35 Tempat Wisata di Klaten Terbaru & Terhits Dikunjungi

ulinulin.com – Temukan Tempat Wisata Favorit di Klaten, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Dikunjungi Wisatawan.

Daya tarik Kota Klaten bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri tak diragukan lagi, banyak perkembangan dan pembangunan di wisata Klaten. Sehingga banyak bermunculan destinasi wisata yang indah dan ramai di Kota Klaten yang baru bermunculan. Mengeksplor keindahan Kota Klaten sangat menyenangkan ada banyak hal-hal pengalaman baru yang akan kita dapatkan.

Klaten memiliki destinasi wisata banyak dan sangat indah terutama wisata sejarahnya yang mengandung edukasi kerajaan pada jaman dahulu. Selain itu Klaten memiliki wisata air yang lumayan indahnya dan tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya. Kali ini kita akan membahas beberapa Tempat Wisata di Klaten yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Klaten dan berikut ulasan selengkapnya:

1. Pabrik Gula Gondang Winangoen

Perjalanan menjelajah kota Klaten bisa dimulai dengan menjelajah sejarahnya. Klaten memiliki salah satu wisata sejarah yang kondang yakni Pabrik Gula Gondang Winangoen. Pabrik satu ini termasuk dalam pabrik gula yang paling tua di Indonesia dan dibangun ketika zaman penjajahan. Pengunjung akan disuguhkan peralatan peralatan yang digunakan saat itu.

Bisa dikatakan jika pabrik gula ini menjadi sebuah museum yang menyenangkan. Selain bisa menambah wawasan, wisatawan juga bisa bermain dengan keluarga. Karena saat ini sudah ditambahkan dengan beberapa wahana bermain yang menyenangkan. Mulai dari outbound, kereta uap yang berkeliling area wisata, kids zone, waterpark hingga flying fox.

2. Lepen Kencono

Klaten termasuk dalam daerah yang memiliki banyak sumber air di dalamnya. Sehingga bermain air di Klaten bisa dilakukan di banyak tempat, salah satunya di Lepen Kencono ini. Lepen Kencono merupakan wahana bermain yang sangat cocok didatangi bersama keluarga. Beberapa kolam renang dan permainan yang mendukung turut dihadirkan.

Fasilitas mulai seluncuran hingga jembatan goyang akan membuat liburan makin menyenangkan. Airnya juga bersih dan jernih, mengajak siapapun yang datang untuk tak melewatkan bermain air di Lepen Kencono ini. Alam sekitarnya yang masih asri juga menambah daya tariknya. Apalagi untuk bermain di sini, tidak dikenakan tiket masuk.

3. Desa Wisata Keprabon

Klaten tak hanya memiliki banyak tempat indah, tetapi juga menjadi kota yang masih menjaga serta melestarikan hal hal tradisional. Termasuk didalamnya kerajinan tradisional sekalipun zaman sudah begitu modern. Salah satu kerajinan yang khas adalah ukiran di tanduk kerbau. Dan Anda bisa menemukannya di Desa Wisata Keprabon.

Hampir semua masyarakat memiliki keahlian untuk memproduksi kerajinan ini. Sehingga desa ini bergeser menjadi desa wisata yang mengundang banyak wisatawan. Anda akan diajak untuk menyaksikan proses pembuatan kerajinan unik ini. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa sekalian berburu souvenir untuk dijadikan buah tangan.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan yang megah dan cantik ini sangat terkenal dengan situs budaya dan sejarahnya pada jaman kerajaan jaman dahulu. Keindahan Candi Prambanan ini terkenal dan mampu menarik wisatawan lokal dan asing untuk berwisata dan belajar tentang sejarahnya.

Candi Prambanan ini terletak di wilayah Kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan Klaten dan kurang lebih 17 km dari Yogyakarta. Candi ini merupakan peninggalan bersejarah dan patut kita lestarikan keberadaannya dan kita bisa belajar sejarah di tempat ini.

