4 Cara Profesional Hadapi Rekan Kerja Bermuka Dua

ulinulin.com – Kehidupan di dunia kerja memang tidak mudah. Pasalnya, selain harus bekerja keras kita pasti akan bertemu dengan berbagai jenis rekan kerja. Nah, yang paling menyebalkan adalah rekan kerja yang bermuka dua.

Tipe rekan kerja yang bermuka dua ini sering menjadi penyebab adanya drama di kantor. Mereka akan terlihat manis di depan, tapi juga bisa membicarakan hal buruk di belakang kita.

Teman kerja yang toxic seperti ini tentunya dapat membuat mood kita jadi berantakan saat berada di kantor. Bahkan, hal itu bisa mengganggu pekerjaan dan mengganggu produktivitas.

Itulah mengapa saat kamu memiliki rekan kerja macam ini sebaiknya dihadapi dengan cara yang tepat dan profesional.

Jangan Salah Menilai Karakter Rekan Kerjamu

© Freepik.com

Sulit sekali memastikan karakter rekan kerja yang memiliki muka dua. Mereka akan selalu bersikap baik padamu, tapi juga mampu berkata jahat saat tidak ada kamu di sekitarnya.

Menurut The Muse, perlu dipastikan bahwa karakter rekan kerja kita memang bermuka dua. Jangan sampai kamu salah menilai hingga akhirnya menyebabkan permusuhan.

Cobalah tanya kepada rekan kerja yang lain mengenai karakternya. Cari fakta yang sebenarnya dan jangan hanya mendengarkan gosip belaka.

Saat kamu menemukan fakta yang mengatakan bahwa rekan kerjamu tersebut memang toxic, maka segera menjauh darinya.

Batasi Interaksimu

© Freepik.com

Setelah kamu mengetahui kebenaran mengenai sikapnya yang kurang baik tersebut, segeralah menghindarinya dan mengurangi interaksi.

Sebenarnya hal ini akan cukup sulit dilakukan karena kamu harus bertemu dengannya setiap hari. Namun, sebaiknya tetap buat jarak agar kamu tidak merasa kesal dengan perbuatannya.

The Odyssey juga menyebutkan bahwa sebaiknya untuk mengurangi interaksi dengan rekan kerja yang bermuka dua, tapi tetap profesional saat sedang bekerja.

Membatasi interaksi ini bertujuan agar kamu tidak merasa terganggu apalagi sampai lepas kendali saat bertemu dengannya.

Jadilah Orang yang Tidak Mudah Tersinggung

© Freepik.com

Saat kamu memiliki sikap yang mudah tersinggung, pastinya kamu tidak akan tahan dengan sikap rekan kerjamu yang bermuka dua tersebut.

Jika kamu ingin bisa tetap bekerja dengan damai di kantor, sebaiknya kamu tidak mudah tersinggung dengan sikap negatif orang lain.

Menurut CNBC, sangat penting membuat dirimu menjadi orang yang selalu positif dan tidak mudah tersinggung.

Selama rekan kerja yang bermuka dua itu tidak melakukan hal yang sangat merugikan untukmu, sebaiknya cuek saja padanya.

Jangan mudah tersinggung jika ia tiba-tiba muncul dan merasa tidak melakukan kesalahan. Cukup biarkan saja dan tidak menganggapnya sebagai persoalan pribadi.

Ajak Bicara Serius

© Freepik.com

Saat sudah mengurangi interaksi dengan mereka, tapi ia tetap masih menyebarkan gosip maka sudah waktunya ia diajak bicara serius.

Ajak rekan kerjamu ini ke sebuah tempat yang nyaman untuk ngobrol. Kemudian ajak ia bicara jujur mengenai perbuatannya di belakangmu.

Saat mengajaknya bicara serius, menurut The Ladders kamu tidak boleh menghakimi dan menyalahkannya. Cukup dengarkan dahulu penjelasannya.

Kemudian, utarakan pendapatmu mengenai perbuatannya. Kamu harus mempersiapkan fakta bahwa ia pernah menyebarkan gosip yang tidak benar di belakangmu.

Seandainya ia mengakui kesalahannya dan meminta maaf, tentu akan bijaksana jika kamu mau memaafkannya.

Menghadapi rekan kerja yang bermuka dua memang cukup sulit karena ia akan selalu menunjukkan hal baik di depan tapi menjatuhkan saat di belakang kita.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari orang bermuka dua yaitu dengan tidak mudah percaya kepada orang lain apalagi sampai menceritakan hal yang pribadi.

Penasaran dengan solusi lain saat menghadapi berbagai rekan kerja yang mengganggu? Kamu bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan pengguna lain di Glints Komunitas, khususnya kanal Office Life.

Glint Komunitas adalah forum tanya jawab dan diskusi yang membahas berbagai hal seputar dunia kerja. Mulai dari etika, prfesi, kehidupan kantor, hingga urusan-urusan HR.

Tunggu apa lagi? Yuk, gabung sekarang!

Sumber

    The Smart Way to Deal With That Two-Faced Co-worker Who Drives You Nuts

    11 Ways To Deal With Two-Faced People

    Stanford psychologist shares 5 mental strategies for dealing with a toxic coworker

    5 strategies to deal with difficult colleagues

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”