4 Komponen Mobil yang Harus Diperiksa Saat Mobil Terendam Banjir

ulinulin.com – Spare Part Mobil | Mobil bekas

Musim penghujan seperti sekarang harus diwaspadai dengan adanya bencana banjir, apalagi jika Anda bertempat tinggal di daerah yang rawan banjir. Jika Anda terpaksa harus menerjang banjir dengan mobil, ada beberapa komponen mobil yang harus Anda segera periksa.

Pengapian

Komponen pengapian pada mobil seperti delco (distributor), koil, busi, dan engine control unit (ECU) rentan rusak jika mobil melibas banjir. Jika komponen ini terkena air, proses pengapian pada mesin mobil Anda dipastikan terkendala dan akhirnya mobil akan mogok. Langkah penanganannya adalah dengan langsung mengeringkannya memakai kompresor atau mengelap dengan tisu kering.

Kelistrikan

Komponen mobil yang tak kalah penting untuk diperiksa segera saat mobil terendam banjir adalah sistem kelistrikannya. Soket misalnya, jika terendam dapat mengakibatkan korsleting. Sama halnya dengan sekring, kerusakan pada komponen ini bisa langsung berpengaruh pada komponen kelistrikan lain. Meski sudah dilindungi dengan baik, tidak ada salahnya komponen kelistrikan ini dicek.

Radiator

Saat terendam banjir, kisi-kisi radiator akan dimasuki kotoran. Hal ini dapat mengganggu dan merusak kinerja radiator. Segera bersihkan radiator menggunakan air bersih bertekanan rendah. Lalu kuras air radiator dan ganti isinya dengan yang baru agar membuat proses pendinginan tetap sempurna dan menghindari mesin agar tidak overheat.

Kaki-kaki

Komponen mobil terakhir yang pantang terendam air banjir adalah bagian kaki-kaki. Jika terendam, komponen yang di dalamnya terdapat perangkat rem dan bushing arm ini akan mengalami gagal fungsi dan mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan. Jika sudah terlanjur menerjang banjir, segera periksa bagian ini agar tidak berkarat dan lecet.

Untuk menghindari masalah yang lebih serius pada mobil Anda, percayakan perbaikan mobil Anda kepada bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Diasuransikan mobil Anda atau tidak, jangan paksakan untuk melewati genangan banjir yang sudahkan terlampau tinggi. Hal ini untuk mencegah penolakan klaim asuransi akibat kesalahan penggunaan dan kerusakan permanen di kemudian hari.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”