5 Perbedaan Selulit dan Stretch Mark yang Perlu Diketahui

ulinulin.com – Selulit dan stretch mark ternyata tidaklah sama. Meski sering dianggap serupa, tapi keduanya punya perbedaan tersendiri, lho. Ya, selulit dan stretch mark memiliki bentuk, warna bahkan penyebab yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini, Kamini akan membagikan informasi tentang perbedaan selulit dan stretch mark, serta cara mengatasi keduanya. Ingin tahu apa saja yang membedakan selulit dan stretch mark maupun cara mengatasinya? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini!

Perbedaan Selulit dan Stretch Mark

Nah, Kamini akan menjelaskan tentang perbedaan dari selulit dan juga stretch mark. Ingin tahu, apa sajakah yang membedakan keduanya? Simak ulasan berikut ini.

1. Punya Bentuk yang Berbeda

Nah, ternyata selulit dan juga stretch mark memiliki bentuk yang berbeda. Selulit sendiri umumnya berbentuk kerutan yang jika dilihat, serupa dengan kulit jeruk. Nah, sementara stretch mark umumnya berwujud guratan atau garis. Namun, tak jarang juga membentuk kerutan, hanya saja tidak se-mengerut selulit.

2. Warnanya Tidak Sama

Selain bentuknya, warna selulit dan stretch mark pun tidaklah sama. Selulit yang merupakan lemak yang berada di lapisan bawah dari permukaan kulit umumnya memiliki warna yang sama dengan kulit kamu.

Sementara stretch mark biasanya muncul dengan warna putih kemerahan. Warnanya sangat amat kontras dengan warna kulit asli milikmu.

3. Letaknya Juga Berbeda

Tahukah kamu bahwa selulit dan stretch mark punya letak yang juga berbeda? Ya, selulit biasanya dapat timbul di bagian tubuh tertentu seperti payudara, bokong, area pinggang hingga paha bagian belakang.

Sedangkan stretch mark dapat ditemukan di bagian-bagian tubuh seperti area perut, pinggul, paha, lengan, punggung bagian bawah dan terkadang juga muncul di bagian payudara.

4. Beda Penyebabnya

Selulit dan stretch mark juga memiliki perbedaan dalam hal penyebabnya. Selulit timbul karena lambatnya metabolisme pada tubuh, kurang aktivitas fisik atau berolahraga, perubahan jumlah pada lemak di permukaan kulit hingga perubahan pada sirkulasi darah di beberapa area yang ada pada tubuh dan diet yang kurang sehat.

Nah, selulit juga bisa diakibatkan oleh faktor genetik. Misalnya, ibu dan nenekmu memiliki selulit, maka kamu pun berpeluang untuk mengalami hal yang sama.

Sedangkan stretch mark biasanya timbul akibat berubahnya bentuk tubuh hingga naiknya berat badan seseorang. Seperti yang terjadi pada ibu-ibu hamil, misalnya. Munculnya stretch mark juga bisa diakibatkan oleh perubahan hormon, lho.

5. Selulit Lebih Sering Terjadi Pada Wanita

Nah, berbeda dengan stretch mark yang biasanya dialami oleh pria maupun wanita, umumnya selulit kerap kali muncul di kulit para wanita. Baik yang gemuk atau pun yang tubuhnya kurus. Namun, tak jarang kondisi yang menimpa kulit seperti ini juga dialami oleh para pria.

Cara Mengatasi Selulit dan Stretch Mark

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Sekarang, Kamini akan membahas mengenai cara mengatasi selulit dan stretch mark dengan cepat. Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya!

1. Pakai Krim atau Salep

Ya, memakai krim atau salep untuk memusnahkan selulit dan stretch mark adalah salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasinya. Carilah krim atau salep yang mengandung vitamin E, vitamin C, retinol, kafein hingga argan oil. Semua bahan tersebut bisa membantu menutrisi kulit dan menghasilkan banyak kolagen untuk menghilangkan selulit dan stretch mark.

2. Microdermabrasion

Microdermabrasion atau mikrodermabrasi adalah suatu cara untuk melakukan pengelupasan dengan menggunakan kristal kecil untuk memusnahkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit yang baru.

Biasanya, microdermabrasion ini digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel di wajah. Namun, menurut penuturan instanatural, microdermabrasion bisa digunakan untuk mengatasi stretch mark.

3. Kardio

Rajin melakukan kardio dengan gerakan lunge yang dapat membantu meminimalkan tekanan pada punggung kamu yang dinilai sangat efektif untuk membantu mengurangi adanya selulit pada paha dan juga bokong. Gerakan ini juga bisa membantu kulit kamu tetap kencang, lho. Mau mencoba?

4. Sedot Lemak

Sedot lemak atau liposuction juga bisa kamu coba, nih. Sedot lemak sendiri merupakan operasi bedah untuk menghilangkan lemak yang tak diinginkan di tubuh kamu. Masih menurut doktersehat, prosedur ini kabarnya juga bisa digunakan untuk mengatasi selulit, lho. Sedot lemak biasanya digunakan orang untuk menjaga bentuk tubuh mereka.

5. Body Butter

Cara Mengatasi Selulit dan Stretch Mark dengan Bahan Alami

Bukan hanya salep, krim atau prosedur bedah saja yang bisa membantu mengatasi selulit dan juga stretch mark yang mengganggu. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, lho. Ingin tahu caranya? Mari simak langsung saja ulasan berikut ini.

1. Pakai Castor Oil

Castor oil alias minyak jarak adalah satu dari sekian banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark yang membandel. Castor oil sendiri mengandung asam lemak yang tidak hanya bisa membantu mengatasi stretch mark, tapi juga membuat kulit kamu menjadi lebih lembab dan ternutrisi dengan baik.

2. Masker Tomat

Masker yang berbahan dasar tomat bisa membantu mengatasi selulit dan bikin bokong kamu jadi mulus, lho. Cara membuatnya cukup mudah. kamu tinggal mem-blender tomat yang sebelumnya telah dicuci bersih tanpa menggunakan air.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”