4 Cara Mengatasi “USB device not recognized” di Windows 10

ulinulin.com – USB dapat berasal dari beragam perangkat mulai dari mouse, flashdisk, kabel data ponsel, dan lainnya. Perangkat ini juga tak lepas dari beberapa masalah. Salah satunya USB yang tidak terhubung dan muncul notifikasi error “USB device not recognized”.

USB tidak terhubung tentu sangat menganggu aktivitas Anda dalam menjalankan perangkat laptop/PC. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kenali beberapa penyebab USB tidak dapat terhubung.

Beberapa di antaranya USB driber tidak stabil, sistem operasi PC yang belum ter-update, atau drive eksternal yang mengalami suspend. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini cara mengatasi “USB device not recognized” di Windows 10.

Memperbarui driver perangkat

Jika Windows tidak dapat mengenali perangkat, Anda mungkin juga melihat di Pengelola Perangkat bahwa perangkat muncul sebagai “Unknown Device “.

Anda dapat membuka Pengelola Perangkat dengan mengeklik “Start” dan mengetik devmgmt.msc atau dengan membuka Panel Kontrol dan mengeklik “Device Manager”.

Dalam hal ini, Anda harus mengklik kanan pada Unknown Device, klik “Properties”, lalu tab Driver dan kemudian klik Update Driver.

Restart dan putuskan sambungan perangkat USB

Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah memutuskan semua perangkat USB dan kemudian restart laptop/PC. setelah Anda memulai ulang, coba sambungkan perangkat USB kembali.

Jika port USB tertentu tidak mengenalinya, cobalah menggunakan yang lain. Jika perangkat dikenali oleh port USB yang berbeda, mungkin ada masalah perangkat keras dengan salah satu port USB.

Uninstal perangkat USB

Menuju ke Device Manager dan uninstall setiap item di bawah menu USB Serial Bus Controllers. Setelah itu uninstall ikon USB yang bertand seru atau yang muncul sebagai “Unknown Device”.

Mencoba di PC/laptop lain

Anda dapat mencoba mencolokkan perangkat USB ke komputer lain. Jika masih tidak terdeteksi di komputer/PC lain maka kemungkinan USB tersebut yang bermasalah. Maka dari itu Anda bisa mengganti USB yang bermasalah tersbeut dengan USB terbaru.

Demikian cara mengatasi “USB device not recognized”di Windows 10. Semoga membantu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”