5 Cara Mengobati Cantengan di Kuku Secara Alami

ulinulin.com – Cantengan atau yang biasa disebut dengan paronychia adalah sebuah masalah peradangan yang terjadi pada area kuku di jempol kaki maupun tangan. Masalah cantengan ini akan menimbulkan rasa nyeri dengan ditandai warna merah dan juga bahkan bisa bernanah. Selain itu terkadang penyakit centangan pada kuku jempol kaki atau tangan ini juga berbau tidak sedap.

Cara mengobati cantengan sendiri bisa dikatakan sangat mudah dan juga sedikit sulit. Ini karena saat menyembuhkannya butuh ketelatenan dan perhatian khusus saat melakukannya. Mengobati cantengan sangat berbeda dengan mengobati penyakit bisul atau sejenisnya. Saat Anda mengobati cantengan ini bisa sedikit lebih sakit dan juga bisa mengalami gagal dan pengulangan.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana penyakit centangan ini bisa terjadi pada diri kita, bagaimana cara mengobatinya? Nah, dalam kesempatan kali ini kamini.id akan mengulas beberapa cara untuk mengobati penyakit cantengan beserta dengan penyebab yang bisa menimbulkan penyakit tersebut datang pada diri kita.

Penyebab Terjadinya Penyakit Cantengan

Penyakit cantengan bisa terjadi karena beberapa hal, seperti akibat pemotongan kuku yang telah melampaui batasannya (terlalu pendek), pemotongan yang terlalu tajam dan mengakibatkan robeknya kulit pada kuku, atau akibat dari gerakan kaki yang melakukan gerakan berhenti secara mendadak seperti saat melakukan olahraga basket dan bulutangkis.

Berbagai hal tersebut dapat membuat infeksi pada kulit sehingga membuat penyakit cantengan timbul pada jempol kuku tangan atau kaki kita. Selain itu, akibat lain yang bisa menjadi penyakit cantengan adalah saat penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau sempit, sehingga akan membuat jempol kaki terasa tidak leluasa untuk bergerak.

Memiliki masalah di bagian kaki atau tangan akibat cantengan ini sangatlah tidak nyaman dan menyenangkan. Karena saat penyakit ini timbul, maka pergerakan kaki atau tangan akan mengalami gangguan saat beraktivitas. Penyakit cantengan ini juga bisa terjadi akibat adanya kuku yang menusuk ke dalam daging kuku atau kaki kuku yang kotor dan jarang dibersihkan.

Dengan berbagai faktor tersebut tersebut, kuku mengalami infeksi dan timbul cantengan. Penyakit cantengan yang sudah parah hingga bernanah, pastinya ini akan sangat sakit dan banyak bakteri. Untuk itu, berikut akan diberikan beberapa cara alami untuk mengobati penyakit cantengan tersebut.

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit cantengan, dan berikut akan diberikan 4 cara mengobati penyakit cantengan secara alami.

    Rendaman Air Hangat

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan cantengan adalah dengan merendamnya di air hangat. Perendaman ini sangat direkomendasikan jika cantengan tersebut baru tumbuh. Caranya campurkan air hangat dengan garam kemudian rendam kaki atau tangan Anda selama 15 menit. Lakukan terapi ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

    Menggunakan Daun Pacar Kuku

Daun pacar kuku bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Cara menggunakannya, Anda cukup mencampurkan daun pacar kuku secukupnya dengan gula merah dan 1 sendok teh perasan jeruk nipis. Kemudian haluskan dan dikompreskan atau ditempelkan pada bagian bagian yang sakit. Balut dengan kain kasa dan biarkan selama 3 hingga 4 jam lalu diganti dengan yang baru.

    Daun Dan Batang Tempuh Wiyah

Cara mengobati cantengan dengan tempuh wiyah sangat mudah. Anda cukup mencampurkan daun serat batang tempuh wiyah dengan gula pasir secukupnya. Haluskan campuran tersebut dan kemudian ditempelkan pada kuku yang sakit dan dibalut dengan kain kasa.

    Menggunakan Jahe

Salah satu tanaman herbal yang dijadikan bumbu ini sering sekali digunakan untuk obat-obatan herbal. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan parutan jahe sebagai obat herbal cantengan Anda. Cara menggunakannya, Anda cukup mencampurkan parutan jahe dengan minyak kelapa secukupnya lalu dioleskan pada daerah yang luka dan diperban.

    Menggunakan Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa Anda jadikan untuk mengobati penyakit cantengan Anda. Cara menggunakannya, Anda cukup menggiling bawang putih dengan dicampurkan minyak kelapa secukupnya, kemudian dioleskan di bagian kuku yang terkena luka dan diperban menggunakan kasa. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari selama 3 hari berturut-turut.

Selain 5 cara di atas, masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengobatinya. Cara lainnya untuk menghilangkan cantengan yaitu dengan membuangnya. Walaupun cara ini sedikit mengerikan, tapi ini bisa menghilangkan dan memberantasnya. Cara membuang cantengan tersebut bisa menggunakan silet, jarum, gunting kuku, dll.

Yang terpenting alat yang digunakan untuk memotong atau menghilangkannya sudah steril. Jangan lupa pula untuk menyiapkan kapas, tisu atau kain bersih yang bisa membantu Anda dalam melakukannya. Jika Anda kurang berani untuk melakukannya, Anda bisa langsung meminta bantuan pada teman atau saudara..

Akan tetapi sebelum Anda memulainya, Anda sebaiknya sudah menyiapkan mental karena cara terakhir tersebut memang sedikit lebih sakit dan berbahaya. Tetapi rasa sakit tersebut pastinya akan terbayarkan dengan jari yang normal kembali bukan? Untuk itu, carilah teknik atau cara yang tepat saat akan menanggulanginya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”