35 Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru & Terhits Dikunjungi

ulinulin.com – Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Sukabumi merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Sukabumi ini adalah salah satu kota yang memiliki luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Tetapi Sukabumi ini memiliki berbagai macam tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Banyak Tempat Wisata di Sukabumi seperti pantai, wahana permainan, air terjun, wisata kuliner, tempat bersejarah dan masih banyak lagi di sini. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Sukabumi, inilah beberapa tempat di Sukabumi yang dapat Anda kunjungi:

1. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Gunung Halimun Salak memiliki luas sebesar 113.357 hektar, dimana kawasan gunung ini dijadikan sebagai hutan lindung. Wisata alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak berada di Jalan Raya Cipanas. Bagi Anda yang menyukai suasana pegunungan yang sejuk dan menenangkan, Anda wajib untuk mengunjungi lokasi ini. Banyak pepohonan tinggi dan juga rindang.

Tidak hanya pemandangan hutan saja, Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memiliki air terjun yang yang cukup memukau karena masih asri dan alami. Air sungai dibawah air terjun juga mengalir dengan jernih. Anda bisa melakukan banyak kegiatan di Taman Nasional ini seperti berkemah, kegiatan outbound, maupun hanya berkeliling menikmati udara segar.

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung ini salah satu curug yang memiliki pemandangan yang indah di Sukabumi. Banyak pepohonan pepohonan yang rindang yang berada di sekitar tebing yang membuat suasanan menjadi teduh dan nyaman. Dihiasi oleh air terjun yang tingginya mencapai 45 meter, yang membuat suasana menjadi lebih damai.

Nah, buat Anda yang ingin mengunjungi curug ini letaknya ada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuk menuju Curug Cimarinjung ini juga masih terbilang murah banget yaitu hanya sebesar Rp 3.000 saja.

3. Situ Gunung

Ingin menikmati suasana danau yang cantik? Situ Gunung adalah salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama di Sukabumi. Danau ini terletak di Taman Nasional Gede Pangrango. Tempat wisata ini menunjukkan pemandangan danau yang dikelilingi oleh gunung dan juga pepohonan yang hijau. Air dari danau ini terlihat masih alami dan sangat jernih.

Tidak hanya itu, Anda bisa menikmati pemandangan senja di sore hari. Warna langit yang mulai gelap menyisakan cahaya jingga yang menambah keindahan dari danau. Anda bisa berkunjung kesini untuk menenangkan pikiran atau untuk healing menghilangkan rasa stress. Pemandangan alam dari Sukabumi memang selalu memiliki daya tarik tersendiri.

4. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar ini adalah sebuah kampung yang tidak pernah tersentuh oleh perkembangan zaman. Maka dari itu jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan suasana seperti di zaman dahulu. Letak kampung yang satu ini berada di Kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Anda bisa melihat tradisi masyarakat zaman dahulu dan juga rumah-rumah adat yang ada di sana. Salah satu tradisinya seren taun, seren taun ini merupakan penyerahan hasil bumi ke dalam lumbung. Udara di kampung ini juga sejuk dan nyaman, karena lokasi kampung ini berada di dataran tinggi. Harga tiket masuk menuju kampung Ciptagelar yaitu sebesar Rp 5.000an saja.

5. Rafting Citarik

Masih dengan wisata alamnya, Sukabumi juga memiliki tempat wisata sungai khusus untuk rafting. Salah satu sungai yang menyediakan kegiatan rafting di Sukabumi adalah Sungai Citarik. Arum jeram ini bisa Anda nikmati sepanjang 44 km. Sungai ini memang terkenal sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh pecinta olahraga air. Lokasi sungai ini berada di Jalan Raya Pelabuhan Ratu.

6. Pantai Pangumbahan

Lokasi Pantai Pangumbahan ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangan di pantai ini sangat cantik dan indah. Di pantai ini juga ada penangkaran penyu. Anak-anak penyu dari hasil penangkaran ini biasanya akan di lepas ke Samudera pada pukul 5 sore hari.

Para wisatawan yang berkunjung biasanya hanya ingin melihat anak-anak penyu yang lucu ini di lepaskan. Bagi Anda yang gemar berselancar, ombak di pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Harga tiket masuknya pun juga murah hanya sekitar Rp 5.000an saja.

