25 Tempat Wisata di Ngawi Terbaru & Terhits Dikunjungi

ulinulin.com – Inilah Daftar Tempat Wisata Favorit di Ngawi, Jawa Timur. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Berjalan-jalan ke Jawa Timur akan membuat Anda menemukan Ngawi, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Ngawi juga diketahui berdekatan dengan Kabupaten Pacitan yang mana memiliki banyak julukan. Salah satu julukan yang dimiliki Ngawi adalah Kota Bambu. Bahkan julukan ini diyakini menjadi asal-usul dari nama Kabupaten tersebut. Awi berarti bambu dan ditambah fonem Ng. Tempat ini menawarkan banyak objek wisata indah.

Tidak hanya julukan Kota Bambu, ada juga julukan yang disebut Kota Kripik Tempe karena jarang ditemukan di kota lain. Sebagian warga juga mendengar adanya sebutan sebagai Kota yang Ramah. Tak heran jika julukan tersebut juga menjadi slogan dari Ngawi. Mau berlibur ke Ngawi? Jelajahi tiap sudut tempat wisata yang ditawarkannya.

1. Taman Wisata Tawun

Untuk menuju kawasan wisata ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 6 km dari pusat kota. Melewati jalur Solo-Ngawi kemudian masuk ke daerah Basuki Rahmat, melaju sampai berjumpa dengan Angkringan Dn Dm lalu belok kiri. Setelah melalui perempatan melaju ke jalan Sunan Lawu, tinggal menemukan plang Taman Wisata Tawun maka Anda tiba di lokasi.

Taman ini sering digunakan untuk menggelar upacara adat Keduk Beji, yang memang menjadi tradisi warga setempat. Upacara tersebut dilaksanakan setiap Selasa Kliwon menurut perhitungan kalender Jawa Islam. Warga yang berjenis kelamin laki-laki akan membersihkan sumber mata air di wilayah sekitar, dan melakukan penggantian air di dalam beji.

Daya tarik taman wisata ini terletak pada hewan bulus yang berkeliaran bebas dan berjumlah ribuan. Sebagian besar kawasan wisata dipenuhi pohon-pohon hijau nan rimbun. Selain itu ada wahana kolam renang yang dilengkapi dengan arena waterboom. Anda bisa berkunjung bersama keluarga, lalu mengajak si kecil untuk berkenalan dengan flora dan fauna sekitar.

2. Air Terjun Pengantin

Jika Anda pernah mendengar nama air terjun ini mungkin juga tak asing dengan sebuah film horror. Ya, air terjun ini pernah menjadi lokasi utama dari film tersebut. Tetapi Anda tak perlu takut, sebab tidak seperti yang dikisahkan dalam sebuah film. Air terjun tak memiliki suasana yang mencekam atau menakutkan.

Dari nama yang unik ini, pengambilan air terjun pengantin karena ada sepasang air terjun dengan ketinggian yang sama yakni 12 meter dari dasarnya. Bagi Anda yang tak suka dengan keramaian, tempat ini sangat disarankan. Lokasinya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe.

3. Monumen Soerjo

Bangunan ini didirikan untuk mengenang jasa Gubernur Suryo saat melawan pemberontakan PKI masa itu. Di kanan dan kiri patung sang gubernur terdapat dua patung perwira polisi, yang meninggal saat masa kelam tersebut di waktu yang sama. Biasanya area taman sekitar monumen juga dimanfaatkan untuk memperingati Hari Pahlawan.

Salah satu keunikan dari monumen ini ialah area taman yang dihiasi oleh 23 jenis tanaman langka. Diantaranya pohon cendana, sonokeling, citradora, sawo kecik, dan lain-lain. Anda akan menjumpai beberapa binatang kijang yang berada di dalam penangkaran. Selain itu Monumen Suryo juga terdapat pasar burung dengan berbagai macam koleksi burung.

4. Air Terjun Srambang Ngawi

Masih dengan destinasi wisata air terjun. Kali ini Anda bisa menemukan Air Terjun Srambang. Lokasi air terjun ini memang tersembunyi. Letaknya di antara hutan pinus yang menjadikannya makin terasa sejuk dan suasana sunyi. Tempat wisata ini juga direkomendasikan untuk Anda yang hobbi travelling.

Lokasinya berada di Desa Grimulyo, Kecamatan Jogorogo Ngawi. Untuk bisa mencapai lokasi, dibutuhkan perjalanan yang cukup berliku hingga sampai di air terjun srambang. Jaraknya 25 km dari pusat kota.

