25 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Terhits Dikunjungi

ulinulin.com – Inilah Daftar Tempat Wisata Favorit di Wonosobo, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki daya tarik wisata sendiri-sendiri. Seperti yang ada di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yakni Wonosobo. Keindahan wisata di sana ternyata tak semua terekspose bahkan warga setempat juga terkadang tidak mengetahui adanya objek wisata yang melimpah ruah.

Meski terkenal dengan adanya Jembatan Merah Putih Dieng, tetapi Wonosobo memiliki lebih dari itu. Ada banyak telaga dengan keindahan yang ditawarkannya. Juga dengan wisata kuliner setempat yang seolah menarik perhatian para wisatawan yang datang dari luar daerah. Berikut daftar tempat wisata di Wonosobo yang wajib Anda kunjungi saat berlibur.

1. Batu Ratapan Angin

Destinasi wisata pertama yang dapat Anda kunjungi saat berada di Wonosobo adalah Batu Ratapan Angin. Tempat wisata ini kerap kali disebut dengan nama lain yakni sebagai Batu Pandang Dieng. Kawasan wisata ini akan menyuguhkan Anda berupa pemandangan yang sangat indah nan menakjubkan. Terlebih lagi dengan nuansa dan suasananya yang sangat sejuk dan asri dikarenakan banyak pepohonan.

Dari atas ketinggian atau puncaknya, Anda akan menyaksikan sebuah perpaduan pemandangan alam yang sangat menawan. Nantinya dari atas sini Anda dapat melihat keindahan dari Telaga Warna. Terlebih lagi akan terlihat sebuah deretan pegunungan hijau dari kejauhan, yang mana menambahkan kesan damai dan menyejukkan mata. Selain itu, di tempat ini juga menyediakan berbagai wahana permainan.

2. Lubang Sewu

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Lubang Sewu ini menjadi temapt wisata populer dan banyak orang yang datang dan melihat bagaimana keindahan yang dimilikinya. Alamat dari tempat wisata ini cukup dekat dengan Waduk Wadaslintang. Ada pemandangan yang terbilang mirip dengan Green Canyon Amerika.

Lubang Sewu terletak di Kecamatan Wadaslintang Wonosobo. Ada bebatuan yang tersusun rapi dan Anda bisa memotret pemandangan indah di Lubang Sewu ini.

3. Gunung Prau

Saat mendengar kata Wonosobo, tentunya sudah tidak asing lagi bahkan identik dengan nama sebuah gunungnya. Yakni Gunung Prau, yang mana merupakan sebuah puncak tertinggi dari dataran tinggi Dieng. Kawasan wisata alam satu ini telah terkenal dengan panorama keindahan alamnya yang sangat memukau. Terlebih lagi daerah ini menjadi spot terbaik bagi Anda yang ingin melihat sunset dan sunrise.

Gunung dengan ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut ini, menawarkan dan menyuguhkan sebuah keindahan lanskap dataran Dieng. Untuk dapat menikmati keindahan tersebut Anda perlu mendaki hingga di puncaknya, yang mana ditempuh selama dua sampai tiga jam. Dengan waktu pendakian yang relatif terjangkau, tak heran apabila tempat ini menjadi jalur pendakian favorit.

4. Curug Winong Kaliwiro

Tempat wisata berikutnya adalah Cuug Winong Kaliwiro. Tempat ini memiliki akses jalan yang terbilang cukup sulit karena harus melalui pemukiman penduduk setempat. Tetapi Anda juga tak perlu takut tersesat karena di sepanjang perjalanan ini ada petunjuk jalan agar bisa sampai di lokasi wisata.

Curug Winong Kaliwiro ini berada di Desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro Wonosobo. Ketika nanti sudah sampai di tempat parkiran, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jarak sekitar 300 meter untuk sampai ke lokasi wisata.

5. Padang Savana Dieng

Lokasi selanjutnya yang wajib untuk Anda saksikan keindahannya adalah Padang Savana Dieng. Tempat ini menjadi favorit bagi setiap wisatawan yang berkunjung di Wonosobo. Padang savananya menawarkan sebuah keindahan padang ilalang yang sangat eksotis dan menawan. Untuk dapat tiba di lokasi ini, Anda perlu melakukan sebuah pendakian singkat. Yang mana sepanjang jalur pendakian akan dimanjakan dengan pemandangan alam.