7. Pantai Citepus

Menikmati suasana deburan ombak memang menjadi pilihan menghabiskan liburan yang menyenangkan. Ketika Anda berada di Sukabumi, wajib untuk mengunjungi berbagai pantai indahnya. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Citepus. Pantai ini berada di Jalan Raya Cisolok. Pasirnya yang sedikit keras menjadi daya tarik tersendiri.

Pada pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga tidak dianjurkan untuk pengunjung yang tidak bisa berenang ataupun anak-anak. Akan sangat berbahaya apabila tetap memaksa untuk berenang ke lautan. Anda bisa menikmati suara deburan ombak di pinggir pantai dengan berkemah maupun bakar-bakar ikan. Tempat ini cocok untuk berlibur bersama keluarga.

8. Pantai Cipanarikan

Masih dengan pemandangan pantainya yang cantik, Pantai Cipanarikan adalah destinasi alam yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini akan sangat indah saat menjelang senja. Tidak heran apabila banyak yang berkemah disini untuk bermalam dan menunggu suasana senja. Anda bisa menginap disini dengan membangun tenda di pinggir pantai. Akan sangat seru apabila bersama teman.

Tidak hanya pemandangannya yang memukau, pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan bersih. Memiliki daerah yang cukup luas membuat para pengunjung dapat puas berjalan-jalan menyusuri pantai. Di sekitar kawasan ini juga ada sungai kecil yang memiliki banyak pohon bakau. Airnya cukup jernih dan sangat menyegarkan mata.

9. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu menawarkan pemandangan air yang hijau yang cukup tenang. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, pantai ini memiliki keindahan batu karang yang berbentuk seperti pulau-pulau kecil. Hal tersebut membuat pesona pantai ini sangat terkenal di daerah Sukabumi. Banyak pasangan yang memilih menghabiskan waktu disini.

Tidak hanya itu, pantai ini sudah difasilitasi dengan berbagai penginapan untuk para wisatawan. Sehingga bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari dan pagi hari bisa memesan penginapan disini. Anda bisa dengan sepuasnya bermain dengan ombak pantai atau hanya sekedar mendengarkan deburan ombaknya yang cukup menenangkan.

10. Pantai Cikembang

Sukabumi memang memiliki destinasi pantai yang cukup banyak. Rekomendasi tempat wisata alam selanjutnya adalah Pantai Cikembang. Pantai ini berada di Pasir Baru. Masih tergolong baru, pantai ini cukup asri dan alami. Tidak banyak pengunjung yang mengetahui tempat ini. Sehingga suasana dari Pantai Cikembang ini tidak seramai pantai yang lainnya.

Apabila Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, akses jalan masih terbilang cukup sulit. Pembangunan fasilitas wisata disini tidak banyak dilakukan seperti pada wisata alam yang lainnya. Apabila Anda pecinta alam dan sedang berada di Sukabumi, Anda bisa mengunjungi tempat ini. Suasananya yang masih alami dan sepi dapat memberikan ketenangan bagi pengunjung.

11. Curug Cikaso

Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini memiliki dasar air yang berwarna biru kehijauan, ini adalah salah satu yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Curug ini memiliki 3 air terjun yaitu Curug Aki, Curug Aseupan, dan juga Curug Meong. Di tempat ini juga sudah menyediakan perahu untuk para pengunjung agar bisa berkeliling di sekitar curug sambil menikmati keindahan dari curug tersebut.

12. Curug Cigangsa

Keindahan tebing dan juga air terjun yang memukau membuat banyak wisatawan berkunjung ke Curug Cigangsa. Curug yang terletak di Desa Pasiripis ini memiliki pesona yang sangat cantik. Kecantikan alamnya ini menjadi background foto para pengunjung. Tak heran apabila tempat wisata Curug Cigangsa ini cukup populer di sosial media khususnya Instagram.

Ketika Anda ingin mengunjungi destinasi ini, akan lebih baik mengecek suasana cuaca terlebih dahulu. Dianjurkan untuk mengunjungi Curug Cigangsa disaat cuaca sedang cerah dan menghindari saat suasana hujan. Hal tersebut dikarenakan akses jalan menuju curug sangatlah licin, terlebih arus air terjun akan sangat deras ketika suasana sedang hujan.

13. Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung ini terletak di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan gantung ini berada di ketinggian sekitar 150 meter dengan panjang mencapai 250 meter. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Di sekitar jembatan ini di kelilingi pohon-pohon dan juga bukit-bukit, membuat suasana di tempat ini menjadi sejuk, indah dan juga tenang. Harga tiket masuk ke tempat ini yaitu Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak.

14. Bukit Karang Para

Tempat ini sangat cocok bagi para pecinta spot-spot foto menarik. Tidak hanya menyajikan spot foto menarik, background pemandangan dari atas bukit menambah suasana yang sangat mempesona. Tempat ini cukup banyak beredar di sosial media. Bagi Anda yang ingin mengoleksi foto pemandangan alam yang menarik Anda bisa memasukkan destinasi ini pada list anda.

Berada di Desa Kebon Manggu, Bukit Karang Para banyak dikunjungi oleh wisatawan dari muda hingga tua. Tempat wisata yang memaparkan pemandangan hijauan dari atas bukit menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki bebatuan unik yang sering dijadikan sebagai tempat berfoto. Bukit Karang Para cocok dikunjungi bersama teman-teman.

15. Kawah Ratu

Kawah Ratu ini adalah salah satu tempat yang paling populer di Sukabumi. Kawah Ratu ini berlokasi di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Sukabumi, Jawa Barat. Jika ingin berkeliling di kawah ini disarankan untuk menyewa pemandu yang berpengalaman.

Di tempat-tempat tertentu di sekitar kawah ini Anda juga bisa menemukan belerang. Belerang-belerang ini di yakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Harga tiket masuk menuju Kawah Ratu ini hanya sebesar Rp 7.500 per orang.

16. Curug Awang

Dijuluki sebagai Mini Niagara, pemandangan dari Curug Awang memang mirip seperti tempat wisata Niagara. Air terjun ini mengalir dari bukit setinggi 40 meter. Pemandangan bukitnya yang terlihat megah menambah pesona tempat ini. Ketika Anda mengunjungi curug ini dianjurkan pada saat musim hujan. Hal tersebut dikarenakan debit air akan meningkat.

Debit air yang semakin deras akan membuat pemandangan Curug Awang menjadi lebih indah. Pemandangannya pun akan terlihat lebih mirip dengan Niagara yang memiliki arus deras dan debit air yang banyak. Anda bisa mengambil foto melalui atas bukit maupun berada di bawah bukit. Akan sangat dianjurkan untuk berhati-hati karena bebatuan disini cukup licin.

17. Pantai Cicaladi

Lokasi Pantai Cicaladi ini berada di Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan pantai Cicaladi yang mempesona.

Pesona karang dan juga pemandangan alam hijau Anda bisa menikmatinya di tempat ini. Tempat ini juga cocok di jadikan sebagai tempat berkemah untuk para petualang. Tempat ini juga memiliki spot yang bagus untuk mengambil foto.

18. Halimun Adventure Journey

Wisata alam Sukabumi yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Halimun Adventure Journey. Wisata ini menyuguhkan pemandangan hamparan sawah hingga hamparan kebun teh. Tak hanya bagus untuk dijadikan tempat hunting foto, suasananya yang asri dan segar membuat banyak orang mengunjungi tempat ini. Anda bisa melepaskan stress dengan menghirup udara segarnya.

Tidak hanya pemandangan hamparan sawah dan tehnya, kawasan ini dipenuhi dengan tanjakan berbatu dan juga sungai yang eksotis. Banyak dari pengunjung menggunakan mobil Jeep selama mengelilingi wisata Halimun Adventure Journey. Sehingga dapat dengan mudah menembus berbagai jalanan bebatuan. Tempat liburan ini cocok dikunjungi bersama teman-teman dan keluarga.

19. Rumah Fantasi

Rumah Fantasi ini adalah Objek Wisata di Sukabumi yang baru didirikan pada tahun 2018. Di tempat ini ada beragam permainan yang bisa Anda coba.

Rumah fantasi ini berada di Ruko Bounty Blok G&H – Maxone Hotel Jalan Siliwangi No. 90, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Banyak sekali spot-spot keren di tempat ini yang bisa jadi objek untuk berfoto.

