5 Penyebab Nyeri Punggung Ibu Menyusui, Cari Tahu Cara Redakannya

ulinulin.com – Ibu Menyusui

Dream – Menyusui memang termasuk hal yang sangat alami, tapi dalam prosesnya tak selalu mudah. Ibu perlu banyak mendapat bantuan dari orang sekitar, belajar banyak hal, termasuk juga mencari tahu posisi yang terbaik, aman dan nyaman untuk menyusui.

Beberapa ibu mengeluhkan sakit punggung luar biasa selama menyusui, terutama di awal-awal. Banyak ibu yang stres, kesakitan dan terpaksa menghentikan pemberian ASI.

Lantas, apa saja penyebab nyeri punggung tersebut?

Postur Menyusui yang BurukPostur yang tidak tepat ketika menyusui seperti membungkuk berpotensi menyebabkan sakit pada punggung. Selain itu, mengangkat, menggendong, dan meletakkan bayi berulang kali dapat menyebabkan nyeri otot punggung.

Nyeri Otot PascapersalinanNyeri punggung ketika menyusui bisa menjadi sisa nyeri masa kehamilan. Hormon hamil seperti relaxin membuat otot rileks dan mengendurkan ligamen dan persendian untuk melahirkan. Otot rileks tersebut dapat menjadi tegang dan nyeri terutama ketika berat bayi bertambah.

Rasa sakit yang yang dirasa dapat bertahan selama masa pasca persalinan. Hal tersebut juga dapat diperparah dengan adanya ketegangan yang disebabkan operasi caesar dan persalinan alami pada otot perut dan panggul.

Gangguan Otot PascapersalinanSakit punggung juga bisa disebabkan oleh gangguan otot tertentu, seperti pemisahan otot pascapersalinan (diastasis recti), dan gangguan otot dasar panggul.

© MEN

Kurang TidurKurangnya tidur menjadi salah satu faktor penyebab sakit punggung saat menyusui. Berdasarkan penelitian, ibu yang kurang tidur dari lima jam semalam selama enam bulan pascapersalinan, tiga kali lebih mungkin untuk mempertahankan berat badan kehamilan atau menambah berat badan.

Cara Redakan Sakit Punggung Ketika Menyusui

Pertahankan Postur yang TepatPostur yang tidak tepat dapat membuat tekanan pada punggung bawah. Maka dari itu, perbaiki postur menyusui untuk meringankan sakit punggung.

Gunakan Bantal PendukungKetika menyusui, busui bisa meletakkan bantal pendukung di bawah punggung bawah. Selain itu, menggunakan bantal menyusui dapat meringankan lengan dan punggung dari beban ekstra.

Gunakan Postur yang Tepat ketika MenyusuiKetika hendak menyusui, pastikan menggunakan postur yang tepat, namun santau dan biologis dalam menyodorkan payudara ke bayi.

Berolahraga RinganBerolahraga ringan dapat memperkuat otot tubuh. Bisa dengan jalan kaki pagi hari. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter agar ibu tetap aman.

© MEN

Kompres HangatMengompres hangat punggung yang nyeri dapat membantu meredakan sensasinya. Para ibu bisa menggunakan heating pad selama menyusui atau setelahnya.

Minta Bantuan KeluargaMengurus anak bukanlah hal yang mudah. Jangan ragu minta bantuan keluarga atau pasangan untuk merawat bayi seperti mengganti popok. Dalam kasus sakit punggung parah, bisa perah ASI dan minta bantuan untuk memberikannya kepada bayi dengan botol.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: MomJunction

Lecet Tak Boleh Disepelekan, Rawat Juga Payudara Saat Menyusui

Dream – Secara alami, air susu umumnya akan kelaur dari payudara ibu setelah persalinan. Sayangnya hal ini tak terjadi pada semua ibu. Ada yang banyak mengalami masalah saat menyusui.

Mulai dari ASI tak keluar, putih lecet, payudara membengkak hingga demam dan masih banyak lagi. Luka dan nyeri yang muncul saat menyusui jangan pernah anggap enteng. Ibu harus segera mencari solusi mengatasinya, bisa dengan konsultasi dengan konselor laktasi atau dokter.

Pasalnya, jika keluhan dibiarkan akan semakin parah. Proses menyusui pun akan terganggu. Bayi tak mendapat asupan nutrisi maksimal dari ASI yang dibutuhkan, karena ibu merasa kesakitan.

Untuk itu para ibu dianjurkan untuk membekali diri dengan ilmu seputar menyusui sebelum bayi lahir. Salah satu yang juga sangat penting selama menyusui adalah memberikan perawatan pada payudara.

Perawatan Penting

Ada beberapa perawatan penting yang bisa dilakukan untuk memastikan payudara selalu sehat selama menyusui. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ibu menyusui untuk merawat payudara.

– Lakukan pijatan ringan di payudara sebelum menyusui untuk membuka sumbatan di kelenjar dan saluran air susu- Basahi puting payudara dengan ASI sebelum menyusui, karena ASI mengandung minyak alami yang bisa membantu menjaga kelembapan areaola (area hitam di putih)- Kenakan bra yang nyaman, akan lebih baik jika bra khusus untuk menyusui- Bila menggunakan bantalan penyerap (breast pad), ganti secara teratur jangan biarkan terlalu lama karena bisa memicu masalah infeksi- Saat muncul keluhan, seperti payudara nyeri dan bengkak, apalagi disertai demam segera konsultasi dengan dokter

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”