5. Pemandian Tawun

Destinasi wisata ini mempunyai keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Letak wisata berada di Kecamatan Kasreman tepatnya di Desa Tawun. Biasanya para wisatawan berkunjung untuk refreshing pikiran setelah jenuh dengan suasana ibukota. Pemandian tersebut mempunyai tipe air yang jernih, badan akan fresh kembali pasca berenang di kolam ini.

Pengelola wisata juga menyediakan wahana waterboom khusus anak-anak. Arena tersebut dilengkapi dengan perosotan, pancuran, hingga ember besar yang digantung. Semua wahana tersebut sudah melalui standar keamanan, jadi para orang tua tidak perlu khawatir. Selain fasilitas bermain, ada danau buatan yang bisa Anda kelilingi dengan naik perahu kano.

6. Museum Trinil Ngawi

Berwisata tidak hanya di tempat yang menawarkan keindahan alam. Tetapi Anda bisa memilih wisata edukasi seperti di museum Trinil. Ada spesies yang disebut Phitecantropus Erectus dan merupakan fosil populer yang ditemukan di daerah Ngawi. Tak heran jika museum ini juga menjadi daya tarik bahkan untuk para peneliti.

Museum Trinil berada di Dusun Pilang, Desa Kawu. Jaraknya 144 km dari jantung kota Ngawi. Anda bisa mengamati berbagai macam fosil manusia purba, tumbuh-tumbuhan dan juga DNA hewan.

7. Kediaman Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Dr. Radjiman Wedyodiningrat memiliki andil besar dalam sejarah Indonesia sebagai ketua BPUPKI pada tahun 1945. Menurut jejak masa lalu pada tahun 1934 beliau pindah ke Ngawi, kala itu kawasan Ngawi sedang terserang wabah penyakit pes. Kondisi kabupaten saat itu sangat memprihatinkan, hingga beliau mengabdikan diri untuk menjadi dokter ahli penyakit pes.

Selain menjadi dokter, pahlawan nasional ini juga mengajar anak-anak di Dusun Dirgo yang tidak bisa bersekolah. Sekarang lokasi tempatnya mengajar dibangun sebuah sekolah dasar, sedangkan kediaman beliau menjadi tempat wisata sejarah. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai peninggalan dari sang pahlawan, termasuk buku-buku yang pernah beliau pelajari.

8. Benteng Pendem Van Bosch

Masih dengan nuansa sejarah dan penuh edukasi. Anda bisa mengunjung Benteng Pendem Van Bosch. Benteng ini merupakan benteng peninggalan dari BelAnda yang kaya akan nilai sejarah dan begitu eksotis. Memiliki daya tarik tersendiri karena temboknya terlihat usang dan kusam namun masih begitu kokoh.

Benteng Pendem Van Bosch ini berada di titik pertemuan antar bengawan Madiun dan Bengawan Solo. Anda yang hobbi berfoto dengan latar bangunan tua bisa puas dengan arsitektur yang dimiliki benteng ini.

9. Waterboom Tirto Nirmolo

Wahana air ini mempunyai luas kurang lebih 5 hektar dan dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik. Waterboom sengaja dibangun dengan konsep wisata yang nyaman untuk keluarga. Ada beberapa tipe kolam renang Indoor Waterpark dan Semi Olympic Pool. Arena kolam renang tersebut memiliki beberapa permainan air untuk bersenang-senang.

Sebelum masuk ke dalam kolam Anda bisa melakukan pemanasan di area jogging. Disamping berenang Anda boleh memanfaatkan arena bermain yang menyediakan berbagai wahana. Diantaranya Bom Bom Car, Flying Fox, ATV, Motor Elektrik hingga wisata outbond. Semua fasilitas menyenangkan tersebut bisa Anda rasakan dengan mengeluarkan biaya yang terjangkau.

10. Pesanggrahan Srigati

Sarat akan sejarah dan nilai mistis, pesanggrahan Srigati diketahui merupakan pesanggrahan Raja Brawijaya yang menjadi keraton untuk kerajaan mahluk ghaib. Tempat ini juga berhubungan sejarah dengan Ngawi. Anda bisa mencari tahu bagaimana sejarah dari Kota Ngawi dari Pesanggrahan Srigati ini.

Menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, cerita-cerita yang beredar tak sepatutnya membuat Anda takut. Lokasi Pesanggrahan Srigati ini berada di Desa Babadan, Kecamatan paron yang jaraknya sekitar 12 km.

11. Waduk Pondok

Sebenarnya kawasan waduk sudah dibangun sejak tahun 1992, lalu rampung dikerjakan pada tahun 1997. Dulunya waduk berfungsi sebagai sarana perairan ke lahan pertanian dari tiga kecamatan di Ngawi. Namun seiring berjalannya waktu dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Alasannya karena area waduk mempunyai lanskap alam yang apik dan suasana syahdu yang menenangkan.

