5 Bentuk Adaptasi Kebiasaan Baru di Industri MICE

ulinulin.com – Dalam rangka memenuhi adaptasi kebiasaan baru, industri meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) harus memenuhi sejumlah protokol kesehatan khusus.

Bisa dibilang, selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), industri ini adalah salah satu yang paling terdampak. Hal ini terlihat dari beberapa usaha yang harus menutup kegiatan operasionalnya.

Hal ini terjadi karena industri MICE adalah bidang industri yang melibatkan banyak orang yang memiliki risiko penyebaran Covid-19 cukup tinggi.

Setelah beberapa lama menutup operasinya, pemerintah mulai mengeluarkan beberapa kebijakan serta protokol kesehatan yang harus dipatuhi saat adaptasi kebiasaan baru agar industri ini bisa kembali berjalan.

Lalu, apa saja adaptasi kebiasaan baru bagi industri MICE yang harus dipatuhi pelaku ataupun konsumen?

Pada artikel ini, Glints akan paparkan beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang proses adaptasi di bidang tersebut.

Yuk, langsung saja simak selengkapnya!

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini ketika Makan di Kantor dalam Keadaan New Normal

Adaptasi Kebiasaan Baru Industri MICE

Dengan adanya pandemi seperti saat ini, tentu kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti event atau kegiatan lainnya sangat terdampak.

Menurut Bisnis.com, telah terjadi pembatalan kegiatan sebanyak 84,8% sejak penerapan PSBB.

Tentu hal ini menimbulkan kurangnya pemasukan bagi pelaku industri.

Untungnya, pemerintah telah menyiapkan berbagai protokol agar industri MICE dapat berlangsung kembali dan diharapkan dapat meningkatkan perputaran ekonomi.

Merujuk dari Peraturan Menteri Kesehatan, berikut adalah beberapa adaptasi yang harus dipatuhi baik bagi pelaku ataupun konsumen.

1. Mengurangi sentuhan fisik

© Pexels.com

Dalam menyelenggarakan kegiatan seperti konser, ataupun pertunjukan seperti teater dan bioskop, tentu pengunjung perlu membeli tiket terlebih dahulu.

Jika sebelum pandemi pengunjung mendapatkan tiket fisik, kali ini, diusahakan agar baik penyelenggara maupun pengunjung untuk dapat melakukan kegiatan pembelian tiket secara online.

Hal ini karena protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah mengharuskan adanya pengurangan sentuhan fisik, terutama dalam pembelian tiket.

2. Dilarang berdiri

© Freepik.com

Adaptasi kebiasaan baru lain industri MICE yang akan berlangsung adalah adanya larangan untuk berdiri selama event berlangsung.

Hal ini karena peserta yang berdiri tentu akan sulit memastikan adanya jarak antar peserta.

Oleh karena itu, disarankan bagi penyelenggara kegiatan untuk menyediakan kursi bagi seluruh pengunjung.

Tentu, ini bisa berakibat pada tiadanya kelas festival, atau harga yang lebih mahal pada tiap event yang berlangsung.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini ketika Makan di Kantor dalam Keadaan New Normal

3. Acara berlangsung lebih dari satu sesi

© Freepik.com

Dengan adanya pembatasan jumlah pengunjung, industri MICE perlu melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan membuat kegiatan berlangsung tidak hanya satu sesi.

Hal tersebut diperlukan untuk mengakomodasi pengunjung yang yang banyak, namun tempat yang kurang memadai untuk seluruh pengunjung berjaga jarak.

Oleh karena itu, solusinya adalah mengadakan event lebih dari satu sesi. Kegiatan bisa dibagi misalnya menjadi sesi sore dan malam, atau sesi hari pertama dan kedua.

4. Membawa makanan/minuman sendiri

© Freepik.com

Untuk memastikan berkurangnya sentuhan fisik pada kegiatan, bukan tidak mungkin jika pengunjung diimbau untuk membawa makanan atau minuman sendiri.

Hal ini karena tanggung jawab kebersihan dan kehigienisan makanan akan menjadi tanggung jawab dari pengunjung.

5. Acara berlangsung virtual

© Pexels.com

Adaptasi kebiasaan baru bagi industri MICE terakhir yang dapat dilakukan adalah melangsungkan acara secara virtual.

Selama masa PSBB sendiri ada beberapa event yang berhasil dilaksanakan secara virtual.

Tak menutup kemungkinan ke depannya kegiatan virtual akan semakin marak mengingat risiko tertular Covid-19 akan lebih kecil.

Baca Juga: Harus Meeting dengan Klien di Tengah New Normal? Ikuti 6 Tips Berikut

Itulah beberapa adaptasi kebiasaan baru yang perlu kamu ketahui sebagai pelaku, pekerja, ataupun konsumen industri MICE.

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu diharapkan dapat lebih mempersiapkan berbagai hal untuk keberlangsungan event yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Jika kamu ingin sharing mengenai pengalaman atau inovasimu terhadap adaptasi industri MICE, kamu bisa bergabung dengan Glints Komunitas.

Di sana, kamu akan bertemu dengan orang lain dan dapat berdiskusi mengenai topik-topik sesuai dengan minatmu, termasuk soal adaptasi kebiasaan baru di dunia kerja.

Tunggu apalagi, yuk langsung bergabung!

Sumber

    Pelaku Industri Event Menantikan Keputusan Pemerintah

    Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”