3 Cara Mengecek Kondisi Shock Absorber Mobil

ulinulin.com – Pernahkah Anda ketika sedang berjalan-jalan mengelilingi kota / luar kota dengan mobil kesayangan Anda, namun perlahan Anda merasa suspensi mobil Anda menjadi semakin keras? Terutama ketika melewati medan jalanan yang tidak mulus, seperti melewati polisi tidur atau lubang. Rasanya tidak nyaman dan seperti ada yang aneh bukan? Itu bisa jadi tanda shock absorber Anda sudah tidak prima dan perlu diremajakan atau diganti.

Apa itu Shock Absorber?

Salah satu hal penting dalam menjaga kenyamanan berkendara adalah shock absorber, yaitu komponen mobil yang berfungsi untuk meredam guncangan mobil pada jalan yang tidak rata. Kondisi shock absorber yang kurang baik akan menimbulkan guncangan yang mengganggu kenyamanan, sehingga harus cepat diatasi.

Apa ciri-ciri shock absorber sudah tidak bagus dan perlu diperbaiki?

Shock Absorber Mengalami Kebocoran

Salah satu ciri shock absorber sudah tidak bagus yang mencolok adalah apakah shock absorber mengalami kebocoran atau tidak. Hal ini bisa dilihat dengan melihat ke shock absorber. Bila terlihat mengalami kebocoran atau ada bekas kebocoran, maka pastikan kebocoran memang berasal dari shock absorber kemudian ganti dengan yang baru.

Tidak Segera Berhenti Ketika Dilakukan Uji Goncangan

Shock Absorber yang bagus adalah yang mampu menenangkan mobil dengan cepat tanpa banyak bounce. Hal ini bisa dipraktikkan dengan menekan mobil dengan gerakan naik atau turun dengan kondisi shock absorber masih menempel di mobil (disarankan untuk melakukannya di bengkel, dengan berbagai alat bantuan untuk memudahkan proses pengecekan). Jika mobil tidak segera tenang dalam 3 kali bounce atau lebih setelah dilakukan uji goncangan, maka itu bisa jadi ciri-ciri shock absorber sudah tidak bagus lagi. Disarankan untuk segera mengganti shock absorber agar menambah kenyamanan berkendara.

Kondisi Shock Absorber tidak Bagus Ketik Dilepas Dari Mobil

Selain melakukan uji coba ketika masih terpasan pada mobil, shock absorber juga bsa diuji dengan melepasnya dari mobil dengan cara-cara berikut:

Jika dari ketiga cara tersebut ditemukan bahwa pergerakan piston shock absorber terasa lama dan mengeluarkan suara yang tidak biasa, maka bisa dipastikan shock absorber Anda sudah tidak bagus dan layak diganti.

Ketiga ciri dan cara melihat kondisi shock absorber diatas perlu Anda praktekkan jika Anda merasa mobil Anda sudah tidak senyaman biasanya ketika di jalanan yang tidak rata. Segeralah ganti dengan shock absorber yang baru sebelum kondisi mobil Anda makin parah.

Namun, jika memang sudah umurnya mungkin sudah saatnya Anda mengganti mobil. Tenang, mencari mobil kini semudah membalikkan tangan saja dengan bantuan Momobil.id, situs jual beli mobil yang punya koleksi mobil terlengkap dengan sistem kredit yang aman dan terjamin. Yuk, cek Momobil.id sekarang juga!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”