5 Rekomendasi Sekolah Animasi di Indonesia

ulinulin.com – Tahukah kamu, ada banyak sekolah animasi yang kini berdiri di Indonesia? Sekolah-sekolah tersebut telah menghasilkan berbagai animator yang berkarya tidak hanya di kancah nasional, namun juga kancah internasional.

Apakah kamu tertarik menjadi animator? Kamu bisa belajar langsung dari salah satu sekolah berikut ini.

Sekolah Animasi di Indonesia

1. International Design School

© IDS Education, Youtube.com

International Design School (IDS) telah berdiri sejak tahun 1999 dengan nama Digital Studio College. Nama International Design School baru digunakan pada tahun 2000.

IDS dikenal menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang bahkan sudah berkarya di kancah internasional. Salah satunya adalah Catharina Ellen Dian yang ikut terlibat dalam produksi serial animasi ternama Star Wars: The Clone Wars.

IDS menawarkan tiga program studi dengan jenjang pendidikan Diploma 1 (D-1), yaitu desain, animasi, dan produksi film dan media.

Selain tiga program studi tersebut, IDS juga menawarkan lima kelas singkat yang bisa kamu ambil, yaitu digital design, digital animation, digital film, digital marketing, dan user experience (UX).

Biaya untuk mengikut kelas singkat ini berkisar antara 7 hingga 13 juta rupiah.

2. Enspire School of Digital Art

© Esda.co.id

Enspire School of Digital Art (ESDA) didirikan pada tahun 2013 oleh desainer visual efek Andre Surya yang berfokus pada pendidikan animasi 3D.

Andre Surya memiliki perjalanan karier yang panjang dan telah terlibat dalam pembuatan berbagai film terkenal seperti Iron Man, Transformers, dan Star Wars.

Saat ini, ESDA memiliki berbagai program, di antaranya animasi 3D, game design, hingga efek visual. ESDA juga menawarkan program jaminan kerja yang menjamin lulusannya untuk dapat langsung bekerja setelah lulus.

Biaya belajar di ESDA bervariasi berdasarkan programnya, mulai dari 2 juta rupiah hingga 100 juta rupiah.

3. SAE Institute Jakarta

© SAE Institute Jakarta, Twitter

SAE Institute Jakarta merupakan salah satu sekolah yang memfokuskan diri pada industri media kreatif.

SAE Institute pada awalnya berdiri di Sydney pada tahun 1976 dan saat ini telah memiliki cabang di 27 negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, SAE menawarkan program diploma atau sarjana terapan seni yang terakreditasi BAN-PT dengan pilihan studi animasi, audio, film, dan bisnis musik.

Uniknya, SAE menawarkan program double degree untuk mendapatkan gelar sarjana dari Middlesex University, Inggris tanpa harus menempuh pendidikan secara langsung di sana.

Selain itu, SAE juga menawarkan program pathway ke Australia yang memungkinkan kamu belajar di SAE Australia selama 16-20 bulan.

4. HelloMotion Academy

© HelloMotion.academy

HelloMotion Academy telah berdiri sejak tahun 2004 dan hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 8 ribu lulusan. Sebagian besar alumni HelloMotion Academy memiliki karier di industri kreatif.

HelloMotion Academy menawarkan program belajar animasi 2D dan 3D, ilustrasi, hingga motion graphic.Kamu dapat belajar langsung ataupun melalui layanan online learning yang disediakan.

Biaya kursus tersebut bervariasi dari 1 hingga 4 juta rupiah tergantung program dan levelnya. Biaya tersebut belum termasuk biaya registrasi sebesar Rp250.000.

5. KelasAnimasi.com

© KelasAnimasi.com

Berbeda dengan sekolah animasi di Indonesia lainnya, KelasAnimasi.com menawarkan program belajar animasi yang sepenuhnya dilakukan secara online.

KelasAnimasi.com menyediakan berbagai video tutorial animasi yang dapat dipelajari sendiri di rumah. Ada berbagai video tutorial yang tersedia untuk berbagai tingkatan, mulai dari pemula, menengah, hingga lanjutan.

Kamu dapat mempelajari berbagai teknik animasi dengan harga yang terjangkau, yakni tidak lebih dari Rp500.000 untuk masing-masing tutorial.

Selain sekolah-sekolah di atas, masih banyak sekolah animasi lainnya di Indonesia. Pilih yang paling sesuai denganmu, ya!

Nah, selain dengan sekolah-sekolah di atas, kamu bisa mempertajam skill-mu di bidang desain dengan mengikuti Glints ExpertClass.

Di sana, ada beragam kelas dari para ahli yang memberikanmu banyak wawasan baru yang penting untuk pengembangan skill-mu.

Jadi, tunggu apa lagi? Temukan kelas terbaik untukmu di Glints ExpertClass!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”