5 Pilihan Website untuk Membuat Infografik dengan Mudah dan Cepat

ulinulin.com – Tahukah kamu, jika saat ini sudah banyak website yang bisa dimanfaatkan untuk membuat infografik dengan mudah dan cepat?

Infografik memang menjadi salah satu alat penyampaian informasi yang cukup populer karena menyajikan data dengan gambar atau ilustrasi yang menarik.

Menurut Webfx, infografik berfungsi untuk menyajikan informasi yang kompleks dengan jelas dan cepat.

Data yang disajikan dengan gambar atau ilustrasi juga akan memudahkan audience untuk memahaminya.

Banyak orang mengira untuk membuat infografik diperlukan kemampuan desain tingkat tinggi. Padahal, kini sudah ada banyak website untuk membuat infografik dengan mudah.

Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini

1. Canva

© Canva.com

Tidak hanya bisa membantumu membuat CV, Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat infografik, lho.

Seperti yang disebutkan di website resminya, pembuat infografik Canva sangat mudah digunakan sehingga kamu bisa membuat infografik dengan waktu beberapa menit saja.

Selain mudah, membuat infografik di Canva juga gratis serta sudah tersedia banyak sekali template dan ilustrasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Kamu tidak akan merasakan kesulitan saat pertama kali mencoban Canva karena interface-nya yang sangat mudah dimengerti.

Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan data yang dibutuhkan dan Canva akan membantumu mendapatkan infografik keren dengan beragam template, font, dan warna yang siap digunakan.

2. Venngage

© Venngage.com

Website untuk membuat infografik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Venngage. Website yang satu ini juga akan membantumu membuat infografik menarik dengan mudah dan pastinya gratis.

Dengan Venngage kamu bisa membuat infografik hanya dengan tiga langkah yang sangat mudah.

Langkah pertama adalah memilih template yang sudah disediakan. Pilihlah yang paling menarik dan sesuai dengan data yang akan disajikan.

Kemudian pada langkah kedua kamu bisa memvisualisasi data dengan diagram atau teks. Agar infografik semakin menarik juga bisa ditambahkan ikon atau gambar yang juga sudah tersedia.

Terakhir, sesuaikan desain infografik dengan mengubah font hingga warna sesuai kebutuhanmu. Infografik profesional buatanmu pun segera siap dipublikasikan.

3. Piktochart

© Piktochart.com

Membuat infografik memang harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti gambar, warna, hingga ikon yang bisa menarik pembaca.

Salah satu cara termudah untuk membuat infografik yang menarik adalah dengan memanfaatkan Piktochart.

Website yang satu ini menyediakan banyak sekali ikon, gambar, dan grafik yang pastinya bisa membuat infografik menjadi lebih menarik. Ada lebih dari 1000 ikon dan gambar gratis yang bisa digunakan untuk mendukung infografikmu.

Selain dapat membantumu membuat infografik yang menarik, Piktochart juga memiliki kelebihan yaitu kemudahan untuk membagikannya.

Setelah selesai membuat infografik, kamu bisa segera menyebarkannya di media sosial, email, blog, atau bahkan ebook.

4. Visme

© Visme.co

Membuat infografik yang terlihat profesional dan menarik juga bisa menggunakan Visme. Website yang satu ini menyatakan telah membantu lebih dari 3 juta penggunanya untuk membuat infografik.

Lewat Visme kamu pasti bisa membuat infografik dengan mudah dan cepat meskipun tanpa pengalaman dalam bidang design.

Kemudian proses visualisasi infografik juga akan sangat dimudahkan karena sudah tersedia berbagai jenis bentuk diagram, data widgets, ikon, font, dan warna yang siap digunakan oleh pengguna.

Setelah membuat desain untuk infografik dan memasukkan data yang dibutuhkan, kamu juga bisa langsung membagikannya secara online atau men-download file-nya.

5. Infogram

© Infogram.com

Infogram juga menjadi salah satu website untuk membuat infografik yang bisa dicoba oleh para pemula.

Lewat website yang satu ini kamu akan dimudahkan untuk membuat infografik meskipun tanpa memiliki pengetahuan mengenai desain sama sekali.

Dalam situsnya, Infogram mengklaim bahwa telah memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk membuat data visual yang bisa membuat audience merasa terkesan.

Memang tidak hanya bisa membuat infografik saja, Infogram juga bisa dimanfaatkan untuk membuat laporan, grafik, hingga konten visual untuk media sosial.

Menariknya Infogram juga memungkinkan kamu berkolaborasi dengan orang lain. Jadi, kamu dan tim bisa bekerja sama untuk membuat infografik dan bisa dilacak dengan mudah siapa saja yang telah bekerja.

Itulah 5 website yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat infografik secara mudah dan cepat meski tanpa memiliki background desain grafis.

Jadi, mulai saat ini jangan pernah berpikir bahwa membuat infografik yang keren hanya bisa dilakukan oleh para profesional saja ya.

Selain info seperti di atas, Glints juga memiliki info terpercaya dan menarik lainnya. Jika, tidak ingin ketinggalan segera langganan newsletter blog Glints sekarang juga!

Sumber

    What is an infographic? Examples and tips for how to make an infographic

    Canva

    Venngage

    Piktochart

    Visme

    Infogram

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”