5 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi di Atas 6 Bulan

ulinulin.com – Periode 0 sampai 2 tahun adalah periode emas anak. Selama periode inilah semua organ dan jaringan dibentuk untuk menjadi fondasi bagi kesehatan Si Kecil seumur hidupnya kelak. Harapannya setiap anak tumbuh kembang sesuai tonggak dan kurva pertumbuhan yang ditetapkan WHO.

Dijelaskan oleh dr.Meta Hanindita, Sp.A(K), dalam bukunya Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI, pertumbuhan anak yang optimal dapat terjadi dengan nutrisi yang cukup dan lingkungan yang peduli. Selain itu, memberikan perhatian penuh pada pertumbuhan anak dan pengasuhan serta tidak adanya penyakit, Bunda.

“Ukuran yang paling sensitif dan akurat dari pertumbuhan adalah kenaikan berat badan,” tulisnya.

“Berat badan adalah parameter pertumbuhan yang paling sederhana dan ukuran terpenting yang dipakai pada setiap pemeriksaan penilaian pertumbuhan karena merupakan indikator yang tepat untuk mengetahui keadaan anak saat pemeriksaan.”

Akan tetapi, dalam perjalanannya, terkadang terdapat kendala seperti sulitnya berat badan anak untuk naik. Jika demikian, apa saja penyebabnya?

Penyebab berat badan bayi di atas 6 bulan susah naik

Menurut dr. Mira Dewita, Sp.A, berikut 5 penyebab berat badan bayi di atas 6 bulan susah naik:

1. Pemberian MPASI yang tidak tepat

Pemberian MPASI yang tidak tepat bisa menyebabkan berat badan bayi susah naik, Bunda. Misalnya, bayi lebih sering diberikan buah, dibandingkan makanan tinggi protein.

Menu MPASI anak usia 6 bulan harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, sementara lemak dari santan atau mentega. Di usia ini, Bunda perlu memenuhi asupan protein hewani agar berat badannya naik sesuai usia.

2. Infeksi kronis

Infeksi kronis juga bisa menyebabkan berat badan bayi susah naik. Salah satunya adalah penyakit TBC yang terjadi pada anak-anak. Penanganan infeksi dapat dilakukan oleh dokter anak, termasuk pola pemberian makannya selama sakit.

3. Bayi terlalu sering menyusu

Ingat, makanan bayi di atas 6 bulan tak hanya ASI. Bayi perlu mendapatkan asupan nutrisi tambahan dari MPASI.

Apabila bayi terlalu sering menyusu dan jarang konsumsi MPASI, berat badannya pun bisa susah naik. Untuk itu, kenalkan MPASI secara bertahap agar anak terbiasa untuk mendapatkan makanan selain dari ASI, Bunda.

Lantas, bagaimana cara menaikkan berat badan bayi di atas 6 bulan? Klik ke halaman berikutnya ya, Bunda.

    25 Surat Pendek Juz Amma yang Mudah Dihafal, Bisa Diajarkan pada Anak

    45 Lagu Nasional Lengkap dengan Lirik dan Sejarahnya

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”