5 Mitos AC Mobil yang Belum Anda Ketahui

ulinulin.com

Namanya mitos, kadang bisa benar tapi bisa juga salah. Nah berikut ini ada beberapa mitos AC mobil yang mungkin sering Anda dengar. Nyatanya, mitos tersebut belum tentu benar. Yuk kita simak satu persatu.

1. Nyalakan AC Saat Mobil Melaju dengan Kecepatan Tinggi Bikin Kompresor Jebol

Kompresor akan bekerja tergantung pada suhu tertentu

Banyak beredar tentang mitos AC mobil yang menyebutkan larangan menyalakan AC saat mobil melaju kencang. Karena hal itu akan berakibat kompresor AC mobil rusak. Kenyataannya, mati atau hidupnya kompresor AC bisa secara otomatis tergantung pada suhu tertentu. Bukan dengan ditentukan putaran mesin. Jadi walaupun mesin sedang berputar hingga lebih dari 5.000 rpm, maka tidak berpengaruh langsung pada kompresor.

2. Freon Harus Diisi Ulang karena akan Habis

Selama tidak bocor, freon tidak akan berkurang

Faktanya, jika tidak ada kebocoran pada sistem AC, maka freon tidak akan pernah habis. Kebalikannya, jika ada kebocoran, maka freon akan habis walaupun AC mobil tidak pernah dinyalakan.

3. Pasang AC Pada Suhu Paling Maksimal Bikin Boros Bensin

Ada banyak hal yang mempengaruhi efisiensi pemakaian bahan bakar

Mitos AC mobil yang satu ini tidak selamanya benar. Memang, saat menyalakan AC dan mengatur pada suhu maksimal, beban kerja kompresor menjadi lebih berat. Kondisi ini tentu sedikit banyak juga mempengaruhi kinerja mesin mobil tersebut. Namun dampaknya pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros amatlah sedikit.

4. Makin Kencang Blower Bikin Freon Cepat Habis

Kecepatan blower AC tidak ada hubungan dengan freon

Tidak ada hubungannya antara blower AC mobil dengan freon. Karena kembali lagi pada fakta tentang freon sebelumnya, freon tidak akan pernah habis selama tidak ada kebocoran pada sirkulasi sistem AC.

5. Bungkus Pipa AC Bikin AC Mobil Lebih Dingin

Pipa yang terlalu terbungkus malah bikin udara panas susah keluar

Mitos AC mobil yang satu ini mungkin paling banyak didengar. Yaitu semakin banyak pipa dan selang AC mobil dibungkus isolator, maka hembusan udara dari AC akan semakin dingin. Padahal pembungkusan pipa ini untuk melindungi pipa dari kemungkinan gesekan dengan komponen lain di ruang mesin. Jika pipa terlalu banyak dibalut isolator, maka malah akan menghambat pembuangan udara panas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”