5. Candi Lumbung

Salah satu ciri khas yang sangat kental dengan peninggalan sejarah di pulau Jawa adalah berupa candi, seperti salah satunya dapat ditemui di Klaten yakni Candi Lumbung. Candi dengan tinggi sekitar 8 meter ini merupakan salah satu wisata Klaten murah bersejarah yang juga masih satu komplek dengan candi Prambanan.

Candi Lumbung merupakan salah satu candi Budha yang berada di kompleks percandian Candi Prambanan, tepatnya di Dusun Tlogo, Prambanan. Candi ini masih terawat dengan baik dan lokasi ini selalu banyak yang berkunjung ke wisata bersejarah ini.

6. Candi Bubrah

Mengunjungi candi juga bisa dijadikan sebagai agenda liburan yang menyenangkan. Di Klaten, Anda tidak hanya bisa menemukan Candi Prambanan yang lebih dulu kondang. Mengingat masih banyak situs candi lainnya yang juga tak kalah menarik dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Bubrah yang lokasinya lumayan jauh dari Candi Prambanan.

Sekalipun masih dalam satu kawasan, dinamakan dengan nama Candi Bubrah karena memang candi ini hancur berantakan. Masih tersisa onggokan batu yang menjadi sisa dari kaki candi. Dinding candi juga masih ditemukan, dan justru bebatuan kuno yang menjadi material memberikan kesan yang eksotis.

7. Candi Gana

Klaten tidak hanya terkenal dengan banyak umbulnya tetapi juga candinya. Selain di kawasan candi Prambanan, candi lainnya juga bisa ditemukan. Misalnya Candi Gana yang lokasi di tengah tengah perkampungan. Sehingga wajar jika banyak yang belum mengenal Candi Gana atau yang juga dikenal dengan candi asu.

Merupakan peninggalan Buddha, candi ini memiliki kedudukan sebagai subordinat dalam konsep mandala pada agama Buddha. Memang candi ini sudah runtuh, tetapi kini sudah dikelola dan menjadi situs yang menarik dikunjungi. Terutama bagi Anda yang memang tertarik dengan candi candi di Indonesia yang jumlahnya begitu banyak.

8. Candi Sewu

Candi sewu juga memiliki sejuta keindahan dan legenda yang pastinya akan membuat pengetahuan kita bertambah dan semakin meningkat. Candi Sewu memiliki usia yang lebih tua dari Candi Prambanan maupun Candi Borobudur yang menjadi candi Buddha terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar abad ke 8 Masehi dengan arsitektur unik yang merupakan perpaduan dari candi Hindu dan candi Buddha.

Letak Candi Sewu sendiri terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Terletak di sebelah Candi Prambanan, membuat kawasan ini menjadi terkenal, jarak yang ada kurang lebih 800 meter. Kawasan Candi Sewu sendiri memiliki panjang 185 meter dan lebar 165 meter.

9. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan Candi Plaosan merupakan candi Budha dengan kemuncaknya yang berbentuk stupa hal tersebut di perkuat dengan adanya arca Buddha. Candi Plaosan dibuka dari pagi sampai sore, karena keindahannya Candi Plaosan sunset dan Candi Plaosan sunrise menjadi pilihan tersendiri dan tentunya sangat memukau dengan latar candi yang sangat megah.

Langit dengan semburan warna jingga ditambah udaranya yang dingin akan menambahkan rasa puas dan semangat saat pagi hari tiba. Hal tersebut menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit untuk berfoto, selain di candi, pengunjung dapat melakukan sesi foto di hamparan rumputnya yang hijau.

10. Candi Merak

Wisata Candi Merak di Karangnongko Klaten Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa candi, kecamatan karangnongko, kabupaten Klaten. Wisata Candi Merak di Karangnongko Klaten Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Candi Merak di Karangnongko Klaten Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

11. Puncak Clongop

Puncak Clongop Klaten adalah wisata alam puncak yang indah wiisatanya dan puncak Clongop di Gedangsari Klaten Jawa Tengah. Puncak Clongop merupakan tempat wisata yang harus Anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Terletak di sebelah utara kecamatan Gedangsari kira-kira berjarak 3 km dari kota kecamatan Gedangsari. Puncak Clongop memiliki keindahan tempat wisatanya selain itu tempat wisata ini sangat sejuk dan menarik sehingga tempat ini ramai dikunjungi.

