5 Jenis Rekening untuk Setiap Kebutuhan Kamu

ulinulin.com – Berapa banyak jumlah rekening yang kamu miliki untuk setiap kebutuhan kamu? Apakah kamu tipe yang menggunakan satu rekening untuk semua kebutuhan, atau memisahkan masing-masing rekening sesuai dengan kebutuhanmu?

Menurut perencana keuangan Pandji Harsanto yang dilansir dari Republika, memiliki beberapa rekening yang terpisah untuk setiap keperluanmu akan memudahkan kamu mengelola keuangan kamu dengan baik.

Lebih lanjut, Forbes menjelaskan bahwa membagi rekening sesuai kebutuhan akan memudahkan kamu jika ingin melakukan investasi.

Hal ini dikarenakan dana untuk investasi berada pada rekening yang terpisah dari rekening lainnya.

Lalu, rekening apa saja yang bisa kamu buat? Simak penjelasan Glints berikut.

Jenis Rekening untuk Setiap Kebutuhan

1. Rekening untuk kebutuhan sehari-hari

© techwalla.com

Rekening pertama yang harus kamu miliki adalah rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu dapat menyisihkan dana yang telah kamu siapkan untuk kebutuhan harian setiap bulannya di rekening ini.

Rekening ini diperuntukkan untuk pengeluaran yang sifatnya wajib dibayarkan setiap bulannya. Untuk itu, gunakanlah rekening dari bank yang mudah diakses dan biaya administrasi yang rendah.

Dengan demikian, kamu tidak akan kesulitan ketika membayar tagihan atau membayar belanja bulanan. Selain itu, kamu bisa mencatat pengeluaranmu setiap bulan dengan lebih mudah.

Baca Juga: Ingin Mengatur Keuangan? Ini 5 Alternatif Metode Untukmu

2. Rekening untuk tabungan pribadi

© voltcu.or

Rekening selanjutnya yang harus kamu miliki adalah rekening untuk tabungan pribadi.

Rekening tabungan ini dapat kamu gunakan untuk kebutuhan atau keinginan kamu yang sifatnya jangka panjang, misalnya untuk melanjutkan kuliah, membeli rumah, atau sebagai tabungan pensiun.

Besaran dana yang bisa kamu sisihkan untuk rekening tabungan ini tergantung pada besaran gaji kamu saat ini.

Akan tetapi, biasanya besaran dana yang disisihkan berkisar antara 5% hingga 10% dari jumlah gaji setiap bulan.

3. Rekening untuk dana darurat

© money.usnews.com

Rekening dana darurat adalah jenis rekening lainnya yang harus kamu miliki. Seperti namanya, rekening dana darurat digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kamu yang sifatnya darurat atau tiba-tiba.

Rekening ini dapat digunakan apabila kamu mengalami sakit, kecelakaan, atau hal-hal darurat lainnya yang biayanya tidak dapat ditanggung oleh asuransi.

Dengan memiliki rekening ini, kamu tidak perlu panik ketika menghadapi situasi-situasi tersebut.

Sama seperti rekening untuk tabungan pribadi, besaran dana yang bisa kamu sisihkan untuk rekening dana darurat juga tergantung pada besaran gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Umumnya, besaran dana yang disisihkan untuk dana darurat berkisar antara 20% hingga 30%.

Jumlah ini lebih besar dari jumlah dana yang disisihkan untuk rekening tabungan. Pasalnya, kamu tidak akan pernah tahu berapa banyak dana yang kamu butuhkan ketika menghadapi situasi darurat.

Baca Juga: Cara Membuat dan Mengalokasikan Dana Darurat

4. Rekening untuk investasi

© Freepik.com

Rekening investasi dapat kamu buat apabila kamu memang memiliki keinginan untuk melakukan investasi. Rekening investasi ini juga dapat kamu gunakan sebagai tabungan pensiun.

Jika kamu belum memutuskan akan melakukan investasi dalam bentuk apa, kamu bisa membuka rekening jenis simpanan deposito.

Rekening deposito memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis simpanan lainnya. Hal ini membuatmu akan mendapatkan keuntungan ketika rekening tersebut jatuh tempo.

Baca Juga: Mau Investasi? Yuk Kenalan dengan Obligasi Negara Ritel

5. Rekening untuk rekreasi

© Freepik.com

Seperti namanya, rekening rekreasi lebih ditujukan untuk memenuhi keinginan kamu. Misalnya, untuk travelling di akhir tahun atau membeli gadget terbaru yang kamu inginkan.

Besaran dana yang bisa kamu alokasikan untuk rekening ini juga dipengaruhi oleh besaran gajimu. Akan tetapi, sebaiknya besaran dana tersebut tidak lebih dari 15% dari besaran gajimu per bulan.

Dengan demikian, kamu tetap dapat memenuhi keinginanmu tanpa boros.

Meski telah memiliki berbagai rekening tersendiri untuk setiap kebutuhan kamu, tetap saja kamu harus bisa mengatur keuangan kamu dengan baik.

Untuk itu, Glints menyediakan berbagai tips dan informasi seputar keuangan pribadi yang bisa kamu dapat dibaca langsung dari inbox-mu.

Caranya, kamu cukup melakukan sign up dan Glints akan mengirimkan newsletter berisikan berbagai informasi terkini dan tips setiap minggunya.

Yuk, daftar sekarang!

Sumber

    Punya Berapa Rekening Bank?

    6 Ways Your Bank Can Help You Manage Your Money

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”