Semua"/> 5 Penyebab Retak Ban Mobil, Serta Tips Mencegahnya

5 Penyebab Retak Ban Mobil, Serta Tips Mencegahnya

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/16/z4XgHune/0-74d0.jpg”>

Semua komponen mobil berperan penting dalam keselamatan berkendara, tidak terkecuali dengan ban. Pemilik mobil perlu melakukan berbagai jenis perawatan mulai dari rotasi, isi angin dalam jangka waktu tertentu, hingga menyemirnya untuk alasan penampilan.

Meski telah dijaga sedemikian rupa, kita pernah menemukan atau mengalami sendiri retak ban mobil, khususnya di bagian dinding. Beberapa orang beranggapan hal tersebut bukan menjadi masalah selama ban dalamnya tidak bocor. Namun bila dibiarkan berlarut-larut, bukan tak mungkin akan terjadi robek lebih lebar yang berpotensi mengancam keselamatan. Mari kita bahas beberapa penyebab retak ban mobil, sehingga kita bisa melakukan tindakan preventif ke depannya.

1. Tekanan Angin Tidak Ideal

Usahakan tekanan angin sesuai standar pabrikan

Tidak ideal di sini bisa berarti terlalu banyak atau kurang dari standar pabrikan. Untuk yang terakhir disebut, keretakan akan muncul bila ban luar tak sanggup lagi menahan beban kendaraan. Karenanya, pastikan Anda tahu tekanan ideal pada mobil dengan memastikannya di buku panduan.

2. Beban Terlalu Banyak

Rencanakan barang-barang yang akan dibawa sebelum perjalanan

Pada masa-masa tertentu, seperti jelang libur Idul Fitri nanti, mobil sering dipaksa untuk membawa barang bawaan atau orang di luar kapasitasnya dalam jarak relatif jauh. Skenario lain, ada yang nekat membawa barang-barang sekamar dengan mobil penumpang saat pindahan kos/ rumah. Solusinya, rencanakan barang-barang yang akan di bawah sebelum bepergian jauh. Terkait dengan barang pribadi, percayakan kepada jasa angkut dalam-luar kota untuk mengantarkannya ke tempat baru.

3. Mencuci Ban Dengan Deterjen

Perhatikan jenis sampo untuk mencuci ban dan bodi

Sifat panas pada deterjen bisa merusak lapisan ban mobil, hingga menimbulkan retak-retak. Selain itu, penggunaan sikat terlalu keras juga berpotensi mengikis ban luar. Hindarkan sabun untuk pakaian pada ban. Bila ingin membersihkannya, lakukan saat cuci mobil ditambah dengan semir ban supaya hasilnya lebih mengkilap.

4. BBM

Kena bensin? Segera cuci!

Sama seperti deterjen, berbagai jenis minyak seperti bensin dan solar punya sifat panas yang membuat ban mengembang lalu memutus serat-serat di dalamnya. Segera cuci ban luar bila terkena cairan tersebut.

5. Ketidaksesuaian Ukuran Pelek-Ban

Sebelum pasang pelek custom, pastikan ukurannya sesuai standar pabrikan

Ini sering terjadi pada pemilik mobil yang ingin tampil beda. Akibat ketidaksesuaian antara pelek dan ban, lapisan karet akan melar atau mengkerut secara terus menerus, menjadi salah satu penyebab munculnya retak ban mobil. Pastikan Anda memperhatikan ukuran pelek dan ban saat mengganti salah satu atau keduanya.

Selain 5 penyebab munculnya retak ban mobil di atas, masih ada dua hal lain, yakni permukaan jalan tidak rata atau tingkat keausan ban. Mintalah konsultasi pada bengkel mobil terpercaya. Bila perlu, ganti dengan set baru untuk kembali mendapat performa maksimal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”