4 Tipe MBTI yang Cocok dengan INTJ

ulinulin.com – INTJ adalah salah satu tipe MBTI yang dikenal jenius dan suka menyendiri. INTJ memiliki imajinasi yang tinggi dan tidak suka bersosialisasi dengan orang lain.

Oleh sebab itu, INTJ terlihat dingin dan suka mengungkapkan pendapat secara langsung. INTJ juga dikenal sebagai orang yang bisa menyelesaikan masalah hingga tuntas. INTJ mampu berpikir konseptual dan tetap tenang di tengah kesibukannya.

Lantas, apa yang INTJ cari ketika mencari pasangan? Apakah dia akan menggunakan logikanya ketika memutuskan menjalin hubungan asmara dengan seseorang?

Kali ini telah merangkum beberapa tipe MBTI yang dinilai cocok dan mampu memahami sifat penyendiri yang dimiliki INTJ. Siapa saja mereka? Simak informasi tipe MBTI yang cocok dengan INTJ di bawah ini, yuk!

1. ENTP

ENTP memiliki beberapa kesamaan dengan INTJ, yakni sama-sama intuitif dan pemikir yang handal. Pasangan ini lebih mudah terkoneksi saat berkomunikasi atau membahas hal-hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

ENTP yang ekstrovert mampu mengendalikan dan memahami INTJ yang introvert. ENTP bisa bersikap mengalah ketika menghadapi INTJ yang dominan. Perbedaan karakter itu justru membuat hubungan INTJ dan ENTP terasa saling melengkapi, tetapi mampu mengembangkan wawasan satu sama lain.

Keduanya juga hobi berbagi ide dan wawasan. INTJ yang mudah fokus pada satu bidang saja akan cocok dengan ENTP yang mampu mengerjakan banyak hal.

Editors’ Picks

2. INTP

INTP menjadi tipe MBTI selanjutnya yang memiliki banyak kesamaan dengan INTJ. Mereka sama-sama memiliki minat yang tinggi pada ide dan teori, sehingga bisa saling berbagi ilmu ketika menghabiskan waktu bersama.

Keduanya sama-sama introvert, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk memahami kepribadian satu sama lain. INTP memang lebih dominan dibanding INTJ, namun INTP tetap mau mendengarkan pendapat INTJ saat berdiskusi.

Hubungan INTJ dan INTP memang terlihat unik. Mereka sering menghabiskan waktu bersama untuk membahas hal-hal yang bersifat abstrak. Oleh sebab itu, banyak orang berpikir hubungan INTJ dan INTP termasuk hubungan yang jenius.

3. ENTJ

INTJ dan ENTJ memiliki empat fungsi kognitif yang sama, sehingga menjadikan keduanya cocok hampir di semua aspek. Perbedaannya ialah ENTJ mendapatkan sumber energinya dari hubungannya dengan orang lain, sedangkan INTJ mendapatkan energi dengan menyendiri.

INTJ dan ENTJ tetap bisa memahami cara pandang masing-masing dan tidak mempermasalahkan perbedaan karakter dalam hubungan mereka. Mereka juga memiliki cara berpikir dan komunikasi yang sama, yakni to the point dan tidak suka membahas pemikiran yang tidak masuk akal.

Sebagai pasangan, INTJ dan ENTJ bisa saling mendukung karir satu sama lain, sehingga mencapai kesuksesan bersama. Mereka akan saling memberikan ide untuk mencapai tujuan masing-masing.

4. INTJ

Tidak perlu diragukan lagi jika INTJ akan cocok dengan sesama INTJ. Keduanya bisa saling memahami satu sama lain karena memiliki empat fungsi kognitif yang sama.

Saat awal pendekatan, sesama INTJ akan mengagumi pemikiran satu sama lain. Bisa dibilang ada banyak kesamaan mereka dari sisi gaya hidup dan pemikiran dalam memandang dunia. Ketika berdiskusi, sesama INTJ lebih suka membahas hal-hal abstrak tanpa memaksakan pasangan untuk setuju dengan pendapat mereka.

Mereka yang suka menyendiri juga bisa menghabiskan waktu bersama di rumah. Sesama INTJ tidak membutuhkan kegiatan yang menguras energi untuk menjaga keharmonisan hubungan. Mereka akan menjadi pasangan yang saling menghargai dan sering menghabiskan waktu bersama di tengah kesibukan masing-masing.

INTJ memang tipe MBTI yang unik dan tidak semua orang bisa memahami karakternya. Namun, dia akan menjadi pasangan yang setia saat menemukan orang yang tepat.

Semoga informasi terkait tipe MBTI yang cocok dengan INTJ bisa bermanfaat, ya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”