4 Cara Efektif untuk Brainstorming saat Corona

ulinulin.com – Pandemi ini membuat hampir semua kegiatan perkantoran dijalankan secara remote. Lalu, bagaimana jika ingin mengadakan sesi brainstorming? Apakah ada cara efektif untuk brainstorming saat sedang WFH karena Corona?

Tidak perlu bingung atau khawatir, karena Glints sudah menyiapkan cara yang bisa langsung kamu dan rekan satu tim ikuti.

Yuk, simak lebih lanjut!

Cara Efektif Menjalankan Brainstorming saat Corona

© Pexels.com

1. Menentukan lingkup pembahasan

Cara pertama adalah menentukan agenda dan lingkup pembahasan dalam sesi brainstorming yang akan diadakan saat Corona ini.

Topik yang di luar pembahasan seharusnya hanya akan membuat diskusi tidak berjalan secara teratur.

Bahkan, bisa saja topik tersebut lebih menarik dari yang seharusnya dibahas sehingga hingga akhir kamu dan anggota tim hanya mengupas tuntas seputar topik itu saja.

Dilansir dari The Muse, kamu bisa melakukan ini dengan cara mempertanyakan, “mengapa harus menjalankan sesi brainstorming, dan kenapa sekarang?”.

Dengan begitu, kamu jadi tahu mana topik yang memiliki prioritas untuk dibahas, mana topik yang bisa dibicarakan melalui email saja.

Baca Juga: Tetap Perhatikan 6 Gerak Tubuh Berikut Ini saat Video Conference

2. Buat peraturan dasar

Cara selanjutnya yang dapat membuat brainstorming saat Corona menjadi efektif adalah membuat peraturan dasar.

Hal ini mencakup aplikasi apa yang digunakan, siapa yang menjadi moderator, dan lain-lain.

Dengan membuat peraturan dasar, sesi brainstorming akan jadi jauh lebih efektif karena tidak ada yang bicara secara bersamaan.

Pastikan juga anggota tim mengetahui etika yang harus diperhatikan, seperti mematikan suara ketika orang lain sedang berbicara dan menunggu sampai sesi tanya jawab untuk menyalakannya kembali.

3. Persiapkan anggota tim

Cara selanjutnya agar brainstorming secara remote di saat Corona ini bisa tetap efektif adalah dengan mempersiapkan anggota tim terlebih dahulu.

Pertama-tama, pastikan anggota tim yang diundang untuk brainstorming adalah orang-orang yang berkepentingan saja.

Jangan sampai malah jadi terlalu ramai dan tidak efektif.

Nah, ketika ingin melakukan meeting secara online, tentu akan ada kiriman undangan melalui kalender.

Biasanya, undangan tersebut berisikan link, siapa saja yang akan menghadiri meeting tersebut, dan terdapat ruang untuk meletakkan catatan di bawahnya.

Di catatan tersebut, kamu bisa memberi peringatan kepada anggota tim mengenai apa saja yang harus mereka persiapkan untuk sesi brainstorming yang akan dijalankan.

Misalkan mereka harus memberikan setidaknya satu ide, harus memahami pemakaian tools pada saat brainstorming berlangsung, dan lain-lain.

Sebagai contoh, kamu terbiasa menggunakan Google Meet untuk keperluan kantor. Namun, kali ini kamu ingin menggunakan Zoom.

Pastikan anggota tim sudah mengetahui cara menggunakan Zoom, agar brainstorming di saat Corona ini bisa berjalan secara optimal dan efektif.

Baca Juga: 6 Tips Meeting Online Agar Kondusif dan Produktif

4. Buat sesi brainstorming tetap menarik

Supaya efektif, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sesi brainstorming di saat Corona ini tetap menarik.

Untuk melakukannya, cara paling ampuh adalah dengan menjalankannya selama paling lama satu jam.

Lebih dari itu, dijamin anggota tim akan merasa antara bosan, atau kehabisan ide dan menjadi terlalu lelah untuk menyelesaikan pekerjaan utamanya.

Kamu juga bisa menjadwalkan semacam mini games di tengah-tengah, agar pikiran peserta tetap segar dan tertarik untuk menjalankan brainstorming tersebut.

Intinya, jangan terlalu memaksakan dan jalankan brainstorming sesuai dengan apa yang direncanakan di awal saja.

Baca Juga: Harus Meeting dengan Klien di Tengah New Normal? Ikuti 6 Tips Berikut

Itu dia berbagai macam cara yang bisa kamu ikuti agar sesi brainstorming saat berada di tengah pandemi Corona bisa semakin efektif.

Ingin berdiskusi lebih lanjut seputar pekerjaan di kala pandemi ini? Kamu bisa melakukannya secara gratis di Glints Komunitas, lho.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab dengan ahli profesional dan juga sesama pengguna dengan kecemasan yang sama.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai diskusi sekarang!

Sumber

    7 Tips for Running a Successful Team Brainstorm—Even When Everyone’s Remote

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”