12. Deles Indah

Wisata Deles Indah merupakan tempat wisata favorit di Klaten Jawa Tengah bagi Anda yang belum pernah datang tempat ini bisa menjadi referensi. Nah kalau objek wisata yang satu ini adalah sebuah desa wisata yang menawarkan pemandangan menakjubkan alam pegunungan.

Disini kita bisa melihat secara langsung gunung merapi yang terlihat megah nan indah selain itu, disini juga udaranya masih sangat sejuk. Di tempat ini juga tempat favorit para wisatawan disekitar maupun luar daerah.

13. Taman Lampion Klaten

Melanjutkan perjalanan liburan Anda di Klaten, Anda tidak boleh melewatkan destinasi satu ini. Taman Lampion Klaten merupakan salah satu destinasi kekinian yang menawarkan banyak spot foto instagenic. Karena daya tarik utamanya adalah lampion, maka Anda bisa mendatanginya saat malam hari.

Kerlap kerlip lampion dengan berbagai bentuk akan membuat siapapun terpesona. Taman satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat mengambil foto foto cantik dengan background lampion. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang berada di foodcourt taman Lampion Klaten ini.

14. Kebun Rambutan Desa Tulung

Agrowisata Klaten juga sangat menarik untuk dikunjungi saat Anda sedang singgah di kota ini. Salah satu yang paling kondang adalah Kebun Rambutan yang ada di Desa Tulung. Kebun Rambutan Desa Tulung berdiri di lahan yang luasnya mencapai berhektar hektar. Dan pohon rambutan memang tumbuh begitu subur di sini.

Paling tepat mengunjungi destinasi agrowisata ini adalah saat memasuki Bulan Januari sampai Maret. Karena pada bulan tersebut buahnya sedang ranum ranumnya. Buah dengan rasa legit ini memang membuat ketagihan, sehingga selain memetik langsung Anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan.

15. Riverboarding Kali Pusur

Ingin menjajal aktivitas outdoor yang menantang? maka Anda bisa menjadikan Riverboarding Kali Pusur sebagai spot wisata selanjutnya di Klaten. Riverboarding sendiri menjadi aktivitas outdoor yang mampu menantang adrenalin Anda. Nantinya pengunjung akan menaiki sebuah papan dan meluncur di aliran yang deras, dan sungai menjadi yang paling tepat.

Dan Kali Pusur di Klaten menjadi tempat yang paling cocok untuk melakukan aktivitas satu ini. Tenang saja semua proses ini akan dilengkapi dengan peralatan dan keamanan yang memadai. Akan semakin menyenangkan jika Anda melakukan kegiatan riverboarding bersama teman teman ataupun dengan keluarga.

16. Objek Mata Air Cokro

Wisata Klaten juga menyimpan kesegaran alami mata airnya yang terkenal akan jernih dan segar sehingga banyak wisatawan yang datang untuk menikmatinya. Salah satu mata air atau umbul yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu siang yang trik adalah Umbul Cokro Tulung.

Objek Wisata di Klaten ini mencoba menggabungkan antara objek wisata alam dan modern diantara mata air alaminya, pengelola objek wisata sudah membangun waterboom. Jadi kita bisa memilih-milih tempat ini yang cocok untuk untuk berwisata bermain air.

17. Waduk Rowo Jombor

Masih berbicara seputar wisata air di wisata Klaten Jawa Tengah, kali ini kita berpindah ke Waduk Rowo Jombor yang banyaak pengunjungnya. Tak hanya waduk biasa, di Rowo Jombor ini pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas liburan yang menyenangkan, seperti mendaki bukit Rowo Jombor.

