4 Tips Memilih Oli Mesin Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda

ulinulin.com – Oli Mesin | Tips Mobil

Ragam oli mesin banyak beredar di pasaran. Semua saling adu kelebihan produknya. Tapi Anda jangan terpancing memilih produk oli mesin karena promo yang menarik, sebab belum tentu cocok untuk mesin mobil Anda. Perhatikan spesifikasi oli mesin yang direkomendasi pada manual book mobil Anda. Oli mesin yang tepat adalah oli yang menyehatkan mobil Anda.

Agar tidak salah menggunakan oli mesin yang tepat untuk kendaraan Anda, ada beberapa cara yang harus Anda kuasai, yakni:

Memahami dan mengerti karakteristik mesin kendaraan Anda

Buka manual book dan mulai mengenali lebih dalam tentang mobil Anda. Penggunaan oli mobil termasuk paling direkomendasikan dalam manual book sebab terkait dengan performa dan keawetan mesin. Penjelasannya adalah berupa spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat. Mengikuti prosedurnya maka akan menjamin mesin kendaraan Anda tetap sehat. Jadi ingat, jangan pilih oli mesin karena mereknya tetapi komposisi standar berdasarkan manual book.

Kekentalan oli bukan jaminan mengawetkan mesin

Fungsi boleh sama, tetapi jika kandungan oli tidak sesuai dengan karakter mobil Anda maka sama saja mesin tak terlindungi. Perbedaan oli ditandai dengan kekentalan cairan oli yang diatur dalam SAE (Society of Automotive Engineer). Dan tingkat kekentalan oli diklasifikasikan oleh SAE dalam bentuk viscosity-grade.

Semakin besar angka yang berada di belakang kode SAE, semakin kental kadar olinya. Sebagai simulasi, oli dengan SAE 15W-40 artinya ukuran kekentalan pada kondisi dingin 15 dan kondisi panas 40. Buka buku manual untuk rujukan SAE yang disarankan.

Oli sintetik vs oli mineral

Ada dua jenis oli mobil yang ditawarkan: oli sintetik dan oli mineral. Oli sintetik dibuat dari ragam bahan kimia bersifat adiktif. Sedangkan oli non sintetik murni berasal dari ekstraksi minyak bumi. Di pasaran, oli sintetik paling dominan digunakan karena punya banyak keunggulan dibandingkan oli mineral. Diantaranya adalah: cenderung stabil terkena suhu dingin sehingga kadar penguapannya lebih rendah; melumasi mesin jauh lebih baik dan tahan terhadap gesekan; ekonomis, dan lebih bersih cara kerjanya.

Hindari oli palsu

Ini juga butuh pengetahuan untuk membedakan oli palsu dan oli asli. Cara termudahnya jangan tergiur harga murah, dan bau oli palsu biasanya berbau tengik seperti hasil bekas pembakaran, dan terasa kasar saat diusap dengan jari karena kandungan logamnya.

Jadi tidak ada salahnya selalu mengecek dan ganti oli mesin pada waktunya atau sesuai kilometer penggunaan. Selain pelindung mesin, oli juga berfungsi sebagai pelindung karat dan menjaga kestabilan suhu mesin. Selalu gunakan oli mobil sesuai karakter mesin Anda, maka keawetan dan perlindungan maksimal mesin pun tercapai.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”