5 Peluang Kerja untuk Lulusan Sastra Korea, Apa Profesi Impianmu?

ulinulin.com – Tahukah kamu, kalau lulusan Sastra Korea memiliki prospek karier yang sangat baik di Tanah Air?

Seperti yang disebutkan oleh Korea.net, Hallyu atau Korean Wave pertama kali muncul di tahun 1990-an. Kemudian hanya dalam beberapa tahun saja Korean Wave populer hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Kepopuleran K-Pop dan drama Korea di Tanah Air membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk mempelajari bahasa dan budaya Negeri Ginseng ini.

Itulah mengapa jurusan Bahasa dan Sastra Korea memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia.

Ingin tahu apa saja profesi yang cocok untuk lulusan Sastra Korea? Berikut ini rangkuman yang sudah Glints persiapkan untukmu.

1. Interpreter

© Freestock.com

Interpreter menjadi salah satu profesi incaran bagi banyak lulusan bahasa asing. Pasalnya, pekerjaan yang satu ini selalu dibutuhkan di banyak tempat.

The Balance Careers menjelaskan bahwa interpreter adalah profesi menerjemahkan yang dilakukan secara lisan.

Jadi untuk menjadi seorang interpreter, kamu dituntut paham minimal dua bahasa dan mampu menerjemahkannya secara cepat.

Interpreter umumnya juga menjadi pekerjaan impian bagi penggemar Korea. Pasalnya saat ada idol K-Pop atau bintang Korea yang datang ke Indonesia, mereka berkesempatan menjadi interpreter-nya.

Jika kamu pernah datang ke acara meet and greet atau konser idol Korea, pasti sadar kan ada seseorang yang bertugas untuk menerjemahkan ucapan mereka.

Nah, itulah tugas seorang interpreter. Asyik, kan bisa kerja sekaligus bertemu dengan idola?

2. Translator

© Freepik.com

Selain interpreter, profesi bagi lulusan Sastra Korea yang populer selanjutnya adalah translator. Perbedaan interpreter dan translator dapat dilihat dari tanggung jawab pekerjaannya.

Jika interpreter bekerja menerjemahkan secara langsung, cara kerja translator cukup berbeda. Tugas utama translator adalah menerjemahkan teks secara tertulis.

Biasanya translator dibutuhkan dalam perusahaan penerbitan. Namun, tidak sedikit pula translator yang bekerja secara freelance.

Namun, banyak juga translator dan interpreter yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan multinasional Korea.

Jadi, kamu juga memiliki kesempatan besar bekerja di perusahaan asal Korea yang saat ini sudah banyak ditemukan di Indonesia.

© Glints

3. Jurnalis

© Freepik.com

Tidak semua profesi jurnalis dituntut memiliki background pendidikan Ilmu Komunikasi atau Jurnalistik.

Kini jurnalis menjadi salah satu jenis pekerjaan yang populer untuk semua jurusan. Jadi buat kamu yang lulusan Sastra Korea berpeluang untuk menjajal profesi yang satu ini.

Asalkan kamu memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh jurnalis seperti kreatif, berpikir kritis, dan mampu menulis atau menyampaikan berita dengan baik, maka kamu bisa mencoba pekerjaan ini.

Namun, sebaiknya kamu mencoba magang menjadi jurnalis terlebih dahulu untuk menambah pengalaman.

Pasalnya, menurut Oxford Royale Academy, pengalaman kerja adalah hal paling dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis.

4. Tenaga Pengajar

© Freepik.com

Punya passion menjadi seorang pengajar? Profesi yang satu ini pastinya akan sangat cocok untukmu.

Kesempatan menjadi seorang tenaga pengajar baik itu guru, dosen, atau mentor di lembaga kursus bahasa asing juga terbuka lebar bagi lulusan Sastra Korea.

Budaya Korea yang semakin populer di Indonesia pastinya akan membuat lebih banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya.

Nah, kabar baiknya, untuk tenaga pengajar profesional bahasa Korea masih terbilang sedikit.

Oleh karena itu, kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar masih terbuka lebar buatmu.

Sebelum lulus kuliah, kamu juga bisa meningkatkan skill mengajar dengan membuka kursus private bahasa Korea. Tidak hanya skill yang bertambah, uang saku pun bisa semakin banyak, kan?

5. Content Writer

© Freepik.com

Seorang lulusan Sastra Korea juga bisa mencoba berkarier menjadi seorang content writer. Menurut Study, profesi yang satu ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan khusus dan minimal hanya sarjana.

Namun, sebelum memutuskan menjadi seorang content writer kamu harus memiliki beberapa skill khusus yang dibutuhkan.

Skill utama yang diperlukan pastinya adalah keahlian menulis. Kemudian, kamu juga harus kreatif, peka dengan tren, dan tentunya mengerti teknologi.

Saat ini juga ada banyak media online yang khusus membahas budaya populer Korea yang pastinya membutuhkan profesi content writer.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kan untuk menyiapkan diri untuk menjadi seorang content writer? Jenjang kariernya juga cukup jelas dan menjanjikan, lho.

Selain 5 profesi di atas sebenarnya masih banyak profesi yang bisa kamu coba misalnya di bidang pariwisata atau bahkan di Kedutaan Besar Korea Selatan.

Jadi setelah mengetahui prospek karier jurusan Sastra Korea di atas, mana nih profesi yang menjadi incaranmu?

Kalau kamu tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut tentang prospek kerja jurusan bahasa, Glints Komunitas adalah tempat yang seru, lho.

Di Glints Komunitas kamu bisa saling tanya jawab atau berbagi pengalaman dengan sesama pengguna dan akhirnya mendapatkan banyak insight tentang seputar karier.

Yuk, segera daftarkan akunmu sekarang juga!

Sumber

    Hallyu (Korean Wave)

    What Does a Translator or Interpreter Do?

    11 Brilliant Careers You Can Pursue With Almost Any Degree

    What Is a Content Writer?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”