20. Pasir Datar Indah

Menikmati suasana pepohonan besar yang berjejer rapi seperti pada lukisan lukisan bisa Anda rasakan di Pasir Datar Indah. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Caringin. Deretan pepohonan yang hijau dan cukup rapi membuat suasananya sangat mirip seperti di lukisan legendaris. Akan semakin segar saat suasana sedang berkabut dan akan sangat indah saat suasana cerah.

21. Bravo Adventure

Lokasi Bravo Adventure ini terletak di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Banyak wahana-wahana permainan yang sangat seru di tempat yang satu ini. Harga tiket masuk ke Bravo Adventure relatif mahal yaitu muali dari .

Di sini terdapat paket glamorous camping dan juga rafting (arung jeram). Fasilitasnya pun juga sudah lengkap, seperti AC, kamar mandi, dan juga makanan sudah di sediakan di tempat ini.

22. Wisata Gunung Sunda

Menikmati suasana senja bersama teman-teman di puncak gunung adalah pilihan menghabiskan suasana liburan dengan menyenangkan dan penuh kenangan. Banyak dari para pendaki gunung adalah pemuda, hal tersebut tak lain mereka lakukan untuk mendapatkan momen terbaik di puncak gunung dan menjadi kepuasan tersendiri.

Di Sukabumi, Anda bisa mengunjungi Wisata Gunung Sunda untuk menikmati pemandangan senja yang cantik. Gunung Sunda ini terletak dekat dengan pusat kota Sukabumi. Tinggi gunung ini sekitar 600 meter dari permukaan laut, yang artinya tidak setinggi gunung lainnya. Tak heran, Anda bisa mendakinya tanpa harus bersusah payah seperti mendaki gunung tinggi.

23. Karang Aji Beach Villa

Karang Aji Beach Villa ini bisa menjadi tempat penginapan yang dapat memanjakan mata Anda dengan pemandangan laut yang sangat indah. Villa ini memiliki desain yang unik dengan kubah berwarna-warni di bagian tengahnya.

Terdapat juga lukisan-lukisan seni rupa yang unik di tempat ini. Karang Aji Beach Villa ini terletak di Jl. Raya Cisolok KM 20-22, 10310 Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Harga kamar di tempat ini mulai dari Rp 250.000 per malam nya.

24. Bukit Sabak

Bukit Sabak menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk anda. Tempat ini cocok bagi pengunjung yang suka mendaki gunung. Ketinggian bukit berkisar 1000 mdpl menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjungnya. Pemandangan alam disini sangat memukau, terlebih Anda akan bertemu dengan pesona hutan pinus dan panorama Gunung Gede yang menawan.

Bukit Sabak berada di Desa Semplak, dimana Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Sukabumi. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi sebagai wisata liburan bersama teman maupun sebagai ajang berolahraga mendaki. Banyak yang sengaja datang ke Sukabumi untuk bisa mendaki di Bukit Sabak ini. Daya tarik wisata ini memang tidak bisa diragukan lagi.

25. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang ini berada di Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bukit Karang Numpang ini adalah tempat yang memiliki spot-spot dan juga pemandangan yang indah.

Bukit ini juga pernah di jadikan sebagai tempat syuting film yang berjudul 5 CM. Anda bisa melihat pemandangan alam yang mempesona dari atas bukit. Harga tiket masuk ke bukit ini murah meriah, yaitu hanya Rp 3000 per orang.

26. Geopark Ciletuh

Menikmati suasana alam yang beragam di satu tempat? Anda bisa mendapatkannya di Geopark Ciletuh Sukabumi. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai destinasi wisata, dari Curug Cimarinjung, Curug Puncak Manik, Pantai Cikepuh dan Legong Pandan. Konon, lokasi ini adalah sebuah lautan yang telah terangkat karena lanskapnya cukup unik berbentuk seperti tapak kuda.

27. Sabana Puncak Pilar

Di Sabana Puncak Pilar ini Anda bisa melihat hamparan hijau yang dapat memanjakan mata. Suasana yang segar, sejuk, dan juga segar Anda bisa merasakannya di tempat ini. Banyak sekali latar-latar yang keren untuk di jadikan sebagai background foto Anda.

Pemandangannya akan lebih indah lagi pada saat terbitnya matahari, Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berada di atas awan. Lokasi Sabana Puncak Pilar ini berada di Ciwalat, Pabuaran, Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp 5.000an saja.