6. Pemandian Air Hangat Kalianget

Setelah seharian puas untuk berkeliling, Anda bisa datang ke Pemandian Air Hangat Kalianget. Tempat ini tak jauh dari Alun-Alun Wonosobo yang jaraknya adalah 4 km saja. Jika datang berkunjung, jangan lupa untuk berendam di air hangat dan melihat pemandangan taman yang asri.

Alamat pemandian ini berada di Jalan Raya Wonosobo, Dieng. Tepatnya 3 km Wonosobo dimana akses menuju lokasi juga cukup mudah.

7. Kawah Dieng

Yang tak kalah ndah adalah Kawah Dieng. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dengan pemandangan alam yang sangat khas. Disebut juga dengan Kawah Sikidang yang termasuk sebagai tempat wisata di Wonosobo paling favorit. Bahkan banyak warga dari luar kota yang datang berkunjung.

Wisata gunung api ini juga memiliki aktivitas vulkanik sehingga kalaupu datang harus berhati-hati. Luas Kawah Dieng sekitar 200 meter persegi dan letaknya berada di dataran yang cukup rendah. Letaknya berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon.

8. Bukit Seroja

Tertarik berkunjung dan berlibur di sebuah bukit? Wonosobo juga menyediakan sebuah kawasan wisata dengan keindahan panorama alamnya sangat menyejukkan, yakni Bukit Seroja. Nantinya di tempat wisata ini Anda dapat menyaksikan keindahan Telaga Menjer, yang mana dapat dinikmati dari atas ketinggian. Dengan banyaknya pepohonan, mampu menciptakan kesan yang sangat tenang dan nyaman.

Untuk dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, Anda harus mendaki agar dapat sampai di lokasinya. Meskipun akan terasa lelah, namun semuanya akan terbayar dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Nantinya Anda juga dapat menyaksikan perkebunan teh yang terhampar sangat luas. Disana telah disediakan beberapa gazebo dan surau yang dapat Anda gunakan.

9. Telaga Warna

Telaga warna merupakan tempat wisata andalan yang dikunjungi para wisatawan lokal ataupun wisatawan luar. Telaga Warna ini juga merupakan danau kecil yang sinar mataharinya bisa menembus ke dasar air danau. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat pemandangan yang menakjubkan ketika berada di ketinggian 2000 mdpl.

Lokasi Telaga Warna ini berada di Dieng Wetan, Wonosobo. Menemukan tempat wisata ini juga tak akan sulit. Anda bisa bertanya pada warga sekitar atau mengikuti petunjuk melalui google maps.

10. Kolam Renang Tirta Ria Tembelang

Tempat wisata favorit anak-anak ketika libur adalah pemandian atau kolam renang. Di Wonosobo Anda juga bisa menemukan tempat wisata yang penuh dengan wahana serta fasilitas menarik. Kolam Renang Tirta Ria Tembelang ini menyediakan berbagai wahana menarik untuk anak. Tetapi jangan lupa untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas mereka selama di kolam renang.

Lokasi wisata ini ada di Desa Tembelang Kecamatan Mojotengah Wonosobo. Anda bisa mengunjunginya bersama teman-teman tercinta dan berenang disana. Jangan lupa untuk membayar tiket masuknya dulu, ya!

11. Kebun Teh Tambi

Tempat lain untuk menghabiskan liburan di Wonosobo yang tak kalah keren adalah Kebun Teh Tambi. Tempat wisata ini bahkan terbilang memiliki akses jalan yang mudah ditempuh oleh kendaraan sehingga tentu nyaman untuk mengunjunginya. Jika sudah sampai di Kebun Teh, Anda bisa melihat pemandangan kebun teh yang hijau dan begitu luas.

Kebun Teh Tambi berada di Tambi, Kejajar. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl sehingga sering diselimuti kabut tebal.

