5 Makanan Pembangkit Mood untuk Perbaiki Suasana Hati

ulinulin.com – Saat suasana hati sedang kurang baik, kamu bisa segera tenangkan pikiran dan mencoba konsumsi beberapa makanan yang bisa menjadi pembangkit mood.

Menjaga suasana hati tetap baik seharian memang tidaklah mudah. Jika memulai aktivitas dengan kondisi mood yang buruk tentunya akan memengaruhi semangat untuk bekerja.

Jadi jika kamu tidak ingin pekerjaan di kantor terganggu, coba cari tahu dulu apa saja hal yang bisa membuat suasana hati membaik.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan pembangkit mood seperti berikut ini.

Baca Juga: 10 Makanan Untuk Gaya Hidup Sehat Biar Makin Produktif

1. Telur

© Unsplash.com

Selain memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membuat kita konsentrasi seharian, rupanya telur juga mampu meningkatkan mood, lho.

Telur memang sering disebut sebagai salah satu makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh setiap orang karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti yang dijelaskan oleh Healthline, telur mengandung kolin yang terbukti penting untuk kesehatan otak.

Selain itu, telur juga mengandung mineral, asam amino, dan antioksidan yang mampu menurunkan stres dan meningkatkan mood.

Jadi, setelah tahu bahwa telur menjadi salah satu makanan pembangkit mood yang baik, apakah kamu mau rajin mengonsumsinya?

2. Oatmeal

© Unsplash.com

Jika membicarakan oatmeal pastinya kamu akan berpikir mengenai diet. Padahal, oatmeal ternyata juga mampu menjadi makanan pembangkit mood yang bisa kamu coba.

Verywellmind menjelaskan bahwa oatmeal dapat meningkatkan serotonin sehingga akan membuat kita merasa lebih bahagia.

Itulah mengapa, oatmeal menjadi bahan makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk sarapan. Pasalnya tidak tidak hanya membuat kenyang lebih lama saja, tapi mengonsumsi oatmeal juga akan menjaga mood tetap baik seharian.

Jika kamu belum terbiasa sarapan dengan oatmeal, sebaiknya tambahkan beberapa buah seperti pisang, apel, atau buah lainnya agar rasanya semakin nikmat.

3. Dark chocolate

© Unsplash.com

Dark chocolate rupanya juga menjadi salah satu makanan pembangkit mood yang paling baik, lho. Jadi, buat kamu penggemar dark chocolate tentunya hal ini menjadi kabar baik, kan?

Dark chocolate sangat kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi stres dan membuat mood menjadi lebih baik, seperti yang dijelaskan oleh Everyday Health.

Jika kamu merasa cemas dan suasana hati kurang baik, konsumsi camilan yang sehat seperti dark chocolate. Namun, pilihlah jenis dark chocolate yang tidak memiliki banyak bahan tambahan.

Saat mengonsumsi jenis dark chocolate yang mengandung banyak bahan tambahan seperti gula atau mentega, malah akan membuat cokelat yang satu ini kehilangan manfaat aslinya.

Baca Juga: Beberapa Mood Booster Jika Kamu Suntuk di Kantor

4. Kacang mete

© Unsplash.com

Pernahkah kamu bingung memilih camilan sehat untuk di kantor? Mulai kini sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi kacang mete sebagai camilanmu.

Jenis kacang yang satu ini memiliki kandungan zinc yang sangat banyak sehingga mampu membantu mengurangi kecemasan.

Bahkan, menurut Health kacang mete sangat membantu meningkatkan suasana hati, menurunkan tingkat kecemasan, dan membantu lebih fokus saat bekerja.

Rasanya yang lezat serta memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, membuat kacang mete layak dijadikan camilan saat di rumah atau di kantor nih!

5. Ubi

© Unsplash.com

Jenis makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, kan? Di Indonesia ubi sangatlah mudah ditemukan dan menjadi salah satu makanan yang populer.

Namun, siapa sangka ternyata ubi merupakan salah satu jenis makanan pembangkit mood yang baik, lho!

Selain kaya akan kandungan karbohidrat, ubi ternyata juga memiliki beberapa nutrisi lain yang bisa menurunkan hormon kortisol yang dapat membuat kita stres.

Di dalam ubi juga terkandung kalium dan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi selain bisa mengenyangkan dan cocok untuk diet, ubi rupanya juga bisa dijadikan makanan pendukung untuk memperbaiki suasana hati.

Baca Juga: Yuk, Sayangi Diri! Berikut 4 Hal Untuk Menjaga Kesehatan Mental Millenial

Mood sangatlah berpengaruh pada aktivitas kita. Tanpa mood yang baik, pasti segala bentuk kegiatan yang dilakukan tidak akan maksimal.

Bahkan, saat bekerja pun akan jadi sulit fokus sehingga pekerjaan tidak akan bisa diselesaikan dengan sempurna.

Oleh karena itu, saat suasana hati mulai memburuk segeralah menenangkan pikiran dan coba konsumsi makanan pembangkit mood seperti di atas.

Kamu juga bisa mencari tips untuk menghilangkan stres, menjaga kesehatan mental, serta informasi seputar dunia kerja lainnya dengan langganan newsletter Glints.

Yuk, segera buat akunmu sekarang juga dan dapatkan beragam info terpercaya dan paling update langsung ke inbox-mu.

Sumber

    20 Stress Relieving Foods to Try if You’re Feeling Anxious

    The 10 Best Foods to Help Fight Stress

    8 Foods That Help Fight Stress

    18 Terrific Foods to Help Relieve Stress

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”