3.123 atlet turun di Student Athletics Championships 2022 Yogjakarta

ulinulin.com – Kompetisi atletik pelajar dengan tajuk Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 terus bergulir dan kini 3.123 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA turun pada kualifikasi Yogjakarta di Stadion Mandala Krida, Jumat.

Pada hari pertama kejuaraan, ada 12 nomor lomba atletik dipertandingkan dan salah satunya adalah penyisihan lari 800 meter kategori SMP untuk putra dan putri. Delapan siswa yang mencatatkan waktu terbaik akan kembali bersaing di babak final, Minggu (23/10).

Wakil dari SMPN 4 Wonosari berdasarkan data yang dihimpun dari panitia, mendominasi pada penyisihan lari 800 meter. Sektor putri ada Asmaranti Lintang dengan catatan waktu 2 menit 54,98 detik. Sedangkan sektor putra diraih oleh Fahri Eko Supriyanto dengan 2 menit 20,13 detik.

Begitu juga dengan SMPN 2 Kretek (Bantul) juga tampil mendominasi dengan meloloskan tiga siswa terbanyak ke final nomor 800 meter putri yakni Cinta Aulia Salsabila, Keysa Nur Aini, dan Inesa Septia Putri. Sementara pada penyisihan sektor putra kategori SMP, SMPN 1 Playen berhasil meloloskan dua siswanya ke babak final yakni Zulfaquronata Yudha dan Raihan Fahriansyah.

Ketua Pengprov PASI Yogyakarta Bambang Dewanjaya di sela pembukaan Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia Yogyakarta Qualifiers mengatakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini dikemas dengan sangat menghibur.

Energen Champion SAC Indonesia memang memiliki rentetan acara mengasyikkan. Mulai dari roadshow di sekolah-sekolah pilihan. Rombongan suporter dari berbagai sekolah. Kompetisi mewarnai bagi anak-anak Sekolah Dasar. Hingga games dan trivia berhadiah.

“Ini suatu terobosan yang sangat luar biasa. Karena biasanya kejuaraan atletik itu dianggap sangat monoton dan tidak ada gelegarnya. Nah, dengan penyelenggaraan lomba yang penuh sentuhan entertainment para peserta yang berlomba tidak hanya stres memikirkan lombanya. Tetapi juga ada unsur menyenangkannya. Kalau begini mereka punya kesan yang tak terlupakan. Tentunya akan menanyakan lagi kapan perlombaan digelar,” katanya.

Energen Champion SAC Indonesia bekerja sama dengan PB PASI akan menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Jawa Barat (Bandung), Sumatera Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya).

Para juara di masing-masing kota kualifikasi selanjutnya akan diterbangkan ke Jakarta untuk berlaga pada National Championship di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 9-11 Desember mendatang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”