12. Telaga Pengilon

Wonosobo memiliki beberapa destinasi telaga yang layak untuk dikunjungi, yakni Telaga Pengilon. Untuk lokasinya sendiri berada di dekat Telaga Warna. Namun, uniknya meskipun lokasinya berdekatan kedua telaga ini memiliki kandungan zat kimia yang berbeda. Tempat wisata ini tidak mengandung sulfur yang tinggi. Sehingga telaga ini hanya memiliki satu warna yang sangat bersih dan jernih.

13. Telaga Menjer

Danau ini dulunya difungsikan sebagai pembangkit listrik oleh pihak PLTA Garung. Telaga menjer juga terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja yang dulu aktif. Namun sebelum letusan, lokasi ini hanya berupa mata air kecil yang meluas ketika turun hujan.

Lokasinya ada di Maron, Garung Kabupaten Wonosobo. Di sana ada penyewaan perahu yang harganya hanya Rp. 10.000 saja. Bisa juga dijadikan tempat untuk memancing.

14. Tuk Bimo Lukar

Tempat wisata yang satu ini berupa mata air suci yang dimanfaatkan oleh umat Hindu Kuno Dieng. Konon, dulu ada seorang tokoh Pandawa yang bernama Bmo Seno yang melukar atau melepas pakaian dan disucikan menggunakan mata air disini.

Tuk Bimo Lukar berada di Dieng, Kejajar. Tepatnya berada di dataran tinggi Dieng dan sumber mata ar berasal dari Gunung Prau yang merupakan hulu dari Sungai Serayu.

15. Gunung Lanang Mergolangu

Objek wisata di Wonosobo berikutnya adalah Gunung Lanang Mergolangu. Meski tergolong baru, justru pemandangan alamnya masih begitu alami dan memiliki kesejukan dari air terjun di sana. Nantinya di sore hari, Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam yang mana aksesnya juga sudah dipermudah.

Letak tempat wisata ini ada di Mergolangu, Kalibawang. Adanya akses yang mudah tidak hanya membuat pengunjung juga lebih mudah datang ke Gunung Lanang tetapi akses ini juga meningkatkan lapangan pekerjaan yang ada di sekitar Gunung Lanang.

16. Jembatan Merah Putih Dieng

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Jembatan Merah Putih Dieng. Kata merah putih ini memiliki arti dan maksudnya sendiri. Yakni berarti bahwa melambangkan bendera Indonesia dan dijadikan sebagai pengingat atas kekayaan wisata alam di Indonesia yang sangat beragam. Serta dimaksudkan agar seluruh warganya lebih mencintai dan menghargai negeri kita.

Saat berada di sini, nantinya Anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon pada setiap sisi jembatannya. Suasananya sendiri sangatlah eksotis, dengan lingkungan yang hijau mampu menciptakan kesan yang nyaman dan menyejukkan. Tak heran apabila tempat ini menjadi lokasi favorit untuk berlibur atau sekedar melepaskan penat.

17. Basecamp Bukit Sikunir

Bukit Sikunir ini terkenal karena adanya keindahan Golden Sunrise. Anda bisa menyaksikannya langsung dan harus mencari waktu yang tepat agar tak terlalu ramai dengan pengunjung. Di acara-acara tertentu, jalur menuju tempat wisata ini seringkali macet. Dulunya bukit ini ditemukan oleh wisatawan asing yang datang ke Dieng pada tahun 80an.

Lokasinya berada di Sembungan, Kejajar. Nama unik Sikunir sendiri berasal dari tanaman rempah Kunir yang berwarna kuning. Warna yang menunjukkan pantulan sinar matahari ketika sunrise.

18. Bukit Siloreng Indah

Berada di ketinggian 800 mdpl, Bukit Siloreng Indah ini memiliki pemandangan yang sesuai namanya, indah. Disana nanti para wisatawan bisa melihat pemandangan dari berbagai daerah seperti Banjarnegara, Kebumen hingga Magelang. Lokasinya juga tidak jauh dari pemandian Kalianget.

