pula orang yang datang kesini untuk menikmati kesegaran airnya. Sebab, di kolam yang berada di bawah air terjun ini maka Anda pun bisa untuk berenang atau bermain air. Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang sangat asri menjadikan Anda betah berada di lokasi ini.

13. Bukit Goa Dali

Bukit Goa Dali juga dikenal sebagai bukit Alas Patuk. Seperti bukit yang lain tempat ini akan memberi Anda pesona alam berupa pegunungan yang menawan. Juga dengan suasana asri dan sejuk. Sementara di puncak tertinggi Anda bisa melihat bagaimana keindahan alam yang lebih luas.

Mereka yang mencari spot atau view fotografi terbaik, Bukit Goa Dali ini adalah pilihan tepat. Lokasinya ada di Desa Sumber Klampok. Tepatnya ada di Kecamatan Loceret.

14. Grojogan Putri Ayu

Destinasi wisata alam berikutnya adalah Grojogan Putri Ayu. Para wisatawan bisa datang dan berenang di alam bebas dengan kondisi lingkungan yang masih begitu asri. Tidak hanya berenang tetapi Anda bisa bermain air di Grojogan Putri Ayu ini. Menjelajahi Goa juga merupakan momen seru untuk para wisatawan yang datang.

Lokasi wisata alam Grojogan Putri Ayu ini berada di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso. Lokasinya masih begitu alami dan cocok untuk dijadikan tempat melepas penat.

15. Embung Estumulyo

Bagi Anda yang sedang mencari lokasi piknik bersama dengan keluarga, maka Embung Estumulyo dapat menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi. Keindahan panorama alam yang ada di wisata ini akan membuat Anda takjub dan terpukau. Sebab, Anda akan disuguhkan dengan lanskap yang hijau saat menghabiskan waktu di tempat satu ini.

16. Air Terjun Sri Gunting

Tempat wisata ini masih dalam satu kawasan dengan air terjun sedudo. Anda akan diajak untuk sedikit berpetualang dengan akses jalan yang menantang. Ada pemandangan alam yang indah dan panorama yang begitu menyejukkan.

Lokasinya berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Para wisatawan seringkali berfoto dengan latar air terjun dan mendapat angle foto yang keren.

17. Grojogan Duwur

Masih dengan tempat wisata yang menyegarkan dan bernuansa air, Grojogan Duwur ini memiliki akses lokasi yang memang tak mudah. Tetapi sangat sebanding dengan pemandangan yang akan Anda dapatkan. Ada sungai purba yang terbentuk dari batuan kapur dan terlihat eksotis.

Lokasi Grojogan Duwur ini berada di Desa Sumber Miri, Kecamatan Lengkong. Anda bisa menemukan kolam renang alami dan bermain air sepuasnya.

18. Legend Waterpark Nganjuk

Selain itu, untuk Anda yang ingin mengajak si kecil berenang di akhir pekan maka Legend Waterpark Nganjuk dapat menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi. Wisata air ini menyajikan berbagai ragam wahana yang akan membuat si kecil betah. Ada banyak hal yang bisa Anda temukan disini, mulai dari kolam renang, rumah hantu hingga bioskop 4D.

19. Air Terjun Roro Kuning

Namanya adalah air terjun roro kuning yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Nganjuk untuk piknik. Ada suasana asri dan sejuk dengan beberapa fasilitas yang disediakan. Tidak hanya itu, ada kolam renang dan juga taman bermain, gazebo serta penangkaran rusa.

Beberapa spot foto kekinian bisa melengkapi liburan Anda di tempat ini. Lokasinya ada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Liburan akan terasa makin lengkap dengan pemandangan yang terjaga alami.

20. Waduk Perning

Masih ingin berlibur ke tempat wisata di Nganjuk? Anda bisa memilih Waduk Perning dengan konsep kekinian yang menarik. Tempatnya juga begitu luas dengan pemandangan yang indah. Ada beberapa wahan dan fasilitas yang sudah disediakan. Anda bisa menemukan taman bunga, wahana permainan air hingga beberapa spot foto keren.

Lokasinya berada di Perning, Kecamatan Jatikalen. Wisata alam ini disebut menjadi wisata andalan para wisatawan yang datang ke Nganjuk.

21. Goa Margo Tresno

Selain dikenal karena wisata alamnya yang memukau, berada di Nganjuk juga akan membuat Anda bisa menjelajah wisata bersejarah. Untuk itu, Anda pun bisa datang ke Goa Margo Tresno. Disini, Anda akan bisa menemukan gua dengan nilai sejarah dan juga pemandangan yang indah.

22. Setum Loceret

Setum Loceret merupakan tempat wisata yang memberi Anda banyak pilihan spot foto unik. Ada vie yang indah dan mampu memperbarui laman instagram anda. Lahan terbuka bekas kompleks pabrk gula Belanda di Desa Jatirejo ini memang menawarkan nuansa liburan yang berbeda.

Lokasi tepatnya berada di Desa Jatirejo, kecamatan Loceret. Ada cerobong asap kuno yang berdiri kokoh dan menyajikan pemandangan epik. Pilih pose terbaik dan dapatkan foto impian Anda.

23. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis menawarkan banyak bangku dengan nuansa taman sejuk. Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan taman yang sudah dibangun sedemikian rupa. Ada arena bermain skateboard dan juga arena bermain anak.

Kalaupun tak ingin membawa bekal, Anda bisa membeli makanan di pedagang kaki lima yang banyak menjajakan dagangannya di sini. Lokasi Taman Pandan Wilis berada di tengah kota, tepatnya di Desa Werungotok, kecamatan Nganjuk.

24. Candi Lor

Tak hanya mengunjungi Goa Margo Tresno, bagi Anda yang menyukai wisata sejarah maka Anda pun bisa datang ke destinasi berikutnya yaki Candi Lor. Candi satu ini memiliki keadaan yang sengaja dibiarkan oleh pemerintah. Hal tersebut bertujuan agar nilai sejarah yang terkandung di dalam wisata ini tidak hilang dan sirna begitu saja.

Candi Lor juga dikatakan sebagai salah satu candi tertua yang bisa Anda temukan di kota Nganjuk. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati keindahan dari tempat wisata satu ini. Selain itu, Anda bisa berfoto di beberapa spot yang ada di lokasi ini. Salah satunya adalah kawasan yang terdapat akar pohon, dimana menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berfoto.

25. Candi Ngetos

Di kota ini, Anda juga bisa untuk menemukan bangunan bersejarah lain yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Candi ini pun dibangun sebagai bentuk tempat istirahat terakhir dari raja Hayam Wuruk. Meskipun wisata ini telah tergerus oleh waktu, namun masih banyak orang yang menyempatkan datang dan berfoto di area sejarah satu ini saat sedang berada di kota Nganjuk.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”