3 Jenis Cuka yang Sahabat Dream Perlu Tahu Biar Tak Disebut Kudet Waktu Diajak Masak

ulinulin.com

    27SHARES

Shutterstock

Dream – Cuka adalah salah satu bahan dapur yang umumnya ada di rak dapur. Cuka biasa digunakan untuk menghilangkan lemak, jamur, atau membersihkan karpet dan bekas krayon yang membandel. Tidak hanya itu, cairan cuka juga cocok ditaburkan di atas salad dan acar untuk rasa asam yang fresh.

Sahabat Dream mungkin selama ini lebih akrab dengan cuka putih biasa. Tahukah kamu jika ada berbagai jenis cuka di pasaran dan salah satunya berasal dari perasan buah seperti cuka sari apel.

Beberapa bahan fermentasi, termasuk kelapa, beras, kurma, kesemek, madu, dan lainnya dapat digunakan untuk membuat cuka. Berikut adalah daftar berbagai jenis cuka yang tersedia di pasar yang harus Sahabat Dream tahu.

1. Cuka Sari Apel

© Shutterstock

Cuka sari apel, juga dikenal sebagai cuka apel, terbuat dari sari buah apel atau sari apel. Apel difermentasi dan melewati proses ekstensif untuk mengembangkan produk akhir.

Cairan cuka ini berwarna kuning pucat dan terbuat dari buah apel yang ditekan, yang menambahkan rasa buah ke dalamnya. Kaya nutrisi, cuka sari apel digunakan dalam salad, chutney, pengawet makanan dan bumbu.

2. Cuka Beras

© Shutterstock

Cuka beras adalah salah satu bentuk cuka kuno, yang tidak mendapatkan banyak popularitas di industri kesehatan. Dibuat dengan memfermentasi beras, cuka beras tersedia dalam warna putih, merah atau hitam dan juga tersedia dalam bentuk yang mengandung asam asetat dan asam amino dalam jumlah sedang.

Cuka beras putih digunakan untuk mengasinkan sayuran, sedangkan cuka beras merah digunakan untuk membuat saus atau saus. Sebaiknya perhatikan kehalalan produk cuka beras yang Sahabat Dream pilih ya.

3. Cuka Tebu

Dikenal sebagai cuka tebu, cuka jenis ini diekstrak dari tebu dan biasa digunakan di Filipina. Rasa cuka tebu seperti cuka beras. Namun, berbeda dengan namanya, cuka tebu tidak manis dan memiliki rasa yang mirip dengan jenis cuka lainnya.

Sama dengan hasil fermentasi lainnya, perhatikan logo halal sebelum memilih produk makanan ya, Sahabat Dream.

(Sumber: Boldsky)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”