Di sekeliling hamparan air seluas 2,6 hektar terdapat pepohonan mahoni dan jati. Rimbunan pohon tersebut sangat menyegarkan mata, bila waktu senja datang menghasilkan siluet yang cantik saat difoto. Tidak jauh dari area waduk, Anda akan menemukan warung-warung penjual makanan. Salah satu menu favoritnya adalah Ikan Gurame Bakar yang disantap dengan nasi putih dan sambal.

12. Kebun Teh Jamus

Luas dari kebun teh ini adalah sekitar 478 hektare. Tempat wisata yang akan memanjakan Anda dengan keindahan yang alami. Anda bisa berkeliling kebun dan menikmati kesejukan udara serta mengabadikan momen asik di tempat ini. Tak jauh dari kebun teh, ada kolam renang yang bersumber dari mata air yang masih alami.

Ada juga Borobudur Hills yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan view terbaik. Lokasinya ada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Anda bisa menemukan oleh-oleh khas di sana seperti benalu teh untuk pengobatan.

13. Kerajinan Jati Gembol

Kerajinan akar jati ini telah menjadi ciri khas Ngawi sejak zaman dahulu hingga sekarang. Sayangnya perlahan mulai punah dan hanya tersisa di beberapa tempat yang memproduksinya. Anda bisa berkunjung ke Kecamatan Margomulyo dan Ngraho, yang butuh waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Ambil jalur menuju Padangan lalu lajukan kemudi ke arah Ngawi.

Tepatnya di Desa Geneng Anda akan menemukan puluhan pengrajin yang masih bertahan. Berbagai macam produk dihasilkan dari akar jati seperti almari, guci, meja, hingga cindera mata. Asyiknya para pengunjung diperbolehkan terlibat dalam proses produksi, mulai dari pemilihan kayu sampai pembuatannya. Jadi Anda tidak hanya berlibur disini tetapi juga mendapat pengalaman baru.

14. Taman Hutan Segawen

Jika mencari tempat wisata di Ngawi yang sejuk, Anda bisa mengunjungi Taman Hutan Segawen. Ada nuansa alami yang masih terjaga begitu keindahannya. Destinasi ini juga dilengkapi konsep yang kekinian dan menarik untuk dikunjungi ketika liburan. Luasnya sekitar 3 hektare yang sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai. Seperti gazebo, gardu pAnda ng hingga rumah pohon.

Lokasi taman berada di Gagar, Desa Ngrayudan. Anda bisa membuat momen yang berkesan dan menyenangkan saat liburan di sini.

15. Pemandian Hargo Dumilah

Objek wisata yang berada di Desa Setono ini memiliki panorama alam yang menakjubkan. Anda bisa menuju destinasi ini dengan berkendara, kurang lebih jaraknya 30 kilometer dari jantung kota Ngawi. Begitu masuk Anda langsung disuguhi pepohonan jati yang tinggi dan rindang. Sehingga suasana di sekitar pemandian tampak asri, cocok bagi wisatawan yang ingin melepas penat.

Kolam pemandian bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia, ada sendiri kolam khusus anak-anak. Karena lokasi wisata berada di lereng tiga gunung besar, otomatis pemandangan yang dihasilkan sangat memesona. Latar belakang pemandian berupa area persawahan dan pegunungan menjadi daya tarik utama. Ditambah udara sejuk di ketinggian menjadi poin plus dari wisata ini.

16. Bukit Kerek Indah

Di atas bukit kerek indah, Anda bisa menikmati pemAnda ngan kota Ngawi dengan landscape alam perbukitan. Juga dengan sungai bengawan Solo yang dirasa sejuk. Beberapa spot foto di sini akan menjadikan liburan Anda makin mengesankan. Misalnya saja seperti taman bunga, plang jalan dengan berbagai kata-kata lucu hingga jembatan kayu.

Bukit kerek indah ini berada di Poncol, Desa Kerek. Jangan lupa untuk membawa kamera canggih dan siapkan pose terbaik untuk menghasilkan foto keren.

17. Hutan Pinus Suwono

Untuk menuju destinasi alam ini Anda bisa menempuh melalui tiga jalur. Jika berangkat dari kota Ngawi Anda bisa mengambil jalur ke arah Jogorogo-Ngrambe. Lain cerita bila Anda berasal dari arah Gendingan, berarti harus mengambil jalur Gendingan-Ngrambe. Setelah memasuki wilayah Pasar Ngrambe, melaju sampai menumpai SDN Hargomulyo lalu ikuti petunjuk jalan.

