35 Daftar Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur

ulinulin.com – Gresik merupakan kabupaten di Jawa Timur yang dikenal sebagai kota santri dan berbatasan dengan Surabaya, Selat Madura, Lamongan, Sidoarjo serta Mojokerto. Dari segi pariwisata, daerah ini memiliki banyak tempat wisata religi seperti makam para wali.

Namun selain itu banyak potensi tempat wisata lainnya seperti hutan mangrove, telaga, waterpark, pantai, dan lain-lain. Berikut ini daftar objek wisata terbaik di Gresik dan sekitarnya 2022 lengkap dengan gambar serta keterangannya.

1. Telaga Ngipik

Alamat: Ngipik, Kab. Gresik, Jatim 61151Koordinat: Klik Disini

Danau Ngipik berada di kawasan industrik Gresik. Pemandangan menuju ke tempat telaga sangat indah. Ada banyak pepohonan di tepinya dan tersedia fasilitas ski air yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Selain itu bagi yang senang memancing bisa juga melakukannya di tempat ini. Ada banyak pengunjung yang memancing di sini dan tersedia perahu kecil yang bisa digunakan untuk memancing di tengah telaga.

2. Dynasty Water World Gresik

Lokasi: Jalan Rantau I, No. 27-29, Manyar, Yosowilangun, GresikKoordinat: Klik DisiniTiket Masuk: Rp.50.000 – 75.000 per OrangJam Operasional: 09.00 – 17.00Telepon: (031) 99102308

Dynasty Water World memiliki berbagai wahana menarik antara lain kiddy pool, futsal air, dynasty jacuzzi, lazy river, raft slide, racing slide, dan lain-lain. Pengunjung bisa datang bersama keluarga dan anak-anak.

Harga masuknya memang tidak murah tapi sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Keamanan pengunjung cukup terjaga dengan adanya pool guard di setiap wahana. Selain wahana permainan air, tersedia tempat untuk berbagai acara baik indoor maupun outdoor.

3. Bukit Jamur

Alamat: Bungah, Kabupaten GresikKoordinat: Klik DisiniTarif: Rp.3.000 per Motor, Rp.10.000 per MobilJam Operasional: 06.00 – 17.00

Bukit Jamur berupa batu terkikis oleh angin dan membentuk seperti jamur. Ini merupakan salah satu fenomena alam yang unik. Bagian atas batu lebih kuat daripada bawahnya sehingga kelihatan terbentuk seperti jamur.

Mushroom Rock seperti bukit jamur biasanya terjadi di daerah kering seperti gurun pasir. Sebelumnya tempat ini merupakan bekas penambangan kapur. Pemandangan yang unik membuat banyak orang kemudian datang dan berfoto dengan latar spot tersebut.

4. Alun-Alun Gresik

Lokasi: Jl. KH. Wachid Hasyim, Bedilan, Kec. GresikKoordinat: Klik Disini

Alun-alun kota selalu bisa menarik warganya untuk berkumpul di sana, begitu juga di Gresik. Para warga biasanya datang untuk bersantai atau berolahraga.

Saat bulan Ramadhan banyak pedagang kaki lima yang berjualan, warga bisa menikmati kuliner untuk berbuka di sini atau untuk makan malam.

5. Pantai Delegan

Alamat: Delegan, Panceng, Campurejo, GresikKoordinat: Klik DisiniJam operasional: pagi – 17.00

Pantai Delegan merupakan salah satu obyek wisata yang populer di Gresik. Ombaknya cukup tenang sehingga aman untuk didekati atau bahkan berenang, tapi jangan sampai ke tengah laut ya, karena bahaya.

Pasir putih pantai ini juga sangat lembut, anak-anak bisa bermain di sana. Spot tersebut akan semakin ramai dikunjungi saat hari libur tiba.

6. Makam Sunan Prapen

Lokasi: Jalan Sunan Prapen, Kebomas, Gresik, 61124Koordinat: Klik DisiniJam Operasional: Buka 24 Jam

Sunan Prapen merupakan penerus dinasti Giri keempat. Beliau merupakan pujangga besar yang menggubah kitab ASRAR serta seorang pembuat keris. Makamnya terletak di Desa Klangonan, Kebomas, sekitar 400 meter dari tempat Sunan Giri dimakamkan.

Sunan Prapen wafat pada tahun 1605 Masehi. Jalan menuju ke sana terdapat “watu dodok”, konon bagi pasangan suami istri yang belum mendapat keturunan akan segera memiliki anak jika duduk di batu itu.

7. Makam Nyai Ageng Pinatih

Alamat: Jl. KH. Kholil No.25, Pekelingan, Kecamatan GresikKoordinat: Klik Disini

Makam Nyai Ageng Pinatih biasa menjadi tempat ziarah. Beliau merupakan tokoh wanita Islam yang berjasa sebagai ibu angkat Sunan Giri.

