5 Cairan Wajib pada Mobil yang Tidak Boleh Terlewat

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/06/ZXn5Pos1/cairan-wajib-pada-mobil-6-ccff.jpg”>

Selain manusia, mobil juga butuh cairan untuk menunjang kinerjanya agar selalu prima. Setidaknya ada 5 (lima) cairan wajib pada mobil yang tidak boleh Anda lupakan dan harus selalu diperhatikan. Sebab semua cairan itu akan membuat berkendara aman dan nyaman.

Cairan wajib pada mobil ini terhubung dengan semua komponen mobil. Mulai dari kaki-kaki, pengendalian, mesin, sampai penurun suhu mobil. Lalu apa sih 5 cairan yang tidak boleh terlewat itu? Berikut penjelasannya!

1. Minyak Rem

Pastikan minyak rem selalu pada batas maksimal

Cairan pertama pada mobil yang tidak boleh Anda hiraukan adalah minyak rem. Cairan ini merupakan satu sistem keselamatan yang setiap harinya harus Anda perhatikan. Sebelum berpergian, sebisa mungkin cek cairan ini, jika dirasa kurang, maka Anda wajib menambahkan hingga batas maksimum.

2. Oli Mesin

Oli ini bekerja melumasi semua komponen di mesin

Oli mesin adalah cairan yang dapat melumasi semua komponen pada ruang mesin. Jika Anda mengabaikan cairan wajib pada mobil ini maka akan berakibat fatal bagi mesin kendaraan Anda. Usahakan setiap pagi Anda melihat metering oli yang ada pada bagian mesin melalui dip stick oli mesin.

3. Oli Power Steering

Jangan sampai ada oli power steering yang bocor

Mobil-mobil modern tentu sudah dilengkapi dengan sistem power steering. Teknologi ini ada yang masih menggunakan oli dan ada yang sudah memakai sistem elektronik. Jika sistem power steering mobil Anda masih memakai oli, maka cairan tersebut berguna untuk melancarkan kinerja power steering mobil Anda. Selalu cek jangan sampai oli power steering tersebut bocor atau bahkan habis.

4. Air Radiator

Wajib cek air radiator sebelum berpergian

Ini juga menjadi cairan pada mobil yang wajib Anda cek sebelum berpergian. Selalu buka penutup radiator untuk melihat kondisi air di dalamnya, apakah kurang atau tidak. Cek juga tangki penyimpanan air radiator cadangan, usahakan untuk selalu dalam posisi batas maksimum. Anda juga wajib melihat apakah ada bagian radiator yang bocor atau rembes. Jangan sampai air radiator kering di perjalanan yang menyebabkan mobil overheat.

5. Air Wiper

Air wiper sering terlewat dari pengecekan

Cairan wajib pada mobil yang satu ini sering diabaikan oleh para pemilik mobil. Banyak yang beranggapan air wiper tidak penting selama kinerja wiper masih baik. Padahal cairan ini justru berfungsi menghapus kotoran yang menempel pada kaca depan dengan wiper. Bayangkan jika cairan ini tidak ada, bagaimana cara Anda membersihkan kotoran yang menempel di kaca depan ketika Anda berkendara?

Demikianlah lima cairan wajib pada mobil yang harus Anda cek sebelum berpergian. Dengan demikian mobil akan aman dan nyaman dikendarai.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”