Dari lahan parkir Anda perlu berjalan kaki untuk mencapai air terjun. Harap berhati-hati sebab jalan setapak masih tanah berbatu dan lumayan menanjak. Jika Anda melanjutkan perjalanan ke atas, maka akan menemukan air terjun yang menakjubkan. Di hutan pinus ini Anda akan melihat keindahan alam dari ketinggian, serta menikmati hawa sejuk khas pegunungan.

18. Omah Watu

Namanya adalah omah watu. Tempat wisata ini merupakan bangunan yang terbuat dari watu atau batu dan tersusun batu unik tanpa menggunakan semen atau perekat lainnya. Batu yang disusun tak beraturan ini memang menjadi daya tarik yang berbeda.

Lokasi omah watu berada di Bulurejo 2, Hargomulyo. Omah Watu masuk di Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

19. Wisata Watu Jonggol

Kali ini Anda akan beralih ke kaki Gunung Lawu. Ada Wisata Watu Jonggol disana yang memiliki pemAnda ngan asri dan udara sejuk. Disebut dengan watu jonggol karena memang di tempat ini ada batu besar yang sebagiannya tertutup tanah. Ada kolam renang yang bersumber dari mata air alami yang segar.

Berenang dan menikmati pemAnda ngan alam disini menjadi liburan yang mengesankan. Lokasinya berada di Sedonomulyo, Desa PAnda nsari.

20. Taman Wisata Banyu Redjo Park

Berbeda dengan tempat wisata di Ngawi yang satu ini. Mini waterboom ini dibuka di tahun 2019 yang menjadi salah satu spot wisata menarik. Tidak hanya menyediakan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. tetapi juga taman wisata ini dilengkapi adanya selfie zone yang indah. Ada taman, free wifi dan mini cafe.

Tagline dari Taman Wisata Banyu Redjo Park ini adalah wisata mewah, harga murah, akses mudah, pemAnda ngan indah dan pelayanan ramah. Lokasinya di Jalan Raya Kedunggalar Km 3 Jenggrik.

21. Gapura Mushola Ponpes Pak Soli

Belakangan ini sedang populer salah satu spot foto instagramable dari sebuah gapura mushola. Letaknya di Desa Gerih tepatnya di Dusun Kepuh, jaraknya lumayan jauh bila dari pusat kota. Awalnya belum banyak yang tahu namun seiring waktu gapura ini viral di platform instagram. Alhasil hingga kini masih sering berdatangan para pemburu koleksi foto.

22. Ngawi Agro Techno Park

Menyajikan wisata alam dan edukasi, Ngawi Agro Techno Park ini memiliki konsep yang menarik. Ada penataan taman yang unik dengan jembatan kayu di sekitarnya serta terlihat begitu keren. Ada juga view gunung lawu dan aliran sungai yang membuat suasana makin syahdu. Sepanjang perjalanan Anda bisa merekam dan melihat bagaimana pesona alam di sekitar lokasi wisata.

Tepatnya berada di Mangkleng, Desa Wakah. Lokasi ini masuk di Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

23. Air Terjun Suwono

Air terjun suwono tergolong sebagai air terjun yang berbeda. Sebab, tempat wisata ini memang cukup tersembunyi dan membuat Anda sedikit berpetualang. Ada jalan setapak diantara rimbunnya hutan pinus yang memberi sensasi liburan anti mainstream. Meski perjalanan melelahkan tetapi di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan hutan pinus juga.

Lokasinya ada di Ngetrep, Desa Hargomulyo. Beberapa pengunjung sering berburu spot foto kekinian di air terjun suwono ini.

24. Air Terjun Teleng

Perjalanan menuju lokasi air terjun teleng memang dipenuhi dengan panorama hutan pinus yang asri. Ada gemericik air terjun yang dipadukan suara alam serta membuat suasana makin syahdu. Sementara nuansa hijau alami ini juga tak kalah menawan.

Abadikan momen liburan Anda di air terjun teleng yang terletak di Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo. Mereka yang ingin nuansa alami ketika berwisata bisa mengAnda lkan air terjun teleng.

25. Srambang Park

Srambang Park berada di kawasan pegunungan yang sejuk. Srambang Park ini cukup hits karena memang sebelumnya dikenal sebagai tempat wisata air terjun yang eksotis. Namun kali ini Srambang Park dilengkapi dengan taman yang kekinian. Ada juga jembatan bambu, hutan pinus serta aliran sungai alami.

Lokasinya berada di Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Ada payung yang berwarna-warni di antara rindangnya pinus. Cocok untuk mereka yang suka dengan fotografi. Temukan spot foto unik di Srambang Park ketika Anda berkunjung ke Ngawi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”