Para peziarah makan Sunan Giri tak lengkap jika tak datang ke makam ibu angkatnya ini. Dahulu beliau terkenal sebagai saudagar kaya yang dihormati raja.

8. Pantai Wisidi Kutanya

Lokasi: Jalan Raya Campurejo, Pantai Dalegan, Gresik, 61156Koordinat: Klik DisiniTiket Masuk: Rp.3.500 per Orang, Rp.2.500/anak

Pantai Wisidi berada di kawasan wisata Segoro Indah Dagelan. Para wisatawan biasanya berenang dengan pelampung atau berjemur di pinggir pantai. Pada bulan tertentu, spot tersebut cocok digunakan untuk berselancar.

Di tepi pantai tak jarang digunakan untuk bermain atau latihan bola voli. Selain itu spot tersebut juga dapat digunakan untuk lomba perahu atau memancing.

9. Masjid Agung Gresik

Alamat: Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo, Kembangan, Kebonmas, Klangonan, Kecamatan GresikKoordinat: Klik DisiniTelepon: (031) 3955198

Masjid Agung Gresik terletak di bara Alun-Alun kota. Masjid tua ini awalnya merupakan sebuah musholah kecil pada zaman Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Saat dipimpin oleh Kanjeng Poesponegoro tahun 1.600 Masehi, masjid tersebut dibangun dengan sangat megah dan terus diperbaiki sampai sekarang.

Saat ini terdapat menara kembar yang membuatnya semakin terlihat kokoh. Para wisatawan yang berkunjung ke WAli Songo biasanya akan singgah di masjid ini beristirahat dan beribadah.

10. Pelabuhan Gresik

Lokasi: Kebungson, GresikKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: 08.00 – 20.00

11. Dermaga Perahu Klotok, Gresik

Alamat: Pekelingan, GresikKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: Buka 24 Jam

Berwisata dengan perahu akan menjadi pengalaman yang tak biasa. Saat berkunjung ke Gresik, bisa mampir ke dermaga di Pekelingan.

12. Bukit Kapur Sekapuk

Lokasi: Sekapuk, Ujungpangkah, GresikKoordinat: KlikDisiniTelepon: 0857-9996-6669

Bukit Kapur Sekapuk merupakan daerah pertambangan. Area bukit ini cukup luas dan memiliki beberapa spot menarik. Bekas galian tambang membentuk lorong serta tebing kapur. Para penambang biasanya membuat batu bata kapur dengan gergaji bukan mesin.

Pemandangan bukit yang indah ini sebenarnya bukan tempat wisata namun bisa dikunjungi dengan memilih waktu yang tepat. Pilih waktu saat tidak ada truk-truk penambang.

13. Bumi Perkemahan Semen

Alamat: Perum Dinas PT Semen Kecamatan kebomas, Sidokumpul, GresikKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: Minggu-Senin 04.30 – 20.30

Bumi Perkemahan Semen tak hanya menyediakan tempat berkemah saja. Di sana tersedia fasilitas untuk melakukan aktivitas outbond. Anak-anak bahkan bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk bermain sambil berpetualangan.

14. Wisata Goa Angin

Lokasi: Jl. Raya Gresik, Kemantren, Paciran, Kabupaten LamonganKoordinat: Klik DisiniTiket Masuk: sukarela

Goa Angin pertama kali ditemukan pada tahun 2004. Kemudian banyak warga yang mulai tertarik berwisata ke tempat ini. Spot tersebut memiliki lubang yang mengeluarkan angin dan sesekali uap. Sayangnya sempat ditutup karena banyak yang melakukan ritual mistis.

15. Mangrove Ujungpangkah

Alamat: Banyuurip, Ujungpangkah, Kabupaten GresikKoordinat: Klik DisiniTarif: Rp.10.000 per Orang

Mengrove Ujungpangkah merupakan wisata hutan bakau. Pemandangan indah mangrove yang tumbuh di atas air memberikan sensasi berbeda bagi para pengunjungnya.

Ada jembatan kayu yang dibangun agar bisa mengelilingi hutan bakau dan melihat lebih dekat. Selain itu terdapat dua rumah joglo dan trek jogging. Bagi yang ingin berkontribusi bisa ikut acara penanaman bibit mangrove.

16. Masjid Besar Kanjeng Sepuh Sidayu

Lokasi: Jalan Kanjeng Sepuh Sidayu, Pengulu, GresikKoordinat: Klik DisiniTelepon: (031) 3940180

Masjid Besar Kanjeng Sepuh Sidayu merupakan salah satu masjid bersejarah di Gresik. Di dalam kompleksnya juga terdapat makam Kanjeng Sepuh Sidayu. Masjid ini didirikan pada tahun 1178 H atau 1758 M.

