3 Cara Mudah untuk Convert File Powerpoint ke Format PDF

ulinulin.com – Convert file Powerpoint ke PDF jadi salah satu fitur penting bagi aplikasi keluaran Microsoft. Dengan fitur yang menyediakan cara mengubah PPT ke PDF, materi bisa dipelajari oleh pengguna meski presentasi sudah berakhir.

Microsoft Powerpoint adalah aplikasi yang umum digunakan ketika seseorang akan melakukan presentasi.

Lazimnya, dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat slide yang akan membantu kamu dalam hal presentasi.

Nah, biasanya, ketika kamu selesai melakukan presentasi, akan ada beberapa orang yang meminta slide Powerpoint ini. Tujuan utamanya, ya, untuk mempelajari kembali setelah presentasi ini.

Nah, agar lebih mudah dibaca, file presentasi tersebut bisa dikonversi ke dalam bentuk PDF.

Lalu, bagaimana caranya mengoperasikan fitur ini? Tenang saja, di dalam tulisan ini, Glints akan menjelaskannya kepada kalian semua.

Cara Convert Powerpoint ke PDF

Untuk mengubah Powerpoint ke PDF, sebenarnya caranya tidak terlalu rumit. Disarikan dari sumber seperti halaman support Microsoft dan Business Insider, berikut beberapa di antaranya:

1. Lewat menu “Save As”

© Screenshot

Mula-mula, tentukan slide Powerpoint mana yang ingin kamu ubah menjadi PDF.

Setelah menemukan slide tersebut, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari menu “File”. Lalu, carilah pilihan “Save As”.

Agar lebih cepat, kamu dapat menekan tombol CTRL, Shift, dan S di keyboard-mu secara bersamaan.

Kemudian, setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog.

Nah, di dalam kolom “Save As Type”, kamu dapat langsung mencari pilihan “PDF”. Setelah itu, klik “Save”. Tunggu beberapa lama hingga proses penyimpanan selesai.

Lamanya proses penyimpanan ini bergantung pada jumlah slide yang kamu buat.

Selain itu, untuk membuat ukuran slide jadi lebih kecil, sebelum kamu klik “Save”, kamu dapat memilih pilihan “Minimum Size (publishing online)”.

2. Lewat menu “Export”

Selain menggunakan cara sederhana di atas, ada juga cara mengubah PPT ke PDF “Export”.

Ada beberapa langkah yang harus kamu tempuh. Langkah pertama, tentukan slide Powerpoint yang akan kamu ubah.

Kemudian, cari menu “File”, lalu cari menu “Export”. Setelah itu, cari pilihan “Create PDF/XPS Document”. Lalu, ambil pilihan “Create PDF/XPS”.

Setelah langkah ini dilakukan, beranjak ke langkah kedua, kamu harus mengubah slide Powerpoint kamu menjadi PDF juga. Cara ini tidak jauh beda dengan cara yang sebelumnya dijelaskan di atas.

Cari menu “File”, lalu cari menu “Save As”. Nah, di dalam kolom “Save as Type”, cari pilihan slide “PDF”. Kamu juga dapat memberikan slide kamu nama khusus dengan mengetikkan namanya di “Slide Name”.

© Microsoft Powerpoint

Selanjutnya, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih sebelum menyimpan Powerpoint yang sudah diubah ke PDF ini.

Jadi, sebelum klik “Save atau Publish”, kamu bisa klik menu “Options” untuk melihat fitur tambahan.

Pada bagian range, ada beberapa pilihan yang dapat kamu pilih. Ada pilihan “All”, yang nantinya akan membuat setiap slide yang kamu buat di Powerpoint ini menjadi PDF.

Namun, ada juga pilihan “Current Slide”. Dengan ini, kamu bisa memilih slide-slide mana saja yang akan diubah menjadi PDF.

Pilihan ini dikhususkan bagi kamu yang tidak ingin semua slide diubah menjadi PDF.

© Microsoft Powerpoint

3. Lewat online converter

Ada juga cara convert Powerpoint ke PDF dengan singkat. Jika mengetik kata kunci convert Powerpoint ke PDF di mesin pencari, kamu akan menemukan banyak online converter yang akan mengubah slide Powerpoint-mu menjadi PDF.

Caranya tidak terlalu sulit. Pertama, tentukan slide Powerpoint mana yang ingin kamu ubah. Setelah itu, masukkan slide itu ke website yang kamu pilih.

Secara otomatis, proses konversi akan berlangsung saat slide diunggah. Jika sudah selesai, kamu bisa mengunduh slide PDF itu.

Nah, itulah cara convert Powerpoint ke PDF yang lazim dilakukan sekarang ini. Semoga, tips ini bermanfaat bagi kamu, terutama jika sering menggunakan Microsoft Powerpoint.

Selain artikel ini, kamu juga bisa mendapatkan tips lainnya untuk memanfaatkan tool penunjang kerja lewat kanal Work Tools di Glints Blog.

Di sana, Glints sudah siapkan pembahasan mengenai berbagai pilihan alat penunjang kerja secara cara memanfaatkannya hanya untukmu.

Menarik, kan? Yuk, baca kumpulan artikelnya sekarang juga. Gratis!

Sumber

    How to save a PowerPoint presentation as a PDF to lock in formatting and allow anyone to view it

    Save PowerPoint presentations as PDF files

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”