4 Tipe Suami yang Bikin Istri Bahagia menurut Penelitian

ulinulin.com – Tentunya pernikahan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup pada setiap individu. Akan tetapi, nyatanya banyak hubungan pernikahan yang tidak dapat bertahan hingga dipisahkan oleh maut.

Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan tentang apa sebenarnya kunci hubungan agar langgeng. Penelitian yang dilakukan University of Michigan menunjukkan bahwa kunci langgengnya pernikahan ada pada kebahagiaan istri.

Ternyata, kebahagiaan istri dalam hubungan pernikahan justru ditentukan oleh perilaku suami. Terdapat tipe kepribadian tertentu yang diketahui bisa membuat istri lebih bahagia dalam hubungan rumah tangga.

Kali ini telah merangkum deretan tipe suami yang bisa bikin istri bahagia, bahkan membuat hubungan menjadi langgeng. Kira-kira suami yang bagaimana, ya?

Simak deretan tipenya di bawah ini yuk, Ma!

1. Memiliki emosi stabil

Berdasarkan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, tipe suami yang bisa membuat istri bahagia ialah pribadi yang memiliki emosi stabil. Kestabilan emosi pada diri suami akan berpengaruh besar dalam penyelesaian masalah rumah tangga.

Apalagi dalam rumah tangga pastinya akan ada saja hal-hal yang menjadi permasalahan meski hanya hal kecil. Suami yang memiliki emosi tidak stabil, umumnya akan mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Sebaliknya, bila suami memiliki emosi tidak stabil seperti mudah tersinggung pada hal-hal kecil. Tentunya, ini akan membuat istri selaku pasangan menjadi terbebani.

Tak hanya bisa menimbulkan pertengkaran, namun sifat tersebut akan membuat istri memendam perasaan mereka.

Editors’ Picks

2. Cinta kepada keluarga

Selain memiliki emosi stabil, tipe suami yang juga disebutkan dalam penelitian yang dilakukan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ialah pribadi yang cinta keluarga.

Tipe ini bisa membuat istri bahagia karena suami yang cinta kepada keluarga, umumnya bukan hanya akan memenuhi kebutuhan keluarga saja. Bahkan suami tipe ini juga akan memprioritaskan keluarga dibandingkan dengan urusan lainnya, khususnya pekerjaan.

Sederhananya, suami pencinta keluarga akan berusaha meluangkan waktu untuk keluarga, meski sedang sibuk dengan pekerjaannya. Suami yang memiliki sifat ini juga akan berusaha memberikan segala hal terbaik untuk keluarganya, lho.

3. Bersedia menerima pendapat atau pengaruh istri

Riset yang dilakukan The Gottman Institute juga menunjukkan bahwa suami yang membiarkan istrinya memengaruhi mereka memiliki pernikahan lebih bahagia. Bahkan mereka sebagai pasangan suami istri, jadi lebih kecil kemungkinannya untuk bercerai.

Suami yang enggan menerima pengaruh dari istri atau ingin sepenuhnya berkuasa berdampak buruk, khususnya ketika sedang berkonflik. Besar kemungkinan bahwa konflik justru akan berkembang karena suami tidak menghormati pendapat istri.

Pasalnya, ketika berkonflik istri biasanya mengajak diskusi mengenai masalah serta menawarkan solusi. Suami yang mampu menerima ide pasangannya lebih mungkin untuk mempertahankan hubungan pernikahan.

4. Memiliki karakter yang setia

Seorang ahli psikologi dr. Nishna Khanna menjelaskan bahwa suami yang setia berpengaruh pada kebahagiaan istri. Tentunya setiap istri menginginkan suaminya untuk hanya berkomitmen kepadanya.

Banyak istri yang merasa khawatir dan terpikirkan bahwa suaminya mungkin terlibat dalam perselingkuhan. Memiliki suami yang setia dan mampu menunjukkan kesetiaannya, maka akan membuat istri merasa tenang dan aman.

Ketika istri tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai suaminya akan berkhianat atau tidak, maka hal ini akan meringankan beban pikiran istri. Sehingga, pada akhirnya istri lebih bahagia karena tidak perlu memikirkan hal negatif tersebut.

Itulah deretan tipe suami yang bisa bikin istri bahagia bahkan membuat hubungan menjadi langgeng menurut riset dan ahli. Kira-kira tipe di atas ada pada suami Mama nggak, nih?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”