28. Air Terjun Curug Sawer

Pecinta olahraga tubung, destinasi alam Air Terjun Curug Sawer adalah pilihan yang cukup tepat. Wisata ini memiliki air terjun setinggi 25 hingga 30 meter yang bermuara pada Sungai Cigunung. Di Sungai Cigununglah banyak dilakukan aktivitas tubing dilakukan Pesona alamnya yang indah didukung dengan banyak owa jawa atau monyet tidak berekor yang sering berkeliaran.

29. Pantai Ombak Tujuh

Lokasi Pantai Ombak Tujuh berada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hamparan pasir putih yang menyelimuti pantai ini dan memiliki air yang bersih dan jernih membuat suasana menjadi adem dan menenangkan.

Karena ombak di pantai ini besar Anda bisa berselancar di pantai ini. Anda juga bisa melihat biota laut, seperti rumput laut, kepiting, bintang laut dan berbagai macam ikan.

30. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan ini berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tebing ini terletak di salah satu gerbang Geopark Ciletuh. Tebing ini memiliki ketinggian kurang lebih 250 Meter.

Anda bisa melihat hamparan sawah dan air laut dari atas tebing ini. Anda juga bisa menyaksikan sunset yang sangat indah dari atas tebing ini. Untuk harga tiket masuk nya sebesar Rp 3000 sampai Rp 5000.

31. Danau Bacan

Danau Bacan ini memiliki air danau yang berwarna hijau. Warna hijau ini terjadi karena batuan hijau yang terbentuk di dasar danau ini. Pemandangan danau yang di kelilingi oleh bebatuan dengan dipadukan dengan hijaunya air danau membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Danau ini berada di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bagi Anda yang suka berfoto tempat ini sangat cocok untuk di jadikan latar foto Anda.

32. Pemandian Air Panas Cisolok

Rekomendasi destinasi wisata alam yang terakhir adalah pemandian air panas Cisolok. Pemandian ini berada di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu. Tidak jauh di pegunungan membuat suasana pemandian air panas ini sangat unik. Air panas tidak mengandung belerang layaknya sumber air panas di tempat lain. Hal tersebut dikarenakan air panas melewati kerak bumi.

33. Goa Buniayu

Goa Buniayu ini menjadi goa yang memiliki sistem terbaik di seluruh wilayah Asia Tenggara. Goa ini beroperasi sejak tahun 1992 di Sukabumi. Para pemandu-pemandu di tempat ini juga sudah sangat terlatih dan berpengalaman. Goa ini memiliki 3 goa, dari ketiga goa ini hanya 2 goa saja yang di buka untuk umum, sementara goa yang 1 lagi hanya dikhususkan untuk penelitian dan juga untuk para profesional.

Bagian terdalam dari goa ini sangat gelap sekali dan bahkan ada yang bilang kegelapan nya 4 kali lebih gelap dari pada gelapnya malam hari. Goa ini berlokasi di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi Wisata di Sukabumi ini buka pada jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

34. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja ini sudah di kenal oleh kalangan para peselancar dunia. Karena ombak di pantai ini tingginya bisa mencapai 4 meter jadi pantai ini sangat cocok untuk para peselancar. Lokasi pantai ini berada di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai ini memiliki bebatuan alami yang cantik dan indah, ini merupakan salah satu daya tarik di pantai ini. Keindahan alam dari pantai yang ini dapat memanjakan mata Anda. Anda bisa bersantai sambil melihat pemandangan pantai yang indah.

35. Santa Sea Waterpark

Santa Sea Waterpark ini adalah wahana permainan yang di buka pada tahun 2016 silam di Sukabumi. Sebelumnya tempat ini adalah sumber air panas kemudian di bangun menjadi wahana permainan Santa Sea Waterpark ini. Hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Santa Sea Waterpark ini berada di Jl. Pramuka, Gedongpanjang, Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat (di belakang terminal baru Sukabumi). Anda dapat menikmati berbagai macam wahana permainan di tepat ini. Di sini juga ada kolam ombak, kebun binatang mini, air terjun buatan dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk di hari biasa Rp 40.000, di hari libur minggu Rp 60.000.

Temukan berbagai keindahan alam yang memukau dimiliki Sukabumi dari berbagai pilihan tempat wisata yang ditawarkan. Jelajahi tempat-tempat yang mengesankan agar liburan Anda tidak membosankan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”