5 Jenis Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

ulinulin.com – Makanan berlemak selalu diklaim sebagai penyebab obesitas dan berbagai masalah kesehatan.

Faktanya, tubuh membutuhkan asupan lemak agar berfungsi dengan baik dan tidak semua jenis lemak berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa jenis makanan mengandung lemak baik yang bermanfaat kesehatan dan membantu tubuh agar berfungsi secara optimal.

Berikut makanan berlemak yang baik untuk kesehatan:

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang sanat tinggi, takni sekitar 77 persen. Namun, lemak dalam alpukat termasuk jenis lemak tak jenuh tunggat atau asam oleat yang baik untuk kesehatan.

Alpukat juga kaya akan sumber kalium dan serat. Riset menunjukan alpukat juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida.

Meskipun kaya lemak, mengonsumsi alpukat juga membantu mengurangi lemak di area perut.

2. Keju

Keju merupakan makanan kaya lemak yang bergizi tinggi. Makanan ini juga kaya akan kalsium, vitamin B 12, fosfor dan selenium. Makanan yang terbuat dari susu ini juga kaya akan protein.

Sama seperti produk susu berlemak tinggi lainnya, keju juga mengandung asam lemak yang membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan kaya lemak yang juga mengadung serat, zat besi, magnesium, tembaga dan mangan.

Cokelat hitam juga kaya antioksidan yang mmebantu menurunkan tekanan darah dan melindungi kolesterol LDL dalam darah agar tidak teroksidasi.

Konsumsi cokelat hitam juga terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

4. Telur

Bagian kuning telur selalu dianggap tak sehat karena kaya kolesterol dan lemak.

Satu telur utuh mengandung 212 miligram kolesterol yang telah memenuhi 71 persen asupan rekomendasi harian.

Selain itu, 62 persen kalori dalam telur utuh berasal dari lemak.

Namun, riset membuktikan kolesterol dalam telur tidak memoengaruhi tingkat kolesterol dalam darah.

Telur utuh juga kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Kandungan kolin dalam telur juga membantu meningkatkan fungsi otak.

5. Kacang

Kacang juga kaya akan lemak namun juga dipenuhi oleh serat sehat dan protein. Kacang juga kaya akan vitamin E dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi kacang terbukti dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”