Selain itu kita bisa menikmati kuliner khas di Warung Apung Rowo Jombor, memancing, atau bisa juga sekedar jogging mengitari waduk dan menikmati penorama sekitar. Dengan keindahan tempat ini kita bisa memanjakan mata kita sambil menikmati keindahan panoramanya.

18. Umbul Kapilaler

Umbul Kapiler adalah tempat wisata air Klaten yang sangat jernih dan Umbul Kapilaler dulunya dipercaya sebagai tempat pemandian putri raja. Sampai sekarang juga masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi karena tempatnya yang sejuk dan segar bisa membuat Anda betah berlibur kesini.

Umbul Kapilaler termasuk wisata air kebanggaan di Klaten dan pengunjungnya ramai terlebih lagi jika akhir pekan. Mungkin tempat ini menjadi lokasi wisata alternatif Anda untuk mengisi liburan dan tidak harus datang jauh ke tempat lain.

19. Umbul Cokro Tulung

Umbul Ponggok merupakan salah satu spot snorkeling yang paling direkomendasikan di pulau Jawa sekilas mungkin Umbul Ponggok ini terlihat seperti kolam yang biasa saja. Jika Anda sampai menyelam, pemandangan bawah airnya yang jernih serta aneka ikan warna-warni pastinya akan membuat Anda terpesona.

Selain itu di Umbul Ponggok ini pengunjung juga ditawarkan pengalaman menyelam yang unik dan tak terlupakan tentunya. Hanya tempat wisata di Klaten Umbul Ponggok ini, Anda penyelam bisa menikmati bermain air sambil berfoto di dalam air dengan berbagai objek tambahan, seperti TV, sepeda, dan masih banyak lagi.

20. Umbul Jolotundo

Pemandian Jolotundo atan Umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, dan sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten. Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi.

Terdapat 3 kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda, dari mulai 50cm sampai kira-kira 2 meter wisata air di Klaten ini memiliki air yang jernih dan bersih. Kita bisa memilih lokasi dan tempat sesuai dengan keinginan kita di Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten ini.

21. Galuh Tirtonirmolo

Taman bermain Tirtonirmolo merupakan bagian dari hotel Galuh Tirtonirmolo yang berada diantara Candi Prambanan dengan Candi Plaosan. Wahana Liburan Galuh Tirtonirmolo dan tidak jauh dari Candi Ratu Boko, secara administrasi berada di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah.

Aneka permainan dan kolam renang dengan beberapa macam ukuran dapat dinikmati ditempat Wahana Liburan Galuh Tirtonirmolo. Untuk kolam renang terdapat beberapa macam kolam dengan ukuran dan jenis yang berbeda sebaagai penyesuaian peminat yang berkunjung.

22. Umbul Manten

Klaten, sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Solo ini sedang bergeliat pembangunan wisatanya untuk kemajuan wisata Klaten. Umbul Manten yang sekarang ini banyak dilirik sebagai tujuan wisata alternatif selain umbul ponggok dan banyak diminati wisaatawan.

Umbul Manten juga banyak dikunjungi sebagai tempat liburan tak hanya akhir pekan saja namun hari-hari biasa tempat ini banyak pengunjungnya. Di sini kita bisa menghabiskan waktu banyak untuk mengisi kegiatan liburan bersama dengan keluarga maupun para sahabat.

23. Agrowisata Bonsai

Destinasi wisata Klaten selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah agrowisata Bonsai. Bonsai yang merupakan tanaman kerdil dan memiliki banyak bentuk unik. Tak heran jika para pecinta tanaman satu ini masihlah banyak. Dan siapa yang menyangka jika di Klaten tanaman hias ini ternyata bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik.

Berbagai bentuk bonsai lengkap dengan berbagai pot yang bentuknya beragam bisa Anda temukan di destinasi satu ini. Mengambil beberapa foto cantik juga bukan ide yang buruk. Anda bahkan bisa membawa pulang tanaman bonsai yang ada. Baik dibeli dalam bentuk bibit maupun yang sudah dicangkokan.

