5 Pertimbangan Sebelum Memilih Resign karena Menikah

ulinulin.com – Ingin resign karena sudah menikah? Sebaiknya jangan terburu-buru dan pertimbangkan untung dan ruginya terlebih dahulu.

Nah, dua pilihan berat bagi wanita yang sudah menikah adalah tetap bekerja dan menjadi ibu rumah tangga atau menjadi seorang ibu rumah tangga full time.

Perhitungan semakin rumit jika karier yang dirintis sejak awal ternyata sangat menjanjikan.

Sebelum makin bimbang, yuk, pertimbangkan 5 hal berikut sebelum resign!

Baca Juga: Pahami Berbagai Alasan Karyawan Resign Kerja Beserta Hak-nya

1. Hilangnya penghasilan sendiri

© Freepik.com

Menurut Bridestory, ada satu hal penting yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan resign karena menikah, yaitu tentang penghasilan.

Coba pikirkan apakah kamu memang benar-benar siap tidak memiliki penghasilan sendiri. Apakah kamu hanya akan bergantung pada suami saja?

Saat sudah menikah tentunya sebagai wanita kamu akan mendapatkan dukungan finansial dari suami. Akan tetapi, kamu tidak memiliki tabungan pribadi.

Bagi seseorang yang sudah terbiasa bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tentunya akan sulit beradaptasi pada keadaan tersebut.

Pasalnya, saat sudah menikah tentu uang yang diberikan suami harus didistribusikan untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Jika kamu bekerja pasti penghasilanmu bisa dimanfaatkan untuk belanja barang-barang yang kamu inginkan.

Bahkan, kamu bisa membantu menstabilkan keuangan keluarga jika memang dibutuhkan.

Masalah finansial ini seharusnya dipikirkan dengan matang karena menjadi hal yang sangat krusial dalam kehidupan rumah tangga.

2. Cari tahu apa tujuan hidupmu

© Freepik.com

Kehidupan setelah menikah pasti akan berbeda dan lebih menantang. Jika dulu kamu hanya memikirkan diri sendiri, kini berbeda karena sudah memiliki suami.

Jika memang kamu tertarik untuk resign karena sudah menikah, apakah sudah menyiapkan tujuan hidupmu nanti?

Coba pikirkan mengenai karier yang sudah kamu bangun selama bertahun-tahun, apakah itu bukan tujuan hidupmu?

Setelah menikah apakah tujuan hidupmu jadi berubah dan tidak ada sangkut pautnya dengan karier lagi?

Carilah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jika memang kamu memutuskan untuk berhenti berkarier dan ingin fokus pada keluarga, itu bukanlah hal yang salah.

Ini kehidupanmu dan hanya kamu yang berhak memutuskan. Asalkan sudah memiliki rencana untuk masa depan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Forbes juga menyebutkan sebelum resign sebaiknya cari tahu apa prioritasmu. Jika keluarga adalah prioritas utama, maka tidak perlu ragu lagi untuk berhenti dari pekerjaan.

Baca Juga: 5 Langkah Menuju Kebebasan Finansial

3. Kesiapan mental

© Freepik.com

Hal terpenting selanjutnya yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan resign karena menikah yaitu kesiapan mental.

Saat bekerja tentunya aktivitas yang padat dari pagi hingga sore adalah hal yang biasa. Bahkan, jika pekerjaan menumpuk, kamu harus mau melakukan lembur.

Saat memutuskan menjadi ibu rumah tangga full time, tentu kamu akan merindukan rutinitas yang padat tersebut.

Jika kamu belum bisa menyiapkan mental, nantinya akan cukup kesulitan menerima keadaan yang baru.

Belum lagi saat kamu merasa rindu dengan teman-teman kantor pasti akan cukup menyiksa.

Itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan dari segi kesiapan mental. Jika dirasa belum cukup siap, maka coba pikirkan lagi soal keputusan untuk resign.

4. Pikirkan makna kebahagiaan bagimu

© Freepik.com

Makna kebahagiaan bagi setiap orang tentunya cukup berbeda. Ada yang merasa bahagia saat memiliki karier yang cemerlang.

Ada pula yang berpikir bahwa kebahagiaan ialah saat sudah menikah dan bisa fokus untuk keluarga. Selain itu, tentunya masih ada banyak kebahagiaan menurut definisimu masing-masing.

Pikirkan matang-matang dan ketahui apa hal yang bisa membuatmu bahagia. Hal ini akan menjadi pedoman bagimu sebelum memutuskan untuk resign.

Bekerja atau menjadi ibu rumah tangga seutuhnya? Cari tahu di mana hati dan pikiranmu tertuju.

Jika hati dan pikiran menunjukkan satu tempat yang sama, maka di situlah pilihan terbaiknya.

5. Pendapat orang terdekat

© Freepik.com

Alasan resign karena menikah memang sangat masuk akal, tapi sebelum memutuskan sebaiknya pertimbangkan juga pendapat dari orang-orang terdekat.

Dengarkan bagaimana pendapat suami, orang tua, sahabat, atau bahkan atasan. Mengetahui pendapat orang lain pasti akan lebih memudahkanmu dalam membuat keputusan.

Memang pendapat suami adalah acuan pertama yang perlu kamu pertimbangkan. Namun, pendapat orang terdekatmu juga harus didengarkan.

Setelah mendengar pendapat dari orang terdekat yang sudah paham karaktermu dengan baik, pasti kamu akan lebih mudah untuk mengambil keputusan.

Akan tetapi ingat ya bahwa hanya kamu yang bisa mengambil keputusan karena ini menyangkut kehidupanmu.

Janganlah memutuskan hanya karena perasaan tidak enak dengan suami atau keluarga.

Baca Juga: Cara Menabung yang Tepat untuk Menikah, Apa Sajakah?

Memutuskan resign dari tempat kerja karena menikah pasti akan menjadi keputusan yang sangat sulit untuk dibuat.

Kamu bisa menceritakan pengalamanmu saat kesulitan mengambil keputusan tersebut di Glints Komunitas.

Selain itu, di forum tanya jawab ini kamu juga bisa mengetahui pengalaman dari pengguna lainnya saat menghadapi kesulitan sebelum memutuskan untuk resign.

Yuk, gabung dengan kanal Office Life di Glints Komunitas sekarang juga!

Sumber

    Should You Quit Your Job After Getting Married?

    10 Questions To Ask Before You Quit Your Job

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”