Pendirinya adalah Bupati pertama Sidayu, Raden Kromo Widjojo. Sama seperti makamnya, bentuk atap dan mimbar masjid memiliki motif budaya pra Islam dan Islam.

17. Malindo Swimming Pool

Alamat: Lowayu, Dukun, GresikKoordinat: Klik DisiniTarif: Rp.10.000 per OrangJam Operasional: 08.00 – 18.00Telepon: 0838-3222-1889

Kolam Renang Malindo menjadi pilihan wisata air yang cukup murah. Anak-anak banyak yang diajak berlibur ke kolam ini saat hari libur. Kebanyakan dari daerah sekitar seperti Gresik dan Lamongan.

18. Danau Telaga Rambit

Lokasi: Jl. Telaga Rambit No.14, Kauman, Sidayu, Kabupaten GresikKoordinat: Klik Disini

Telaga Rambit merupakan situs peninggalan dari Bupati Kanjeng Sepuh. Konon telaga ini berasal dari sebuah batu akik psaka yang ditancapkan sang bupati pada tanah gersang.

Setelah itu menyembur air bersih dan tawar. Telaga ini tidak pernah mengering airnya walaupun musim kemarau. Ada banyak ikan dan tanaman air yang hidup di sini.

19. Wisata Mangrove Gunung Anyar

Alamat: Jalan Medokan Sawah Timur, Segoro Tambak, Sedati, Kabupaten SidoarjoKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: 10.00 – 17.00Telepon: (031) 77633900

Wisata Hutan Mangrove Gunung Anyar berada di Sidoarjo tak auh dari Gresik. Lokasinya bisa dibilang terpencil atau tersembunyi.. Memiliki suasana yang masih alami membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri.

20. Prasasti Butulan

Lokasi: Gosari, Ujungpangkah, GresikKoordinat: Klik Disini

Prasasti Gosari atau Butulan berada di Goa Butulan, Gresik. Prasasti ini diukir di permukaan dinding gua tidak di batu seperti pada umumnya.

Telah disimpulkan bahwa prasasti ini berkaitan dengan Kerajaan Majapahit tepatnya pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Sinya bercerita tentang ksatia bernama Sang Rama Samadya yang menghuni gua karena diasingkan.

21. Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno

Alamat: Jalan Sunan Giri 13, Kebomas, Kabupaten GresikKoordinat: Klik Disini

Situs Giri Kedaton awalnya merupakan sebuah kerajaan Islam di Gresik pada abad ke 15 – 17. Giri Kedaton didirikan oleh Raden Paku, awalnya berupa pondok pesantren.

Di sana terdapat beberapa peninggalan berupa reruntuhan bangunan, dua lubang wudu, empat makam kuno, dan lain-lain. Spot ini juga sangat menarik untuk dikunjungi.

22. Kolam Pancing Pantura

Lokasi: Banyuwangi, Manyar, GresikKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: 08.00 – 18.00Telepon: 0822-3105-5515

23. Makam Pusponegoro

Alamat: Jl. Malik Ibrahim, Bedilan, Gresik 61119Koordinat: Klik Disini

24. Museum Sunan Giri

Lokasi: No, Jl. Pahlawan No.24, Bedilan, Kec. Gresik,Koordinat: Klik DisiniJam Operasional: 08.00 – 15.00Telepon: (031) 3981990

Museum Sunan Giri sudah berdiri sejak 17 Maret 2003. Barang yang dipamerkan disini bukan berarti milik Sunan Giri, akan tetapi berasal dari Giri. Salah satu koleksinya yaitu bedug peninggalan Maulana Malik Ibrahim dari akhir abad 14 H.

Bedug itu terbuat dari kayu besar dan kulit lembu dengan panjang 100 cm, diameter 67 cm. Barang-barang bersejarah lainnya antara lain fragmen sajadah, surban Sunan Giri, keris Kalam Munyeng, tombak, pelana kuda, umpak kayu, rebana, Al Quran tulisan tangan, dll.

25. Plaza Gresik

Alamat: Jl. Veteran No. 10, Gapuro Sukolilo, GresikKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: 09.00 – 10.00

26. Danau Kastoba

Lokasi: Pulau Bawean, Danau/Waduk, Sangkapura, Kabupaten GresikKoordinat: Klik Disini

Danau Kastoba berada di tengah-tengah Pulau Bawean yang masih termasuk wilayah Gresik. Pulau Bawean sendiri berada di sebelah utara Gresik, tepatnya di Laut Jawa. Konon danau ini berasal dari sebuah pohon Kastoba.

