4 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju Secara Praktis

ulinulin.com – Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika baju ternoda karat besi. Bahkan, baju anak-anak pun rentan ternoda karat besi ketika mereka bermain di luar rumah. Meskipun terlihat sepele, noda karat dapat merusak estetika baju Anda. Terkadang, deterjen saja tidak cukup untuk membersihkan noda karat tersebut. Anda membutuhkan bahan-bahan tambahan lainnya untuk menghilangkan noda karat di baju.

Noda karat baju tidak dapat dibiarkan begitu saja. Segera bersihkan noda tersebut agar tidak mengendap di serat kain sehingga semakin sulit dibersihkan. Kamini akan memberikan 4 cara menghilangkan noda karat di baju paling bersih dan praktis yang bisa Anda coba di rumah.

4 Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju

1. Lemon dan Garam

Cara menghilangkan noda karat di baju yang pertama adalah dengan memanfaatkan lemon dan garam. Sebelum masuk ke panduannya, sebaiknya siapkan dulu satu buah lemon dan garam secukupnya. Apabila kedua bahan ini sudah tersedia, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

    Oleskan garam secukupnya ke bagian baju yang ternoda karat.

    Setelah ditutup dengan garam, tuangkan perasan air lemon tepat di atas noda karat tersebut.

    Jemur baju di bawah sinar matahari selama 30-60 menit.

    Gosok bagian yang ternoda dengan menggunakan sikat gigi bekas.

    Bilas sisa garam dan lemon sebelum Anda mencuci baju tersebut dengan deterjen seperti biasanya.

Kandungan asam yang tinggi di dalam lemon dapat membantu melunturkan noda karat. Sementara garam juga berperan sebagai pengangkat noda secara alami sehingga nodanya tidak keburu meresap hingga ke serat-serat kain.

Setelah melakukan treatment membersihkan noda karat dan lemon, segera cuci baju dengan deterjen untuk menghilangkan residu noda. Apabila nodanya masih menempel, silakan ulangi treatment di atas sampai nodanya bersih.

2. Cuka dan Garam

Solusi lain untuk menghilangkan noda karat di baju adalah dengan menggunakan cuka putih dan garam. Kombinasi dua bahan alami ini dapat menyerap noda karat yang sudah mengering di baju. Lakukan pembersihan dengan bahan-bahan ini sebelum Anda mencuci baju tersebut dengan deterjen.

Berikut adalah cara menghilangkan noda karat di baju dengan menggunakan garam dan cuka putih:

    Letakkan baju yang ternoda karat di atas handuk.

    Basahi kapas dengan cuka putih, lalu tekan-tekan kapasnya di atas bagian yang ternoda karat.

    Setelah dibasahi dengan cuka putih, oleskan garam secukupnya pada bagian yang ternoda.

    Gosok perlahan dengan jari Anda untuk mencampur garam dengan cuka yang sudah meresap di baju tersebut.

    Jemur baju di bawah sinar matahari selama 30-60 menit. Posisikan bagian yang ternoda di atas (tepat menghadap ke sinar matahari).

    Setelah selesai dijemur, bilas baju dan segera cuci dengan deterjen untuk menghilangkan residu karat.

Proses membersihkan noda karat dengan cuka putih dan garam ini terbilang praktis dan mudah. Manfaat meletakkan handuk di bawah baju yang ternoda adalah agar residu noda yang dibasahi dengan cuka tidak meluber ke mana-mana karena terserap oleh handuk.

Lanjutkan proses pembersihan ini dengan mencuci baju di mesin cuci atau secara manual menggunakan deterjen anti noda. Penggunaan cuka putih dan garam ini bisa dipakai untuk membersihkan noda karat di baju putih maupun berwarna. Selain itu, cuka juga bisa menghilangkan noda permen karet di baju.

3. Baking Soda

* sumber: www.healthline.com

Baking soda adalah salah satu bahan yang terkenal ampuh untuk mengatasi berbagai jenis noda di baju. Kali ini, Kamini ingin mengajak Anda memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan noda karat di baju. Baking soda juga tergolong sebagai bahan yang aman dan tidak merusak baju.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara menghilangkan noda karat di baju dengan menggunakan baking soda, simak panduan lengkapnya berikut ini:

    Buat pasta baking soda dengan mencampur bubuk baking soda dengan sedikit air. Pasta baking soda yang dipakai harus sedikit kental.

    Oleskan pasta baking soda ini ke bagian baju yang ternoda karat.

    Gosok dengan jari-jari Anda atau sikat gigi bekas.

    Bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan mencuci baju menggunakan deterjen untuk menuntaskan pembersihan nodanya.

Pembersihan noda menggunakan baking soda ini cukup ampuh untuk mengangkat noda karat besi yang melekat di baju. Anda tidak perlu mengombinasikan baking soda dengan bahan-bahan lainnya karena baking soda sudah cukup ampuh untuk mengangkat noda karat.

4. Cairan Pencuci Piring

Ketika baju kesayangan Anda ternoda karat, segera bersihkan dengan pertolongan pertama menggunakan cairan pencuci piring. Sabun untuk mencuci piring memiliki bahan aktif yang dapat mengangkat noda karat. Jadi, jika tidak ada pemutih atau deterjen, atasi dulu noda karat dengan sabun cair pencuci piring. Inilah panduan cara menghilangkan noda karat di baju dengan bantuan sabun cair pencuci piring:

    Oleskan sabun cair pencuci piring secukupnya ke bagian baju yang ternoda.

    Gosok dengan jari-jari Anda sampai noda karatnya nampak memudar.

    Bilas baju dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun dan residu noda karat yang berhasil dilunturkan.

    Rendam baju di dalam air jika tidak ada deterjen untuk mencuci. Akan tetapi, apabila deterjennya sudah tersedia maka segera cuci baju itu sampai bersih.

Sejatinya, noda karat di baju bisa dihilangkan dengan deterjen anti noda. Akan tetapi, jika noda karatnya sudah kering atau terlalu lama melekat di pakaian, maka Anda harus mengandalkan berbagai bahan-bahan di atas.

Tips Agar Baju Tidak Ternoda Karat

* sumber: www.bataviamesinlaundry.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”