24. Candi Sojiwan

Bagi orangtua yang gemar mendongeng, candi ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak sambil bercerita tentang asal-usul Candi Sojiwan. Sembari mengelilingi bangunan candi, orangtua bisa mendongeng berdasarkan dari relief yang ada di dinding candi. Candi ini juga memiliki taman berumput hijau nan asri bisa menjadi pilihan untuk bersantai.

Menghabiskan sore atau akhir pekan di tempat ini pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga tercinta. Candi Sojiwan terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang dekat dengan Yogyakarta.

25. Taman Kamboja Klaten

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar tentang hutan Kamboja? Nama ini tentunya tidak asing bagi kawula muda di Klaten. Karena memang menjadi salah satu spot untuk berburu foto foto cantik. Kamboja memang identik dengan mistisnya, mengingat tanaman ini seringnya ditemukan di pemakaman. Tetapi di taman ini, Anda tidak akan merasakan aura mistis tersebut.

Justru jajaran pohon kamboja yang berjajar memberikan pemandangan tersendiri. Ditanam dengan rapi, di antara pohon ini justru membentuk lorong lorong instagenic. Waktu yang paling tepat jika Anda ingin hunting foto adalah saat sore hari atau pagi hari. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik dan penyimpanan yang besar saat berkunjung.

26. Umbul Nilo

Klaten memang patut jika menyandang sebagai kota dengan seribu umbul. Dari banyaknya umbul yang ada, Umbul Nilo menawarkan kegiatan bermain air yang menyenangkan. Menariknya, pengunjung bisa datang kapan saja karena memang akan buka selama 24 jam. Airnya yang segar dan jernih membuat pengunjung sayang untuk tidak berenang.

Anda juga bisa berburu foto foto cantik di area Umbul Nilo. Karena memang ada banyak spot spot instagramable yang sayang dilewatkan. Tidak hanya underwater, sekeliling area ini juga memiliki panorama yang cantik berupa persawahan. Fasilitas pendukung yang ada juga terbilang lengkap dan memanjakan para pengunjung, mulai dari kamar mandi hingga warung makan.

27. Umbul Tirto Mulyono dan Umbul Tirto Mulyani

Destinasi Wisata di Klaten ini merupakan salah satu destinasi wisata alam alami yang berada di dalam pemandian alam Pluneng yang terdapat dua umbul. Umbul itu adalah Umbul Tirto Mulyono dan Umbul Tirto Mulyani, konon kabarnya kedua umbul ini merupakan umbul ini sudah lama. Keberadaannya telah ada mulai dari ratusan tahun yang lalu dan masih bertahan keberadaannya hingga masa kini.

Pemandian Alam Pluneng mempunyai dua lokasi pemandian di mana oleh masyarakat sekitar sering disebut sebagai pemandian Umbul Lanang dan Umbul Wedhok. Meskipun mempunyai sebutan dengan umbul lelaki dan umbul perempuan, kedua umbul ini tetap dapat dinikmati kesegarannya oleh seluruh wisatawan tanpa membedakan.

28. Umbul Gedaren

Umbul umbul di Klaten memang sangat menarik untuk dikunjungi. Begitu juga dengan Umbul Gedaren yang juga tak kalah menarik. Memang umbul satu ini tidak begitu banyak dikenal jika dibandingkan dengan umbul Ponggok atau lainnya. Tapi ternyata, umbul Gedaren dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai macam penyakit.

Mata air alami yang begitu jernih lengkap dengan pepohonan rindang memberikan suasana yang teduh. Membuat siapapun betah berlama lama berenang di sumbernya. Selain dikenal dengan Umbul Gedaren juga dikenal dengan Umbul Tirto Pawitra Sari. Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas pendukung seperti tempat makan maupun tempat ibadah.

29. Embung Tirto Mulyo

Embung Tirto Mulyo bisa Anda jadikan sebagai alternatif saat Anda liburan di Klaten. Sebelumnya, embung ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih ketika musim kemarau. Tetapi karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Merapi, menjadikan panorama alamnya juga indah. Sehingga banyak yang menjadikan embung ini sebagai tujuan wisata.