Letak Bukit Siloreng Indah berada di Desa Somogede, Kecamatan Wadaslintang. Banyak warga yang sering memodifikasi motornya agar bisa berkunjung ke tempat ini, menaiki bukit.

19. Embung Kledung

Sebuah kolam raksasa yang ada di lereng Gunung Sindoro. Embung ini dulunya dibangun agar bisa mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Berbentuk persegi panjang dengan setiap sisi sekitar 83 meter dan kedalaman 3 meter. Ada pemandangan alam yang sejuk, indah dan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasinya berada di Km 11, Jalan Raya Parakan Wonosobo. Tarif yang dikenakan masuk ke tempat wisata ini adalah Rp. 6.000 per orang. Jam operasional yang diberlakukan adalah dari jam 05.30 hingga 18.00.

20. Telaga Merdada

Destinasi wisata satu ini terkenal sebagai salah satu danau terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga Merdada merupakan sebutan untuk wisata ini, meskipun sebagai telaga terluas kawasan ini tidak memiliki sumber air. Seluruh air yang ada berasal dari tampungan air hujan. Dikarenakan hal tersebut, saat musim kemarau nantinya air di telaga akan mengering dan bagian tengahnya dapat terlihat jelas.

Meskipun begitu, seluruh pengunjung dilarang untuk berjalan di telaga ini. Dikarenakan bagian dasarnya berupa lumpur sehingga sangat berbahaya jika dilintasi. Terlepas dari airnya, seluruh panorama pemandangan alamnya sangat menyejukkan mata. Di sekitar telaga ini ada sebuah perbukitan yang sangat hijau nan indah. Bahkan nuansanya sangat sejuk, tak heran jika betah berada di sini.

21. Air Terjun Sikarim

Termasuk tempat wisata yang ada di pelosok tak menjadikan Air Terjun Sikarim ini terlupakan begitu saja. Para wisatawan yang datang harus menyusuri jalan yang berliku dan rusak. Namun ada pemandangan indah luar biasa yang bisa didapatkan.

Lokasinya berada di Sembungan, Kejajar dengan tiket masuk sebesar Rp. 6.000 saja per orang. Sebaiknya Anda menggunakan motor khusus tracking agar perjalanan menjadi lebih lancar. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan dengan memotret pemandangan di Air Terjun Sikarim.

22. Dieng Plateau

Dataran tinggi Dieng merupakan objek wisata terkenal di Wonosobo dan juga di Banjarnegara. Lokasi ini disebut menjadi yang eksotis dan menarik perhatian para wisatawan baik lokal ataupun dari luar wilayah tersebut.

Letaknya berada di Bakal, Batur. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 12.000 per orang. Disini nanti Anda bisa menemukan banyak objek wisata lain. Seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon hingga Dieng Plateau Teather.

23. Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan salah satu destinasi wisata telaga yang menawarkan sebuah panorama pemandangan alam yang indah. Di sekitar area telaganya terdapat banyak lahan pertanian milik penduduk sekitar yang mampu menciptakan kesan keindahan tersendiri. Letaknya yang berada di atas ketinggian, membuat banyak orang beranggapan bahwa ini merupakan telaga di atas awan.

24. Arung Jeram Serayu

Untuk para wisatawan yang suka memacu adrenalinnya, Anda bisa memilih Arung Jeram Serayu. Menjadi yang terbesar di Jawa Tengah tempat wisata ini seolah sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda bisa melakukan river camp, family camp hingga excellent.

Lokasinya berada di Jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan. Jangan lupa untuk tetap menyiapkan kondisi fisik yang kuat karena seperti yang kita tahu bahwa arung jeram ini tentu membutuhkan tenaga yang ekstra.

25. Gardu Pandang Tieng

Tempat wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi saat di Wonosobo adalah Gardu Pandang Tieng. Wisata satu ini menjadi lokasi favorit untuk berlibur. Tempatnya yang terletak di atas ketinggian membuat Anda dapat menyaksikan seluruh pemandangan yang indah. Bahkan lokasi ini menjadi tempat favorit untuk menyaksikan sunrise. Dengan perpaduan pemandangan yang pas mampu menghasilkan nuansa yang indah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”