5 Hewan yang Kini Sudah Punah, Si Kecil Pasti Penasaran

ulinulin.com – Mengenalkan berbagai hewan kepada Si Kecil memang memiliki banyak manfaat. Hal ini termasuk mengenalkan hewan-hewan yang sudah punah.

Membahas mengenai hewan yang sudah punah bisa meningkatkan ketertarikan Si Kecil akan berbagai sejarah dan hewan-hewan yang dahulu pernah ada. Tentu saja hal ini juga dapat memantik daya imajinasinya.

Terlebih, jika bercerita tentang mengapa hewan bisa punah karena kejadian alam yang pernah terjadi.

Hewan di dunia yang sudah punah

Dilansir dari One Kind Planet dan berbagai sumber lainnya, berikut adalah lima hewan yang sudah punah.

1. Dinosaurus

Siapa yang tidak pernah membaca dan melihat ilustrasi dinosaurus? Hewan yang sangat besar ini pernah ada di muka bumi, hingga sebuah meteor besar menghantam bumi dan membuatnya punah 66 juta tahun yang lalu. Sampai saat ini, masih banyak para ahli yang meneliti kepunahannya.

2. Badak Hitam Afrika Barat

Hewan ini adalah salah satu jenis badak yang punya dua cula atau tanduk. Badak yang banyak ditemukan di beberapa negara di Afrika ini punah pada tahun 2011 karena banyak orang yang memburu cula dan dagingnya.

3. Mammoth Berbulu

Dahulu kala, pernah ada hewan besar bernama mammoth. Hewan besar, berbulu, dengan taring yang melengkung. Mereka tinggal di Samudra Arktik hingga 10 ribu tahun yang lalu. Mereka punah karena adanya perubahan iklim dan perburuan oleh manusia. Populasinya yang terakhir terlihat pada tahun 1700 SM.

4. Harimau Tasmania

Kalau harimau yang kita lihat sekarang bentuknya besar, maka ukuran harimau tasmania lebih mirip anjing. Ia adalah hewan karnivora berkantung yang hidup di Australia, Tasmania, dan Pulau Nugini. Harimau Tasmania yang terakhir mati pada tahun 1936.

5. Lumba-lumba Putih Baiji

Lumba-lumba ini hanya bisa ditemukan di Sungai Yangtze, Cina. Ia bisa tumbuh hingga beratnya sampai 250 kilogram lho! Sayangnya jumlah mereka turun drastis sejak tahun 1950-an dan jarang sekali terlihat hingga saat ini. Walaupun, katanya ada yang pernah melihatnya pada tahun 2002.

Itulah lima hewan yang sudah punah di seluruh dunia. Kira-kira, hewan apa saja ya yang khas Indonesia tapi juga saat ini sudah tidak ada atau sudah punah? Simak di halaman selanjutnya yuk.

    20 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna dan Mendidik

    7 Potret Natarina Anak Taufik Hidayat yang Kini Beranjak Dewasa

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website haibunda.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”