30. Curug Indah Tegalrejo

Keindahan air yang turun dari ketinggian memang sangat sayang untuk dilewatkan. Curug Indah Tegalrejo berada di perbatasan antara Klaten dan Gunung Kidul ini bisa dijadikan sebagai tujuan. Banyak juga menyebutkan sebagai curug Bayat, karena akan lebih mudah diakses jika melalui jalur Kec. Bayat. Air terjun berundak ini akan membuat Anda terpesona.

Untuk menuju air terjun, Anda memang membutuhkan tubuh yang fits. Setelah dari parkiran, pengunjung harus trekking selama 15 menit. Begitu tiba, Anda akan melihat curug yang jatuh dari tebing mempesona. Di bawahnya terbentuk kolam yang bisa dijadikan tempat bermain atau berenang. Jangan lupakan untuk mengabadikan setiap momen saat di curug ini.

31. Sendang Gemuling

Apa Anda masih belum puas menjelajah Klaten, maka Anda bisa menjadikan Sendang Gemuling sebagai tujuan. Sendang Gemuling sendiri merupakan air terjun kecil yang memiliki panorama sekitar yang indah. Bebatuan yang hadir memiliki pahatan yang cantik dan sangat instagramable. Untuk mencapainya, membutuhkan perjuangan panjang tapi semua lelah akan terbayar.

32. Wisata Kali Talang

Megahnya kawah Gunung Merapi ternyata tidak hanya bisa disaksikan dengan cara mendaki. Karena Anda hanya perlu untuk mengunjungi wisata Kali Talang yang ada di Klaten. Berada di ketinggian 1.160 mdpl, Anda bisa melihat pucak serta kawah dari Gunung Merapi. Anda bisa berburu foto foto cantik, walaupun medan yang ditempuh memang sangat menantang.

33. Taman Bunga Kebon Asri

Taman Bunga Kebon Asri memang belum banyak dikenal oleh wisatawan, terutama yang berasal dari luar Klaten. Layaknya namanya, kebun bunga ini memang menawarkan suasana yang begitu asri. Warna warni bunga yang ada akan menghapus semua penat Anda. terdapat beberapa spot foto kekinian yang menjadikan taman bunga Kebon Asri ini kian menawan.

34. Bukit Cinta Klaten

Menikmati pemandangan dari ketinggian di Klaten bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Bukit Cinta Klaten ini. Destinasi instagramable ini banyak digemari dan hits begitu potretnya banyak tersebar di media sosial. Dari pusat kota Klaten membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menitan. Hamparan hijau dengan banyak spot foto kekinian yang ada akan membuat betah berlama lama.

35. Hutan Kota Gergunung

Sesuai dengan namanya, hutan ini berada ditengan Kota Klaten dengan berbagai tanaman terutama tanaman buah yang sengaja ditanam di lokasi ini. Setiap tanaman yang ditanam di Hutan Kota ini juga diertai dengan nama jenis tanamannya. Jadi Anda bisa mengetahui jenis-jenis tanaman yang ada disini hutan Gergunung ini sangat besar dan luas sekali. Menurut pengelola taman, Hutan Gergunung ini sekarang menjadi destinasi wisata keluarga bagi warga dan Klaten.

Setiap hari, puluhan warga mengunjungi taman ini, sedang pada saat liburan, jumlah pengunjung bisa mencapai ratusan. Ada tempat bermain untuk anak, beragam tanaman dan bunga, jalan setapak dari batu yang membuat nuansa alaminya sangat kuat. Bangunan dan ornamen yang artistik sehingga mempercantik saat melakukan foto dan sebagainya sedangkan Mushola juga disediakan bagi Anda yang ingin beribadah disana. Selain itu terdapat “Pagupon” atau rumah merpati yang menjadi ikon taman ini, jika beruntung Anda bisa menyaksikan burung merpati ini beterbangan di pagupon.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”