4 Hal Ini Ada Baiknya Tidak Dijadikan Tema Kostum Halloween

ulinulin.com – Perayaan Halloween mulai membanjiri jelang 31 Oktober. Pesta Halloween yang biasa diselenggarakan sekitar tanggal itu mulai dipersiapkan, mulai dari dekorasi hingga kostum Halloween yang jadi hal paling ditunggu. Untuk pesta Halloween, kita bisa mengenakan kostum apapun sesuai tokoh yang kita pilih.

Namun pada Halloween tahun ini, kita diajak untuk lebih bijaksana memilih kostum, Beauties. Beberapa waktu lalu, kostum Jeffrey Dahmer sempat viral dan ditarik dari penjualan Ebay karena dianggap kontroversial.

Karena itu, walaupun mempunyai tujuan semata untuk bersenang-senang, akan lebih baik kita memakai kostum sesuai etika dengan cara mengingat isu yang ada dan menghindari segala hal yang sensitif. Berikut beberapa diantaranya yang sebaiknya tidak dipakai sebagai kostum Halloween 2022.

Ratu Elizabeth II

Meninggalnya Ratu Elizabeth II masih hangat diperbincangkan dan terlalu dini untuk menjadikan mendiang Ratu Inggris sebagai ide kostum Halloween 2022. Karena memakai kostum mempunyai alasan hiburan, maka tindakan ini bisa dianggap tidak menghormati, Beauties. Masih banyak alternatif kostum jika ingin bertransformasi sebagai keluarga kerajaan tanpa harus terlihat membosankan, seperti kostum Bridgerton, atau putri-putri Disney.

Kriminal dan Korban

Tokoh lain yang tidak perlu ditiru sebagai kostum Halloween yakni semua kriminal kekerasan. Misalnya pelaku pembunuhan, penjahat genosida, teroris, dan lain-lain. Hal ini juga menjadi alasan kostum Jeffrey Dahmer jadi kontroversial dan dinilai provokatif karena tidak sesuai moral masyarakat. Begitu juga dengan kostum Nazi dan Adolf Hitler. Selain itu, mengenakan kostum sebagai korban dari kejahatan-kejahatan ini juga sangat tidak etis, Beauties.

Stereotip Tertentu

Dewasa ini kita semakin diingatkan bagaimana isu-isu sensitif di masyarakat seperti label atau stereotip bisa memicu pertikaian. Karena itu akan lebih baik mengenakan kostum yang tidak berhubungan dengan stereotip negatif dari suatu hal. Seperti stereotip seseorang dengan warna kulit, ras, agama, seksualitas, atau budaya yang ada di Indonesia.

Semua yang Berhubungan dengan Penyakit

Setelah melalui pandemi yang merenggut banyak jiwa, sebaiknya kita menghargai para korban dengan cara menghindari kostum virus untuk Halloween. Bukan cuma kostum virus covid 19, tapi juga cacar monyet, obat sirop atau hal-hal lain yang belakangan hangat diperbincangkan di masyarakat dan media yang menimbulkan kekhawatiran, takut, dan duka.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!