Pohon tersebut sangat besar sekali dan dimiliki ratu jin di Pulau Bawean. Jika ingin pergi ke tempat ini sebaiknya membawa bekal karena akses menuju ke sana yang melelahkan. Danau Kastoba berada di ketinggian, dengan banyaknya pepohonan besar yang rindang.

27. Pasar Menganti

Alamat: Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa TimurKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: 03.00 – 10.00

28. Water Park Ladiva

Lokasi: Hulaan, Menganti, GresikKoordinat: Klik DisiniTiket Masuk: Rp.25.000 – 30.000 per OrangJam Operasional: 09.00 – 17.00Telepon: (031) 51161372

Waterpark Ladiva merupakan kawasan rekreasi terbaru di Menganti, Gresik. Di tempat ini disediakan kolam renang, waterboom, drypool air mancur, wet futsal, foodcourt, dan lain-lain.

Semua anggota keluarga dari anak-anak sampai orang dewasa dapat datang ke tempat ini dan menghabiskan waktu dengan berbagai permainan air yang ada. Dalam waktu dekat akan ada penambahan fasilitas seperti merry go round, mandi bola, biang lala, dan lain-lain.

29. Gunung Surowiti

Alamat: Siwalan, Panceng, GresikKoordinat: Klik Disini

Gunung Surowati pernah menjadi petilasan pertapaan Sunan Kalijaga. Tempat ini berupa perkampungan kecil yang dihuni sekitar 200 kepala keluarga. Letaknya di atas bukit dengan luas 5 hektar.

Banyak pengunjung yang datang dari berbagai latar belakang agama, mulai Islam, Hindu, Buddha, Konghucu, dan lain-lain. Mereka tak hanya ingin mempelajari sejarah wali songo, tapi banyak yang melakukan tindakan mistis meminta pesugihan.

30. Makam Maulana Malik Ibrahim

Lokasi: Jalan Malik Ibrahim, Bedilan, Kec. Gresik,Koordinat: Klik DisiniJam Operasional: Buka 24 Jam

Makam Maulana Malik Ibrahim berada di pusat kota Gresik, 200 meter dari alun-alun Gresik. Tempat ini sangat mudah diakses. Makam dengan batu nisan dan gaya tulisan Arab menjadi ciri khasnya.

Batu nisan tersebut terbuat dari marmer berbentuk lunas kapal khas Gujarat. Maulanan Malik Ibrahim sendiri merupakan salah satu wali di Jawa yang menyebarkan agama Islam pada zaman Majapahit.

31. Makam Sunan Giri

Alamat: Giri, Sekarkurung, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124Koordinat: Klik DisiniJam Operasional: Buka 24 Jam

Sunan Giri merupakan salah satu walisongo dengan nama lain Raden Paku atau Joko Samudro dan beliau wafat pada tahun 1506 Masehi. Makamnya berada di atas bukit dengan arsitektur yang unik.

Saat ini makam tersebut dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Di sekitarnya terdapat fasilitas berupa kios souvenir serta Masjid Giri.

32. Kampung Kemasan

Lokasi: Gg. III No.15, Pekelingan, Kec. GresikKoordinat: Klik DisiniJam Operasional: 08.00 – 20.00

Kampung Kemasan merupakan kawasan kota lama Gresik. Ada sejumlah bangunan kuno yang masih dipelihara seperti Masjid Jami, Gedung Parlemen, Garling, dan Kantor Pos Pelabuhan. Ada juga gedung limo yang memiliki pintu berjumlah lima.

Di sana digunakan sebagai tempat menyimpan kulit dan barang lainnya. Di hadapannya terdapat bangunan Gajah Mungkur. Wisatawan yang datang ke kawasan ini akan terbawa ke masa silam dan belajar tentang sejarah.

33. Sendang Banyu Biru Lowayu

Alamat: Lowayu, Dukun, Bangeran, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61155Koordinat: Klik Disini

Banyu Biru merupakan tempat wisata berupa danau yang ada di Gresik. Selain sebagai tempat wisata, di sini juga menjadi tempat pengobatan seperti penyakit kulit dan rheumatik.

Spot ini cukup unik karena berwarna biru tosca serta memiliki kandungan belerang yg keluar dari dalam danau. Jangan lewatkan kesempatan mengunjunginya ya!

34. Air Terjun Laccar

Lokasi: Desa Teluk Dalam, Sangkapura, Pulau BaweanKoordinat: Klik Disini

35. Mengare/Pantai Benteng Lodewijk

Alamat: Jl. Watuagung, Tanjung Widoro, Kramat, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61152Koordinat: Klik DisiniJam Operasional: Buka 24 Jam

Mengare adalah salah satu desa di Gresik. Tempat wisata yang cukup dikenal yaitu Pantai Benteng Lodewijk. Wisatawan bisa menggunakan perahu nelayan untuk sampai ke lokasi ini. Pasir putih dan hutan lebat di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri.